fakultas kedokteran jogja

Daftar 5 Kampus Jogja yang Memiliki Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran di Jogja – Kebutuhan tenaga kesehatan yang terus meningkat seiring pertambahan jumlah penduduk, menjadikan minat dan peluang lulusan kedokteran sangat menjanjikan. Kini setiap perguruan tinggi di Indonesia rasanya selalu membuka jurusan Kedokteran.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi kedokteran khususnya ingin melanjutkan di daerah Jogja, berikut telah kami rangkum rekomendasi kampus dengan fakultas kedokteran di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berada di Jogja. Yuk, simak!

Baca Juga: 10 Daftar Poltekkes Kemenkes Terbaik yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan Melanjutkan Studi

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada memiliki fakultas kedokteran dengan nama Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK). Fakultas ini merupakan fakultas tertua di Indonesia. Saat ini FK-KMK memiliki 3 program studi, yaitu program studi kedokteran, ilmu keperawatan, dan gizi kesehatan.

Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM juga memiliki beragam program untuk mendukung para calon mahasiswanya dalam memperdalam bidang kesehatan, seperti program magister, program doctoral, program spesialisasi, dan program combined degree.

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Setelah melewati perjalanan panjang dari tahun 1964, hingga sempat dihapuskannya fakultas kedokteran UII pada tahun 1975, karena fasilitas yang masih terbatas dan adanya peraturan pemerintah tentang penyelenggaraan fakultas kedokteran swasta. UII kembali membuka fakultas kedokteran dan proses pembelajaran mulai dilaksanakan pada 3 September 2001.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia dalam proses pembelajarannya melalui 4 fase, yaitu introduction and biomedical sciences, pathology of human diseases, management in human disease, comprehensive health care, dan professional health practice.

3. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Fakultas Kedokteran UAD telah memiliki akreditasi B untuk program studi kedokteran dan profesi kedokteran. Program Studi Pendidikan Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan berdiri berdasarkan SK Menristek DIKTI RI No. 720/KPT/I/2017 pada 13 Desember 2017 Tentang izin pembukaan program studi pendidikan kedokteran program sarjana dan pendidikan profesi dokter program profesi.

Saat ini program profesi kedokteran memiliki kerja sama dengan beragam rumah sakit, seperti PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RSUD Wonosari, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit UAD, Rumah Sakit Grhasia, RSJD Soedjarwadi, Puskesmas dibawah naungan Dinkes Bantul, dan masih banyak lagi.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY terdiri dari 4 program studi yaitu Program Studi  Kedokteran, Dokter Gigi, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi. Proses pembelajaran menerapkan metode PBL-hybride atau partial-PBL.

Kegiatan belajar dalam metode PBL meliputi, tutorial, kuliah, praktikum, keterampilan klinik, komuda, konsultasi, belajar mandiri, english hours, mentoring, soft skills, mini simposium, karya tulis ilmiah, dan interprofesional education. Metode ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa sebagai lifelong learner sehingga pada masa mendatang para calon dokter  terlatih untuk menghadapi permasalahan.

5. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) terdiri dari dua program studi yaitu Program Sarjana Kedokteran dan Program Profesi Dokter. Kedokteran UKDW merancang sistem pembelajarannya agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi selama 4 tahun hingga menjadi Sarjana. Kurikulum dan proses pembelajarannya berbasis problem dan melakukan pendekatan secara “student center learning”.

Universitas Kristen Duta Wacana juga telah memiliki beragam kerja sama, baik dalam negeri maupun luar negeri untuk menunjang proses pembelajaran para mahasiswanya. Salah satu kerja sama dalam bidang kesehatan di dalam negeri yaitu kerja sama dengan Rumah Sakit Mata Dr. YAP, Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi, Rumah Sakit Panti Waluyo Purworejo, dan masih banyak lagi.

Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam memilih kampus untuk melanjutkan studi, ya. Kira-kira kamu tertarik mendaftar di kampus yang mana, nih?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

2 thoughts on “Daftar 5 Kampus Jogja yang Memiliki Fakultas Kedokteran

  1. Ping-balik: Simak Ragam Jalur Seleksi Masuk UB di Sini! - Bimbel Kedokteran Terbaik

  2. Deprince w

    Sangat bagus untuk kita yg cita-cita jd dokter di sini saya sangat terharu setelah membaca semua, dan saya pikir oh ternyata kita cita² dokter itu harus di perjuankan karena kampusnya ada,,,, trimakasih bnyk tetap semoga selalu dan semoga Allah selalu memberi kesempatan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *