dokter spesialis paling langka di Indonesia

Masih Jauh dari Cukup! Ini 10 Dokter Spesialis Paling Langka di Indonesia

Dokter Spesialis Paling Langka di Indonesia – Kedokteran spesialis menjadi dokter dengan tingkatan lebih spesifik dari dokter umum. Kehadiran dokter spesialis juga tentu menjadi tiang penopang yang penting dalam sistem pelayanan kesehatan. Namun, di tengah keberagaman spesialisasi yang tersedia, terdapat beberapa bidang spesialis yang masih terbilang langka untuk dijumpai padahal memiliki dampak yang signifikan dalam menangani kondisi medis yang lebih spesifik.

Daftar Dokter Spesialis Paling Langka di Indonesia

Berikut adalah daftar sepuluh dokter spesialis yang paling langka jumlahnya di Indonesia, berdasarkan informasi yang disediakan KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) per tanggal 24 April 2024: 

  • Spesialis odontologi forensik (Sp.OF): 19 orang
  • Spesialis kedokteran kelautan (Sp.KL): 27 orang
  • Spesialis parasitologi klinik (Sp.Par.K): 49 orang
  • Spesialis emergency medicine/kegawatdaruratan (Sp.EM): 68 orang
  • Spesialis kedokteran nuklir (Sp.KN): 72 orang
  • Spesialis kedokteran penerbangan (Sp.KP): 73 orang
  • Spesialis radiologi kedokteran gigi (Sp.RKG): 85 orang
  • Spesialis farmakologi klinik (Sp.FK): 96 orang
  • Spesialis kedokteran olahraga (Sp.KO): 102 orang
  • Spesialis andrologi/kesehatan reproduksi pria (Sp.And): 108 orang

1.    Spesialis Odontologi Forensik

Ini adalah cabang kedokteran gigi yang berkaitan dengan identifikasi dan penegakan hukum. Mahasiswa akan mempelajari tentang anatomi, maksilofasial, dan odontologi forensik, sehingga mereka dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi individu menggunakan ilmu odontologi forensik dalam konteks peradilan.

Baca juga: 6 Universitas Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023

2.    Spesialis Kedokteran Kelautan

Bidang khusus dalam kedokteran yang menekankan pada pelayanan kesehatan yang terkait dengan lingkungan kelautan dan kehidupan di laut masih sangat jarang dijumpai hingga saat ini, meskipun berbagai peristiwa penting terus muncul di wilayah kelautan.

3.    Spesialis Parasitologi Klinik

Dokter spesialis ini memiliki peran penting dalam mengidentifikasi penyebab penyakit. Parasitologi klinik merupakan cabang ilmu kedokteran dengan beragam kasus yang spesifik. Parasit memiliki kemampuan untuk menjangkiti berbagai bagian tubuh manusia, termasuk sumsum tulang belakang, darah, bahkan menyebar ke seluruh sistem tubuh.

4.    Spesialis Emergency Medicine/Kegawatdaruratan

Dokter emergensi medik adalah dokter yang biasa bekerja di unit gawat darurat (UGD). Tugas utamanya adalah menstabilkan dan merawat pasien yang mengalami masalah kesehatan akut atau cedera traumatis. Jadi keputusan tindakan selanjutnya semuanya tergantung pada dokter emergensi medis selama ia bertugas hari itu.

5.    Spesialis Kedokteran Nuklir

Dokter spesialis ini masih sangat asing di telinga, bukan? Ketersediaannya juga sangat langka di Indonesia. Namun, peran dokter spesialis nuklir sangatlah vital karena mereka memiliki kemampuan untuk melakukan pemeriksaan, diagnosis, dan pengobatan penyakit seperti tumor atau kanker dengan menggunakan senyawa radioaktif.

6.    Spesialis Kedokteran Penerbangan

Dokter spesialis penerbangan bertanggung jawab untuk memastikan kesehatan awak kabin agar mereka dalam kondisi yang optimal untuk mengoperasikan pesawat. Dengan menjaga kesehatan penerbang, risiko kecelakaan pesawat dapat dikurangi, terutama karena faktor manusia merupakan penyebab utama kecelakaan tersebut. 

7.    Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi

Dokter ini adalah seorang spesialis kedokteran gigi yang memiliki keahlian khusus dalam radiologi gigi dan rahang. Mereka ahli dalam menggunakan berbagai alat diagnostik, seperti sinar-X, CT scan, MRI, dan PET scan, untuk melakukan diagnosis dan perawatan pasien.

8.    Spesialis Farmakologi Klinik

Farmakologi Klinik adalah bidang studi dalam farmakologi yang terkait erat dengan aplikasi obat dalam praktek medis, baik dalam pengembangan obat baru maupun dalam penelitian penggunaan obat yang optimal pada pasien.

9.    Spesialis Kedokteran Olahraga

Dokter spesialis ini memiliki peran krusial dalam merawat atlet atau individu yang mengalami cedera selama berolahraga. Selain memberikan perawatan medis, mereka juga bertanggung jawab untuk mencegah cedera, melakukan rehabilitasi, memberikan panduan nutrisi, dan memberikan pelatihan untuk membantu atlet meningkatkan kinerja mereka di lapangan.

10. Spesialis Andrologi/Kesehatan Reproduksi Pria

Dokter spesialis andrologi memiliki tanggung jawab dalam mengidentifikasi atau mengawasi gangguan kesehatan yang terkait dengan reproduksi pria. Mereka dapat menggunakan berbagai penemuan dalam bidang kedokteran dan ilmu pengetahuan lainnya, seperti biologi molekuler, mikroskopis, dan genetika, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengatasi masalah yang timbul pada sistem reproduksi pria.

Demikian 10 daftar dokter spesialis paling langka di Indonesia. Jadi Indonesia masih sangat memerlukan dokter spesialis untuk menangani pasien-pasien dengan kondisi yang sangat beragam untuk dapat tindakan yang lebih tepat. Bagaimana, berminat mengisi daftar tersebut?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Masih Jauh dari Cukup! Ini 10 Dokter Spesialis Paling Langka di Indonesia

  1. Ping-balik: Tindakannya Dilindungi Hukum, Apa Tugas Seorang Dokter? - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *