universitas muhammadiyah terbaik

10 Universitas Muhammadiyah ini Terbaik di Indonesia!

Universitas Muhammadiyah Terbaik – Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia sangat banyak macamnya, salah satunya yaitu Universitas Muhammadiyah.

PTS ini merupakan perguruan tinggi swasta naungan organisasi islam Muhammadiyah. PTS ini tidak kalah kualitas dan fasilitasnya dibandingkan kampus negeri di Indonesia, lho. Bahkan ada beberapa kampus Muhammadiyah yang memiliki ranking lebih tinggi dari PTN. Yuk, simak daftar kampus Muhammadiyah terbaik versi Webometrics 2023 di bawah ini.

Baca Juga: Apa Alasan Banyak Orang Memilih Kuliah di Universitas Swasta?

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

World rank: 1992

Country rank: 18

Kampus ini telah memulai kegiatan akademik dan perkuliahan pertamanya sejak 1 November 1981. Saat ini UMY telah mengantongi akreditasi “Unggul” dan memiliki berbagai pilihan program studi seperti, 3 program Vokasi, 23 program Sarjana, 7 program Magister, 3 program Doktor dan 5 program pendidikan Profesi.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

World rank: 2620

Country rank: 25

UMM telah meraih akreditasi terbaik dengan predikat “Unggul” dari BAN-PT. Saat ini UMM telah menyediakan berbagai program pendidikan seperti Vokasi, Sarjana, Pascasarjana, dan Program Profesi. Program vokasi memiliki 5 program studi pilihan yang terdiri dari tiga program D3 dan dua program D4. Sedangkan untuk Program Sarjana memiliki 36 pilihan program studi.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

World rank: 3131

Country rank: 32

UAD memiliki 11 Fakultas dengan program pendidikan Sarjana, Sarjana Terapan, Magister, Doktor, dan Program Profesi. Universitas Ahmad Dahlan dulunya merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan llmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta ini telah mengantongi akreditasi “A” dari BAN-PT.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

World rank: 4012

Country rank: 53

UMS kini telah memiliki 12 Fakultas dengan lebih dari 36 program studi di dalamnya.  Saat ini UMS telah mengantongi Akreditasi “Unggul” dengan berbagai program pendidikan seperti Sarjana, Vokasi, Magister, Doktor, dan Profesi.

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

World rank: 4456

Country rank: 62

UHAMKA merupakan salah satu perguruan tinggi swasta milik Muhammadiyah yang berlokasi di Jakarta. UHAMKA memiliki 10 fakultas, 41 program studi dan telah mendapatkan akreditasi “Unggul” institusi.

Baca Juga: Mengetahui Berbagai Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

World rank: 5134
Country rank: 79

UMSU telah memiliki 3 fakultas yaitu, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Agama Jurusan Dakwah (FIAD), dan Fakultas Syariah. Saat ini UMSU telah mengantongi akreditasi “Unggul” dari BAN-PT pada tahun 2022.

Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

World rank: 5168

Country rank: 81

Unimus dirintis oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah sejak tahun 1996. Unimus memiliki 8 fakultas dengan total 33 program studi didalamnya. Saat ini Unimus telah mengantongi akreditasi “B”.

Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR)

World rank: 5201

Country rank: 83

UMPWR pada tanggal 8 Januari 1999 resmi menjadi Universitas setelah sebelumnya berada pada tingkat Institut. Kampus ini telah memiliki 5 fakultas dengan 15 program studi pilihan di dalamnya dan telah mengantongi akreditasi “B” dari BAN-PT.

Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG)

World rank: 5269

Country rank: 85

UMG didirikan atas upaya meningkatkan amal usaha Muhammadiyah dibidang pendidikan tinggi, karena pada saat itu daerah Kabupaten Gresik belum ada Perguruan Tinggi. Saat ini UMG memiliki 8 fakultas dengan mengantongi akreditasi institusi “B”

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)

World rank: 5466

Country rank: 96

Umsida menyelenggarakan berbagai program pendidikan mulai dari program Sarjana, Pascasarjana, Profesi, hingga Diploma. Umsida memiliki 5 fakultas dengan 28 program studi di dalamnya. Saat ini Umsida mengantongi akreditasi “B”.

Itulah beberapa kampus Muhammadiyah terbaik versi Webometrics tahun 2023 yang bisa kamu jadikan referensi sebagai tempat kuliah nantinya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “10 Universitas Muhammadiyah ini Terbaik di Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *