dokter spesialis gizi

Sering Disamakan dengan Ahli Gizi, Ini Peran Penting Dokter Spesialis Gizi

Dokter Spesialis Gizi – Dokter spesialis gizi merupakan dokter dengan gelar SpGK yang didapatkan dari pendidikan magister di bidang spesialis ilmu gizi klinik. Dokter ini akan menangani pasien dengan kondisi medis yang berkaitan dengan gizi, karena keterampilan utamanya adalah tentang asupan makanan dan korelasinya dengan penyakit-penyakit tertentu.

Sering dikira sama dengan ahli gizi dan ahli diet, dokter gizi berperan lebih karena tidak hanya memberikan konseling seputar asupan gizi dan pola makan. Dokter gizi bisa memberikan penanganan berupa terapi gizi yang menyesuaikan dengan kondisi pasien, riwayat, serta masalah gizi yang mungkin akan dimbul akibat suatu penyakit. Dokter spesialis ini juga akan memiliki wewenang untuk memberikan resep obat-obatan maupun suplemen.

Peran Dokter Spesialis Gizi

Tentunya peran dokter spesialis ini dalam menangani pasien memiliki banyak rincian yang tidak bisa diremehkan. Perannya juga sangat penting akan perkembangan kondisi kesehatan pasien. Lebih jelasnya, peranannya antara lain:

  • Melakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis seputar riwayat penyakit pasien
  • Mengedukasi pasien dan masyarakat umum seputar gizi dan kesehatan sebagai upaya pencegahan penyakit
  • Memantau status gizi, metabolisme dan saluran pencernaan pasien
  • Memenuhi kebutuhan gizi dan cairan pada pasien
  • Memberikan terapi nutrisi dan meresepkan pola makan tertentu, seperti jumlah kalori, protein, karbohidrat dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh pasien
  • Menentukan metode pemberian nutrisi pada pasien, baik oral (melalui mulut) maupun makanan yang dikonsumsi seperti biasa, memberikan makanan melalui selang lambung atau pipa nasogastrik, atau juga melalui infus
  • Menentukan penilaian status gizi dan kesehatan pasien secara keseluruhan setelah perawatan gizi

Baca juga: Mengenal Tugas dan Peran Dokter Hewan, Bisa Kerja Dimana Saja?

Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Ahli Gizi

Dokter gizi memiliki kewenangan memberikan penanganan nutrisi dalam berbagai masalah kesehatan, seperti

1.    Masalah Status Gizi

Banyak sekali masalah kesehatan yang disebabkan karena gangguan gizi, yang mulai menyerang bayi, anak-anak, remaja, wanita hamil dan menyusui, sampai dengan lansia. Beberapa masalah gizi yang banyak menyerang antara lain seperti obesitas, stunting, marasmus, kwashiorkor, anemia, skorbut dan yang lainnya.

2.    Gangguan Fungsi Organ dan Metabolisme

Peran lainnya adalah mempersiapkan nutrisi bagi pasien yang mengalami gangguan saluran cerna, gangguan fungsi hati dan pankreas, dan juga gangguan metabolisme dan kelenjar endoktrin, contohnya pada penyakit diabetes. Masalah paru dan pernapasan, penyakit saraf, gangguan ginjal dan saluran kemih, serta masalah jantung dan pembuluh darah.

3.    Penyakit Terkait Sistem Imun dan Penyakit Ganas

Masalah sistem imun dan penyakit ganas juga bisa membutuhkan peran dokter gizi, contohnya kasus alergi makanan, nutrisi pasien HIV/AIDS, serta juga pada penderita penyakit kanker. Pemberian nutrisi ini akan dilakukan secara intensif kepada pasien-pasien tadi mengingat penyakitnya adalah penyakit ganas yang butuh penanganan khusus.

4.    Perawatan Gizi pada Kasus Luka Berat

Peran dokter gizi juga sangat dibutuhkan dalam menangani kebutuhan nutrisi pada pasien yang mengalami luka berat, contohnya luka tusuk, luka bakar las, atau juga pasien yang mengalami cedera yang membutuhkan tindakan operasi.

5.    Perbaikan Gizi pada Gangguan Makan

Anoreksia nervosa dan bulimia nervosa adalah contoh gangguan makan yang memerlukan penanganan khusus, karena penderita masalah tersebut lama kelamaan akan mengalami malnutrisi dan dehidrasi berat yang tentunya berbahaya bagi kesehatan. Gangguan ini membutuhkan peran dan bantuan dokter gizi serta psikiater.

Nah, peran dokter spesialis gizi memang sangat penting untuk menangani masalah-masalah serius yang dialami oleh para pasien. Jadi bagaimana, berminat untuk melanjutkan sampai jadi spesialis gizi?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Sering Disamakan dengan Ahli Gizi, Ini Peran Penting Dokter Spesialis Gizi

  1. Ping-balik: Dokter Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskular, Biasa Menangani Penyakit Apa? - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *