jurusan kedokteran terbaik

9 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Kedokteran terbaik di Indonesia – Fakultas Kedokteran di Indonesia telah tersebar di berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Jadi, bagi kamu yang memiliki minat di bidang ini dapat memilih tempat belajar dengan mudah. Beragam kampus yang menyediakan jurusan kedokteran, tentu ada kampus unggulan di antaranya.

Berikut telah kami rangkum rekomendasi kampus dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia. Daftar berikut merupakan hasil pemeringkatan EduRank. EduRank merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yang menggunakan indikator indeks publikasi ilmiah dan sitasi dalam pemeringkatannya. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Baca Juga: Yuk, Cek! 3 PTN ini Buka Prodi Kedokteran Baru Tahun 2023

1. Universitas Indonesia

Asia ranking: 174

World ranking: 645

Kedokteran Universitas Indonesia menyediakan beragam program pendidikan, seperti Program Pendidikan Dokter, program studi magister, program studi spesialis, program studi sub spesialis, program, studi doktor, dan program kelas khusus internasional.

2. Universitas Airlangga

Asia ranking: 246

World ranking: 854

Unair menyediakan 4 program pendidikan untuk mendukung mahasiswanya menjadi dokter profesional, seperti program sarjana, program magister, program doktoral, program spesialisasi 1, dan program spesialisasi 2. Kedokteran Unair juga telah memiliki Rs jejaring sebagai fasilitasnya bersama RSUD Dr. Soetomo dan RS Unair.

3. Universitas Gadjah Mada

Asia ranking: 260

World ranking: 886

Fakultas kedokteran UGM merupakan salah satu fakultas tertua di Indonesia dan telah memiliki 3 program studi, yaitu program studi kedokteran, ilmu keperawatan, dan gizi kesehatan. Fakultas Kedokteran UGM juga telah memiliki beragam program untuk mendukung para calon mahasiswanya dalam memperdalam bidang kesehatan, seperti program magister, program doctoral, program spesialisasi, dan program combined degree.

4. Universitas Padjadjaran

Asia ranking: 353

World ranking: 1158

FK Unpad sejak 22 tahun lalu menerapkan metode belajar menggunakan Problem Based Learning (PBL), dengan kata lain PBL merupakan model pendidikan kedokteran yang dapat menghasilkan tenaga kesehatan yang mampu mengembangkan diri sendiri dan beradaptasi sehingga dapat menyelesaikan permasalahan sendiri, tanpa tergantung oleh dosen dan institusi. Jadi, mahasiswa akan dituntut untuk menjadi seorang dokter yang akan terus belajar sendiri. Unpad menyediakan 5 program pendidikan, seperti diploma, sarjana, profesi, spesialis, dan pascasarjana.

Baca Juga: Daftar Kampus dengan Fakultas Kedokteran di Jawa Timur

5. Universitas Diponegoro

Asia ranking: 487

World ranking: 1506

FK Undip berdiri sejak tahun 1961 dan telah berafiliasi dengan Rumah Sakit Dr. Kariadi untuk  menyediakan pendidikan bagi mahasiswa kedokteran, koas, dan residen spesialis. Fakultas kedokteran Undip memiliki 4 departemen pendidikan, yaitu Departemen Kedokteran, Departemen Ilmu Keperawatan, Departemen Ilmu Gizi, dan Departemen Kedokteran Spesialis.

6. Universitas Brawijaya

Asia ranking: 518

World ranking: 1582

FK UB pada awalnya bernama STKM atau Sekolah Tinggi Kedokteran Malang, sampai pada 14 Januari 1974 resmi berubah menjadi FK UB. Saat ini FK UB memiliki 4 program pendidikan, yaitu pendidikan dokter, farmasi, kebidanan, dan program pendidikan dokter spesialis.

7. Universitas Sumatera Utara

Asia ranking: 520

World ranking: 1587

Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) sudah berdiri sejak tahun 1970 dan menjadikan fakultas ini sebagai fakultas pertama dan tertua di Universitas Sumatera Utara. FK USU menyediakan program pendidikan seperti, program sarjana, program profesi, program spesialis, program magister, dan program doktoral.

8. Universitas Hasanuddin

Asia ranking: 585

World ranking: 1725

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin merupakan fakultas kedokteran tertua di Indonesia timur dan menjadi fakultas ketiga yang ada di Universitas Hasanuddin. Program pendidikan yang ditawarkan pada FK Unhas meliputi program profesi, program sarjana, dan program spesialis.

9. Universitas Syiah Kuala

Asia ranking: 595

World ranking: 1742

Fakultas yang berdiri sejak tahun 1982 ini memiliki berbagai program pendidikan seperti, program profesi, program sarjana, program magister, program doktoral, dan  program spesialis. Program pendidikan sarjana memiliki dua program studi, yaitu Pendidikan Dokter dan Psikologi. 

Itu dia informasi 9 kampus dengan Jurusan Kedokteran terbaik di Indonesia versi EduRank 2023. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di Jurusan Kedokteran, bisa mengacu informasi kampus di atas, ya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “9 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Tahun 2023

  1. Ping-balik: Fakultas Kedokteran UPI Resmi Buka Pendaftaran, Tertarik Mendaftar? - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *