Mengetahui Berbagai Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta

Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta – Ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk lanjut ke jenjang pendidikan tinggi. Selain berbagai faktor seperti jurusan dan biaya, calon mahasiswa juga harus memilih perguruan tinggi yang ingin dituju. Tentunya, memilih perguruan tinggi ini tidak mudah karena adanya banyak pilihan.

Secara umum, terdapat 2 jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia yaitu negeri dan swasta. Sesuai namanya, universitas negeri merupakan milik negara sedangkan perguruan tinggi swasta dimiliki oleh swasta non pemerintah.

Kepemilikan yang berbeda ternyata bukan hanya sekadar nama. Perbedaan ini mempengaruhi berbagai hal lain terkait perkuliahan. Sebelum memutuskan untuk masuk ke perguruan tinggi, ada baiknya kamu untuk mengetahui perbedaan universitas negeri dan swasta. Yuk, cari tahu lebih lanjut di bawah ini!

Pemilik Perguruan Tinggi

perbedaan universitas negeri dan swasta

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, perbedaan utama dari universitas negeri dan swasta terletak pada pemiliknya. Perguruan tinggi negeri atau PTN merupakan institusi pendidikan yang dimiliki oleh pemerintah atau negara. Sedangkan universitas swasta merupakan milik lembaga non pemerintah atau swasta.

Perbedaan kepemilikan ini tentunya akan mempengaruhi aktivitas di dalam kampus. Kegiatan di kampus negeri harus mengikuti kebijakan pemerintah. Berbeda dengan kampus swasta yang lebih mengacu pada keputusan lembaga penyelenggaranya.

Jalur Masuk yang Tersedia

Jalur masuk untuk seleksi mahasiswa baru juga berbeda bagi universitas negeri dan swasta. Di perguruan tinggi negeri, proses seleksi dilakukan dalam dua jenis yaitu nasional dan mandiri. Seleksi nasional dilakukan bersama dengan seluruh PTN di Indonesia. Sedangkan seleksi mandiri dilaksanakan oleh masing-masing PTN.

Berbeda dengan PTN, penerimaan mahasiswa baru di PTS tidak dilaksanakan secara serentak, kecuali jika ada kerja sama tertentu. Setiap kampus swasta memiliki kebijakan yang berbeda-beda termasuk seleksi mahasiswa baru. Pendaftar perlu mengetahui jalur yang dibuka dan mengikuti seleksi secara mandiri di setiap PTS.

Pembiayaan Kuliah

Perbedaan lain yang cukup mencolok untuk universitas swasta dan negeri yaitu terletak pada pembiayaan kuliah mahasiswa. Di perguruan tinggi swasta, pembiayaan ini dilakukan sesuai dengan kebijakan lembaga. Ada yang menetapkan biaya sesuai kredit yang diambil, ada pula yang memiliki biaya tetap. Selain itu, mahasiswa juga perlu membayar uang pangkal.

Berbeda dengan kampus swasta, pembiayaan kuliah di PTN dilakukan dengan sistem UKT. Sistem ini memungkinkan mahasiswa untuk memiliki biaya kuliah yang tetap sampai lulus dan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi. Selain itu, tidak semua mahasiswa diwajibkan untuk membayar uang pangkal sehingga biaya yang perlu disiapkan lebih ringan.

Baca juga Jalur Seleksi untuk Bisa Masuk PTN Favoritmu.

Fasilitas untuk Mahasiswa

perbedaan universitas negeri dan swasta

Pengembangan fasilitas di kampus swasta dan negeri juga memiliki perbedaan. Fasilitas atau infrastruktur yang ada di kampus negeri harus dibangun atau dikembangkan melalui persetujuan negara. Hal ini dikarenakan salah satu sumber dana utama dari operasional kampus berasal dari pemerintah.

Universitas swasta sendiri lebih bebas dalam melakukan pengembangan infrastruktur. Kampus swasta memiliki pembiayaan utama dari lembaga dan juga mahasiswa sehingga penggunaannya lebih bebas. Tak mengherankan jika banyak kampus swasta memiliki gedung atau fasilitas terbaru.

Sumber Pengajar

Perbedaan universitas negeri dan swasta juga bisa dilihat dari pengajarnya. Sebagai institusi pendidikan milik negara, pekerja yang menjalankan PTN juga merupakan pegawai negeri atau PNS. Di kampus swasta, pengajarnya tidak selalu seorang PNS dan jika ada pun biasanya sebatas dosen tamu atau tidak tetap.

Itulah penjelasan tentang Mengetahui Berbagai Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta. Setiap kampus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa memilih institusi yang paling sesuai dengan minat serta kemampuan.


Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahun, UTBK Kedokteran, KKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Mengetahui Berbagai Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta

  1. Ping-balik: 10 Universitas Muhammadiyah ini Terbaik di Indonesia! - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *