jurusan kedokteran forensik

Kenali Jurusan Kedokteran Forensik di Sini!

Kedokteran Forensik – Jurusan Kedokteran tentunya sudah tidak asing lagi di telinga karena jurusan ini masih menjadi favorit setiap tahunnya. Namun, kamu sudah pernah dengar belum mengenai jurusan kedokteran forensik?

Istilah forensik seringnya kita temui pada tayangan berita maupun film. Forensik sendiri merupakan ilmu yang menerapkan metode ilmiah kedokteran untuk membantu proses penyelidikan suatu kasus. Jika terjadi suatu peristiwa, seperti pembunuhan maupun tindakan kriminal lainnya jurusan forensik menjadi jurusan yang paling diandalkan.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai ilmu forensik, kamu bisa coba mengambil jurusan kedokteran forensik. Jurusan kedokteran forensik ini telah hadir di berbagai perguruan tinggi Indonesia, lho. Tertarik? Yuk, simak lebih lanjut mengenai kedokteran forensik di bawah ini.

Baca Juga: Inilah 8 Jurusan Kesehatan di Bidang Kesehatan Selain Kedokteran

Apa itu Jurusan Kedokteran Forensik?

Ilmu Forensik adalah salah satu turunan dari bidang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan sistem peradilan pidana. Maka dari itu jurusan ini akan memberikan ilmu kepada mahasiswanya mengenai bagaimana cara pemeriksaan dan menganalisis bukti yang didapat dari TKP atau dari tempat lain untuk mengembangkan temuan objektif.

Ilmu forensik memiliki 2 jenis, yaitu patologi forensik dan forensik klinik. Patologi forensik berfokus pada pemeriksaan jenazah yang akan didiagnosis berdasarkan sidik jari, DNA, tulisan tangan, dan bukti lain. Sementara forensik klinik pemeriksaan dilakukan kepada orang yang masih hidup, diagnosis dilakukan berdasarkan informasi fisiologis dan riwayat penyakit. Forensik klinik biasanya menangani kasus seperti penganiayaan, kekerasan, maupun pemerkosaan.

Kuliah di jurusan ini tidak hanya akan mempelajari mengenai pemeriksaan bagian tubuh manusia saja, kamu juga akan mempelajari mengenai jenis-jenis kejahatan, kecelakaan, hukum, dan mengenai pemeriksaan TKP. Mata kuliah yang akan kamu temui nantinya kurang lebih mengenai forensik dasar, pemeriksaan jenazah, traumatologi, visum, teknik autopsi, kecelakaan, dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja Kedokteran Forensik

Sebagai lulusan Kedokteran forensik kamu akan memiliki banyak peluang karir, karena kebutuhan kebutuhan Dokter yang sangat tinggi. Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Jurusan Kedokteran Forensik, kamu bisa coba peluang karir berikut:

  1. Dokter Spesialis Forensik

Menjadi lulusan dari Kedokteran Forensik tentunya kamu memiliki kesempatan untuk berkarir menjadi Dokter Spesialis Forensik. Berbekal ilmu analisis yang telah didapatkan selama menempuh pendidikan, tentunya kamu akan terbiasa melakukan tugas dokter spesialis forensik seperti mengelola barang bukti medis dan melacak bagian tubuh untuk kepentingan identifikasi kasus.

  1. Laboratorium Kriminal

Selain menjadi dokter spesialis forensik, kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk bekerja di laboratorium kriminal atau laboratorium forensik. Laboratorium kriminal merupakan laboratorium yang digunakan kepolisian untuk melakukan pengenalan barang bukti dalam suatu kasus dan hubungannya dengan tersangka untuk memecahkan kasus.

  1. Biro Intelijen

Bekerja di Biro Intelijen kamu akan memiliki tugas untuk melaksanakan penyelidikan dan penyidikan terhadap suatu pelanggaran atau tindak pidana. Selain mempelajari mengenai dunia medis kamu tentu akan dapat pembelajaran mengenai penyelidikan sebuah kasus juga. Jadi, bekerja di biro intelijen ini merupakan salah satu prospek kerja yang bisa kamu coba nantinya.

Selain dari ketiga prospek kerja diatas, tentunya masih banyak prospek kerja lainnya untuk lulusan Kedokteran Forensik. Jadi, jangan ragu untuk mengambil jurusan forensik.

Baca Juga: 7 Prospek Kerja untuk Lulusan Kedokteran Hewan

Kampus dengan Jurusan Kedokteran Forensik

Jurusan kedokteran forensik dapat diambil pada studi spesialis setelah menyelesaikan pendidikan dan profesi dokter. JIka kamu tertarik mengambil spesialisasi forensik, berikut beberapa rekomendasi kampus yang bisa kamu tuju:

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Airlangga
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Padjadjaran
  6. Universitas Andalas
  7. Universitas Hasanuddin
  8. Universitas Sumatera Utara
  9. Universitas Ahmad Dahlan
  10. Universitas Islam Indonesia

Itu dia informasi mengenai jurusan Kedokteran Forensik. Apakah kamu tertarik untuk kuliah di jurusan tersebut?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Kenali Jurusan Kedokteran Forensik di Sini!

  1. Ping-balik: Jenis Dokter Spesialis dan Supspesialis yang Ada di Indonesia - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *