Universitas Brawijaya

Simak Ragam Jalur Seleksi Masuk UB di Sini!

Jalur Seleksi Masuk UB – Jika saat ini kamu tengah mempertimbangkan PTN untuk melanjutkan studi di Jawa Timur, Universitas Brawijaya bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Berlokasi di Kota Malang, UB merupakan salah satu kampus negeri terbaik dengan banyak peminat setiap tahunnya. Bukan tanpa sebab, PTN yang saat ini telah terakreditasi A oleh BAN PT ini sudah berdiri sejak tahun 1957 dengan nama Yayasan Perguruan Tinggi Malang.

Universitas Brawijaya membuka berbagai pilihan program pendidikan mulai dari Diploma, Sarjana, Profesi, Magister, Doktor, Spesialis, hingga Double degree yang tersebar di 18 fakultas. Selain memiliki program yang beragam, UB juga membuka jalur masuk yang beragam pula bagi calon mahasiswa baru untuk berbagai jenjang.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di UB, simak berbagai jalur masuk Universitas Brawijaya berikut, yuk!

Baca juga: Daftar Kampus dengan Fakultas Kedokteran di Jawa Timur

Seleksi Nasional oleh Kemendikbud

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

SNBP merupakan jalur seleksi non tulis berdasarkan prestasi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh PTN di Indonesia. Calon mahasiswa akan diseleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik hingga non akademik.

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)

Hampir serupa dengan SNBP, jalur seleksi SNBT juga dilaksanakan serentak secara nasional oleh seluruh PTN di Indonesia. Bedanya, seleksi SNBT dilakukan berdasarkan tes atau ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Seleksi Mandiri oleh UB

Selain seleksi secara nasional, Universitas Brawijaya juga menyelenggarakan seleksi yang dilaksanakan secara mandiri oleh UB. Pada tahun 2023, UB membuka beberapa jalur seleksi mandiri, sebagai berikut:

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi

SMUB Jalur Prestasi merupakan salah satu jalur seleksi yang diselenggarakan UB untuk program Sarjana (S1) dan Vokasi (D3 & D4) bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik. SMUB Jalur Prestasi juga dibuka bagi Program Reguler maupun Program Kelas Internasional.

Seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor seluruh mata pelajaran pada lima semester, sertifikat prestasi, Tes Bahasa Inggris bagi yang Kelas Internasional, dan wawancara daring bagi prodi Keuangan Perbankan. Biaya pendaftaran SMUB Jalur Prestasi sebesar Rp350.000 dan dapat memilih 2 program studi pada kelompok vokasi atau sarjana dengan program kelas reguler ataupun internasional.

Seleksi Mandiri Jalur Rapor

UB juga membuka seleksi mandiri jalur rapor yang ditujukan bagi peserta yang tidak mengikuti UTBK atau sudah pernah mengikuti SMUB Jalur Prestasi. Hampir sama dengan seleksi jalur prestasi, SMUB Jalur Rapor juga menggunakan nilai seluruh mata pelajaran pada bagian nilai pengetahuan pada 5 semester.

Selain itu, bagi pendaftar prodi Seni Rupa Murni dan Design Grafis juga perlu mengunggah portofolio. Sementara, bagi pendaftar prodi D3 Keuangan Perbankan diperlukan beberapa persyaratan tambahan. Biaya pendaftaran SMUB Jalur Rapor sebesar Rp350.000. Setiap pendaftar bisa memilih hingga 2 pilihan program studi pada kelompok D3, D4, atau sarjana pada kelas reguler maupun internasional.

Seleksi Mandiri Jalur Nilai UTBK

Jalur seleksi satu ini dibuka bagi calon mahasiswa yang telah mengikuti dan memiliki nilai hasil UTBK serta prestasi akademik dan non akademik sesuai ketentuan yang hampir serupa seperti jalur rapor. SMUB Jalur Nilai UTBK juga bisa diikuti dengan biaya pendaftaran sebesar Rp350.000 dan dapat memilih 2 pilihan prodi.

Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas

Universitas Brawijaya membuka SMPD bagi penyandang disabilitas melalui rangkaian seleksi bagi pendaftar yang memiliki kapabilitas sesuai dengan jurusan yang dipilih. Seleksi SMPD dilakukan melalui beberapa rangkaian, yaitu:

  • Seleksi administrasi (berdasarkan Nilai Rapor, Prestasi Akademik, dan Non Akademik
  • Tes Akademik yang memuat psikotes (College readiness dan Digital Literacy), Tes Pengetahuan Umum, Matematika, dan Bahasa Indonesia secara online
  • Wawancara verifikasi kondisi disabilitas calon mahasiswa disabilitas secara online bagi yang lolos Tes Akademik
  • Wawancara dengan Ketua Jurusan/Prodi secara online

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Pascasarjana

Program Pascasarjana UB terdiri dari Program Magister dan Doktor untuk berbagai bidang ilmu (ilmu eksakta maupun non-eksakta). Seleksi untuk Program Pascasarjana UB diselenggarakan 2 kali dalam satu tahun akademik, untuk semester ganjil dan semester genap. Seleksi dilaksanakan berdasarkan syarat-syarat serta pendidikan sebelumnya sesuai ketentuan dan setiap peserta hanya boleh memilih 1 program studi.

Baca juga: Daftar 5 Kampus Jogja yang Memiliki Fakultas Kedokteran

Perlu diingat bahwa jalur masuk di atas dan ketentuannya bisa berubah-ubah setiap tahunnya sesuai dengan kebijakan UB. Pastikan kamu selalu update ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *