apa tugas seorang dokter

Tindakannya Dilindungi Hukum, Apa Tugas Seorang Dokter?

Apa Tugas Seorang Dokter – Profesi tenaga kesehatan seperti dokter, seperti yang kita tau tugasnya adalah untuk menangani dan mengobati orang sakit. Tapi apakah tugasnya hanya itu? Profesi dokter sendiri terdiri dari dokter umum, dokter spesialis dan dokter sub spesialis yang secara prosedur masih sama-sama menangani keluhan pasien.

Menjadi seorang dokter bukanlah tugas yang gampang, proses untuk menjadi seorang dokter juga tidak gampang karena harus melalui proses pendidikan yang sangat panjang. Hal ini ditujukan untuk memastikan calon dokter sudah memiliki kemampuan yang cukup untuk menjadi dokter, mengingat perannya akan berpengaruh pada kondisi kesehatan dan nyawa pasien.

Jadi Apa Tugas Seorang Dokter?

Dokter merupakan seseorang yang memiliki kemampuan dalam mengobati dan merawat pasien. Seorang dokter tidak memandang fisik, jenis kelamin, usia, bahkan jenis penyakit yang diderita sekalipun.

Seorang dokter berasal dari pendidikan kedokteran, yang sudah memiliki sertifikasi atas kemampuan yang dikuasai. Jadi tidak sembarang orang bisa menjadi dokter. Seorang dokter juga akan mendapat perlindungan hukum selama dokter menjalankan tugas sesuai dengan standar profesi dan standar operating procedure. Setidaknya, ini tugas yang harus dijalankan seorang dokter:

Baca juga: Masih Jauh dari Cukup! Ini 10 Dokter Spesialis Paling Langka di Indonesia

  • Mengedukasi masyarakat untuk memiliki pola makan dan pola hidup sehat supaya tidak mudah terserang penyakit
  • Melakukan tindakan pencegahan penyakit dan melayani konsultasi kesehatan.
  • Melakukan pemeriksaan fisik untuk mendiagnosis penyakit pasien dan memberikan pengobatan yang sesuai.
  • Mewawancara dengan pasien untuk mendapat informasi riwayat kesehatannya.
  • Melakukan pemeriksaan penunjang berdasarkan gejala yang dialami pasien.
  • Merehabilitasi medis/pemulihan pada pasien supaya tidak terjadi komplikasi penyakit.
  • Memberikan terapi/pengobatan berjalan sesuai dengan diagnosa penyakit yang diderita pasien.
  • Mengoordinasikan seluruh kegiatan manajemen mutu di pusat layanan kesehatan bersama tenaga kesehatan lain

Bisa disimpulkan, untuk menjadi seorang dokter dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan informasi-informasi penting kepada pasien dan juga keluarga pasien. Dokter harus menjelaskan secara detail mengenai keluhan pasien sampai pasien bisa paham, memberikan informasi pendukung, memberikan support, sampai dengan melakukan pendekatan pada pasien dan keluarga pasien.

Dokter juga sering diharuskan melakukan penelitian, karena dunia medis selalu berkembang apalagi diiringi oleh perkembangan teknologi. Maka dari itu tugas dokter sangat kompleks. Untuk melakukan sebuah penelitian, dokter bisa membaca berbagai literatur serta menerapkan hasil penelitiannya dalam praktik sehari-hari.

Hak yang Didapatkan Seorang Dokter

Seorang dokter memiliki Hak yang bisa didapatkan selama menjalankan tugas dan kewajiban, di antaranya:

  1. Hak untuk mendapatkan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas sesuai dengan profesinya.
  2. Menolak keinginan pasien jika bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, profesi dan etika.
  3. Hak mendapatkan informasi yang lengkap dan jujur dari pasien tentang keluhan yang diderita dengan cara melakukan wawancara dan data riwayat penyakit pasien.
  4. Hak atas imbalan jasa dari pelayananan kesehatan yang telah diberikan.
  5. Mengakhiri hubungan dengan pasien jika pasien tidak mau menuruti nasihat yang diberikannya atau berkembangnya hubungan yang tidak baik dengan pasien.
  6. Hak atas itikad baik dari pasien dalam pelaksanaan perjanjian terapeutik.
  7. Hak untuk diperlakukan adil dan jujur oleh pihak instansi kesehatan.
  8. Dokter berhak atas privacy, yang berarti berhak untuk menuntut pasien jika nama baiknya dicemarkan dengan ucapan atau tindakan yang melecehkan atau memalukan.

Jadi itu dia jawaban atas pertanyaan apa tugas seorang dokter? Setelah kita ketahui kalau tugas dokter sangatlah berat dan sensitif, dokter juga memiliki perlindungan hukum atas tindakannya. Bagaimana, semakin tertarik kan untuk menjadi seorang dokter?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Tindakannya Dilindungi Hukum, Apa Tugas Seorang Dokter?

  1. Ping-balik: Masih Banyak yang Bingung, Ini 5 Perbedaan Dokter Umum dan Dokter Spesialis - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *