prodi kedokteran baru

Yuk, Cek! 3 PTN ini Buka Prodi Kedokteran Baru Tahun 2023

Program studi kedokteran baru – Prodi Kedokteran merupakan salah satu program studi yang masih menjadi favorit pada penerimaan mahasiswa baru tiap tahunnya, meskipun seleksi masuk jurusan kedokteran dikenal ketat persaingan. Walaupun memiliki peminat yang banyak, saat ini jumlah dokter di Indonesia masih tergolong kurang. Menurut standar World Health Organization (WHO) idealnya seorang dokter melayani seribu orang, padahal saat ini Indonesia hanya memiliki kurang lebih 170.000 dokter. Hal tersebutlah yang mendasari banyak perguruan tinggi baik swasta maupun negeri membuka program studi baru yaitu kedokteran.

Saat ini terdapat 3 perguruan tinggi negeri yang telah membuka program studi kedokteran baru. Bahkan salah satunya ada yang merupakan perguruan tinggi berfokus pada teknologi. Tertarik untuk mengikuti seleksi masuk di prodi baru kedokteran di 3 PTN tersebut? Yuk, simak informasi lebih lanjut di bawah ini.

Baca Juga: Fakultas Kedokteran UBB Resmi dibuka! Simak Informasinya di Sini.

Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Setelah memenuhi persyaratan, Program Studi S1 Kedokteran dan S1 Profesi Dokter Unesa resmi membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2023. Fakultas Kedokteran Unesa sudah melakukan persiapan sejak tahun 2020 lalu dan baru secara resmi membuka penerimaan di tahun 2023 ini.

Beragam fasilitas penunjang juga telah tersedia untuk mahasiswanya, seperti 12 laboratorium dan menggandeng tenaga dosen yang didukung dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Bhakti Dharma Husada (BDH). Selain itu pelaksanaan fakultas kedokteran unesa juga hasil dari kerjasama yang terjalin dengan Universitas Jember (Unej) terkait pengembangan sistem modul dan kurikulum pembelajaran.

Kedokteran Unesa akan menampung sebanyak 50 kuota mahasiswa. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di program studi kedokteran UNESA bisa mengikuti seleksi mandiri, dengan beragam jalur yang ditawarkan, seperti:

  • Jalur Non-Tes UTBK

Jalur ini ditujukan kepada peserta yang telah memiliki nilai UTBK-SNBT 2023. Pendaftaran dibuka mulai 22 – 30 Juni 2023.

  • Jalur Prestasi

Calon mahasiswa yang memiliki talenta atau prestasi yang diraih selama sekolah, seperti keagamaan, Olahraga, Seni, Keorganisasian, dan Akademik (saintek dan soshum) bisa mencoba jalur ini. Pendaftaran dibuka mulai 8 – 24 Juni 2023.

  • Jalur Disabilitas

Jalur disabilitas melalui proses seleksi menggunakan nilai tes tulis dan wawancara sesuai dengan fakultas yang dipilih peserta. Pendaftaran dibuka mulai 2 – 11 Juli 2023.

  • Jalur TMUBK

TMUBK merupakan Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer yang penilaiannya akan berdasarkan pada soal tes yang dikembangkan unesa. Pendaftaran dibuka mulai 2 – 11 Juli 2023 dan gelombang II 19 – 27 Juli 2023.

Informasi PMB Unesa selengkapnya dapat dilihat di laman berikut: https://admisi.unesa.ac.id/ 

Universitas Bangka Belitung (UBB)

Fakultas Kedokteran Universitas Bangka Belitung mulai tahun 2023 akan menerima mahasiswa dalam Program Studi Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter. Fakultas Kedokteran UBB akan menjadi Fakultas Kedokteran ke-93 di Indonesia. Lokasi fakuotas baru UBB ini akan berlokasi di Desa Balunijuk, Merawang Kabupaten Bangka dan saat ini fakultas kedokteran UBB telah memiliki fasilitas beasiswa, dan rumah sakit. 

Pendirian fakultas kedokteran UBB ini merupakan hasil dukungan dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (UNSRI) dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jadi walaupun terbilang baru fakultas Kedokteran UBB telah siap untuk memulai perkuliahannya. 

Fakultas terbaru UBB ini akan menerima mahasiswa berjumlah 40 orang yang diambil melalui jalur masuk UTBK-SNBT dan SMMPTN Barat, sementara jalur UTBK-SNBT akan diambil sebanyak 28 orang dan jalur Seleksi Mandiri Wilayah Barat 12 orang.

SMMPTN-Barat merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang dilakukan secara bersama pada 25 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS-PTN Barat). Pendaftaran dibuka mulai 8 Mei-27 Juni 2023. Informasi SMMPTN-Barat selengkapnya dapat dilihat di laman berikut: https://smmptnbarat.id/ 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan kampus yang berbasis teknologi tahun 2023 juga resmi membuka program studi kedokteran. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan ITS, saat ini telah memiliki 3 Program Studi, yaitu Prodi Teknologi Kedokteran, Prodi Kedokteran dan Prodi Pendidikan Profesi Dokter. Program Studi Teknologi Kedokteran telah berjalan dan menerima mahasiswa sejak tahun 2022, sedangkan Program Studi Kedokteran akan menerima mahasiswa baru jalur mandiri di tahun 2023 ini.

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan ITS, bekerja sama dengan RSUD dr. Wahidin Sudirohusodo Mojokerto sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama ITS dan Fakultas Kedokteran Unair. Tahun 2023 ini ITS akan menampung sebanyak 60 mahasiswa. Bagi kamu yang tertarik untuk masuk kedokteran ITS bisa dengan mengikuti jalur masuk seleksi mandiri melalui 3 jalur sebagai berikut:

  • Seleksi Mandiri Umum

Penilaian akan menggunakan nilai tes tulis (SMITS) yang didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik juga pertimbangan rapor dan deskripsi diri. Pendaftaran dibuka mulai 5 – 25 Juni 2023.

  • Seleksi Mandiri Kemitraan

Kemitraan merupakan pola seleksi dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra. Seleksi ini menggunakan nilai tes tulis (TKA SMITS), prestasi-prestasi akademik, non-akademik, dan juga pertimbangan rapor dan deskripsi diri. Pendaftaran dibuka mulai 5 – 25 Juni 2023.

  • Seleksi Mandiri Prestasi

Penilaian seleksi ini menggunakan nilai rapor dan didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik. Pendaftaran 8 – 31 Mei 2023.

Kamu dapat melihat informasi PMB selengkapnya di laman berikut: https://www.its.ac.id/admission/sarjana/ 

Semoga informasi di atas bisa membantu kamu, ya. Jika kamu tertarik untuk masuk kedokteran di 3 PTN di atas, jangan lupa untuk persiapkan diri dalam mengikuti seleksi mandiri bersama Indonesia College.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

2 thoughts on “Yuk, Cek! 3 PTN ini Buka Prodi Kedokteran Baru Tahun 2023

  1. Ping-balik: 9 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Tahun 2023 - Bimbel Kedokteran Terbaik

  2. Ping-balik: Ini 7 Jurusan Kedokteran PTN Favorit di SNBT 2023! - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *