Universitas Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia

6 Universitas Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023

Universitas Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia – Di Indonesia, terdapat banyak universitas ternama yang menawarkan program studi kedokteran hewan berkualitas. Perlu kamu ketahui, bahwa kedokteran hewan ini sama tuanya dengan usia fakultas kedokteran, lho. Nah, beberapa universitas terbaik di Indonesia ini patut dipertimbangkan bagi kamu yang ingin mendalami ilmu kedokteran hewan secara mendalam.

Mengenal Jurusan Kedokteran Hewan

Jurusan Kedokteran Hewan adalah pilihan yang tepat bagi siapa pun yang tertarik memahami beragam strategi pencegahan dan pengobatan penyakit pada hewan. Lebih dari itu, di sana, kamu akan menyelami hubungan antara dunia hewan dan manusia, termasuk risiko penularan penyakit dari hewan ke manusia. Tak hanya itu, dalam perjalanan studimu, kamu akan belajar mengenali ciri-ciri dan perilaku unik dari setiap jenis hewan, baik dalam situasi biasa maupun ekstrem.

Baca juga: Tidak Banyak yang Tau, Dokter Spesialis Gastroenterologi Adalah?

Lulusan kedokteran hewan tentu sudah kita tau pasti akan terjun di profesi dokter yang menangani hewan. Nah berikut beberapa peluang kerja lulusan kedokteran hewan, antara lain:

  • Dokter hewan di Rumah Sakit, Klinik, hingga Balai Karantina Hewan
  • Wirausaha, membuka pet shop atau peternakan
  • Praktik dokter hewan mandiri 
  • Peneliti di lembaga penelitian atau perusahaan
  • Tenaga akademisi

Daftar Universitas Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia

Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang masuk pemeringkatan tertinggi versi THE Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2023 by subject:

1.    UNAIR

Peringkat dunia: 801-1000

Peringkat pertama ditempati oleh UNAIR yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Dokter hewan diharapkan dapat membantu masyarakat dengan cepat menangani penyakit hewan, mencegah penularan penyakit dari hewan ke manusia, menggunakan teknologi dan inovasi baru untuk kebaikan hewan dan manusia, serta menjaga keseimbangan alam. Mereka juga diharapkan memahami sistem kesehatan hewan di negara ini, termasuk pendekatan “one health” dan hukum veteriner, sebagai bagian dari tugas profesional mereka.

2.    UGM

Peringkat dunia: 801-1000

Lulusan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH-UGM) memiliki peluang karier yang luas dan menjanjikan. Kamu dapat bekerja di berbagai lembaga pemerintah mulai dari Departemen Pertanian, Kesehatan, Kehutanan, Perikanan, Karantina Hewan, TNI-Polri, Bank, dan sebagainya.

Di sektor swasta, berbagai tempat seperti peternakan unggas, peternakan sapi perah dan potong, tempat pembiakan hewan kesayangan, industri pengolahan produk ternak (seperti susu, daging, dan telur), pabrik pakan ternak dan obat-obatan, serta lembaga konservasi satwa liar baik yang dimiliki oleh pemerintah maupun organisasi non-pemerintah juga sangat membutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa berwirausaha dan membuka praktik sendiri sebagai dokter hewan profesional.

3.    IPB

Peringkat dunia: 801-1000

Fakultas Kedokteran Hewan IPB, yang merupakan fakultas kedokteran hewan pertama dan tertua di Indonesia, sekarang telah menjadi Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) berdasarkan Keputusan Rektor IPB Nomor 328 Tahun 2021. Di SKHB, pembelajaran dilakukan dengan fokus pada pengembangan kompetensi, menggunakan berbagai metode termasuk Student Centered Learning dan Problem-Based Learning.

4.    Universitas Padjadjaran

Peringkat dunia: 801-1000

Program Sarjana Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) merupakan program akademik dengan total beban studi kumulatif sebanyak 144 sks, termasuk KKNM – PMD. Durasi studi berkisar antara 7 hingga 14 semester. Beban studi diukur dalam jumlah SKS yang harus diselesaikan oleh mahasiswa dalam satu semester. Beban studi setiap semester ditentukan berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan oleh Program Studi.

5.    Unsyiah

Peringkat dunia: 1001+

Urutan selanjutnya, ada Program Studi Sarjana Kedokteran Hewan (BVMP) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala yang sudah terakreditasi ‘UNGGUL’ oleh Badan Akreditasi Indonesia Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKES) Tahun 2021 dengan SK No. SK LAM-PTKes No.0356/LAM-PTKES/Akr/Prof/V/2021 untuk Sarjana Kedokteran Hewan. Oleh karena itu, sangat diharapkan lulusannya dapat diakui secara internasional agar mendapat peluang bersaing di tingkat global.

6.    Universitas Brawijaya

Peringkat dunia: 1001+

Kurikulum Program Studi Pendidikan Dokter Hewan di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya terdiri dari 144 sks, termasuk kuliah dan magang, baik di dalam maupun di luar kampus. Dibangun berdasarkan metode Problem Based Learning (PBL), kurikulum ini dibuat untuk mencapai tujuan pembelajaran dokter hewan secara nasional, yang mencakup konsep “manusya mriga satwa sewaka”, sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Hewan Indonesia (Ketetapan No. 06/Kongres XV/PDHI 2006 & Ketetapan Kongres PDHI No.16/Kongres PDHI/ 2010). Durasi studi untuk menempuh kurikulum ini adalah 3.5 tahun.

Demikianlah 6 rekomendasi universitas jurusan Kedokteran Hewan terbaik di Indonesia berdasarkan THE WUR 2023. Pastikan untuk mempertimbangkan matang-matang, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “6 Universitas Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023

  1. Ping-balik: Masih Jauh dari Cukup! Ini 10 Dokter Spesialis Paling Langka di Indonesia - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *