bedah toraks kardiovaskular

Dokter Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskular, Biasa Menangani Penyakit Apa?

Bedah Toraks Kardiovaskular – Dalam dunia kedokteran, spesialis bedah terbagi lagi menjadi banyak subspesialis. Salah satunya adalah subspesialis bedah toraks, kardiak dan vaskular. Terdengar masih asing, namun dokter bedah ini sering melakukan tindakan-tindakan operasi penting yang terbilang darurat untuk menyelamatkan nyawa pasiennya. Yuk kenali lebih dalam seputar dokter bedah ini!

Mengenal Dokter Bedah Toraks Kardiovaskular

Dokter bedah toraks dan kardiovaskular merupakan dokter subspesialis yang menangani penyakit di organ dalam rongga dada, terutama jantung dan paru-paru. Dokter ini juga memiliki keahlian dalam mendiagnosis, memberi obat, sampai dengan melakukan penanganan dengan cara operasi.

Pendidikan subspesialis ini bisa ditempuh kurang lebih dalam 10 semester atau jangka waktu 5 tahun sampai akhirnya bisa mendapatkan gelar (Sp.BTKV).

Penyakit yang Bisa Ditangani Dokter Bedah Toraks dan Kardiovaskular

Dokter Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskular dilatih untuk bisa menangani berbagai kondisi berikut:

  • Gangguan pada jantung, seperti penyakit katup jantung, gagal jantung, penyakit jantung, tamponade jantung, dan kardiomiopati
  • Serangan jantung yang butuh tindakan operasi jantung
  • Penyakit jantung bawaan
  • Aritmia atau gangguan pada irama jantung
  • Syok kardiogenik yang disebabkan oleh komplikasi jantung koroner
  • Aneurisma Aorta yang disebabkan melemahnya otot-otot pada dinding aorta
  • Kanker di area dada, seperti kanker paru-paru atau juga esofagus.
  • Pneumothoraks akibat penumpukan udara yang mengakibatkan paru-paru kempis
  • Emfisema berat yang merupakan kerusakan pada alveolus
  • Hernia hiatus yang merupakan kondisi perut mendorong otot diafragma
  • Gangguan menelan seperti akalasia.

Baca juga: Sering Disamakan dengan Ahli Gizi, Ini Peran Penting Dokter Spesialis Gizi

Dalam proses mendiagnosis pasien, dokter bedah toraks dan kardiovaskular akan butuh melakukan serangkaian pemeriksaan seperti mulai dari riwayat penyakit yang diderita, gejala yang dirasakan, pemeriksaan fisik pasien sampai dengan pemeriksaan penunjang, seperti:

  • Tes darah dan urine
  • Foto Rontgen dada, CT scan, MRI, dan angiografi
  • EKG (elektrokardiogram)
  • Ekokardiografi
  • USG Doppler
  • Biopsi jantung

Tindakan Medis yang Dapat Dilakukan

Seorang dokter subspesialis bedah pasti akan sering melakukan tindakan pembedahan. Nah untuk subspesialis bedah toraks dan kardiovaskular ini akan biasa melakukan berbagai macam prosedur, seperti:

1.    Angioplasti

Prosedur ini merupakan prosedur darurat yang sangat penting guna mengatasi penyumbatan pada pembuluh darah di arteri jantung pasien akibat penumpukan plak. Tindakan ini akan diawali dengan membuat sayatan di arteri utama yakni di selangkangan atau pergelangan tangan, kemudian dokter akan memasukkan kateter atau pipa khusus dengan ujung balon dan diarahkan ke jantung di mana penyumbatan ditemukan.

Setelah itu, balon dipompa dan dikempeskan beberapa kali untuk mendorong plak yang menumpuk ke arah dinding arteri. Beberapa kasus angioplasti juga disertai dengan pemasangan ring jantung atau stent yang gunanya membantu menjaga arteri tetap terbuka.

2.    Operasi Bypass koroner

Bypass koroner disebut juga CABG (Coronary Artery Bypass Graft) yang merupakan tindakan untuk membuat jalur baru guna melancarkan aliran darah yang disebabkan karena pembuluh darah arteri yang sudah rusak parah. Tindakan angioplasti bahkan tidak mampu memperbaiki kerusakan tersebut, sehingga dokter akan membuat pencangkokan vena sehat yang bisa didapatkan dari bagian tubuh lain.

3.    Kardiomioplasti

Tindakan kardiomiplasti merupakan tindakan untuk menangani masalah jantung yang melemah. Padahal jantung menjadi organ utama yang harus memompa darah setiap saat. Ketika terjadi kerusakan atau jaringan otot melemah, maka pasien membutuhkan penguatan untuk memacu kembali jantung supaya bisa memompa darah dengan normal.

Kardiomioplasti ini adalah tindakan pembungkusan dengan otot-otot yang berasal dari perut atau punggung untuk menguatkan otot-otot yang sudah lemah di jantung.

4.    Transplantasi

Transplantasi juga menjadi tindakan yang sering dilakukan oleh dokter bedah ini. Translplantasi sendiri adalah prosedur penting ketika organ vital seperti jantung dan paru-paru telah mengalami kegagalan. Untuk organ-organ vital seperti jantung dan paru-paru biasanya akan diperoleh dari orang-orang yang sudah meninggal dan organnya cocok dengan pasien.

5.    Operasi Invasif Minimal

Tindakan lainnya adalah operasi invasif minimal yang hanya akan dilakukan penyayatan kecil dalam tindakan operasi. Prosedur ini juga ada yang dibantu robot seperti sistem Da Vinci.

Demikianlah informasi seputar dokter subspesialis bedah toraks kardiovaskular. Untuk bisa menjadi dokter ini butuh waktu pendidikan yang cukup lama namun pasti akan sebanding dengan prospek kerja dan penghasilannya. Bagaimana, tertarik?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Dokter Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskular, Biasa Menangani Penyakit Apa?

  1. Ping-balik: 8 Daftar Kampus untuk Kuliah Kedokteran di Surabaya - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *