Cek Informasi Kedokteran UBB di Sini

Kedokteran Universitas Bangka Belitung – Universitas Bangka Belitung (UBB) yang resmi berdiri pada tanggal 12 April 2006 ini telah mengantongi akreditasi “B” dan merupakan perguruan tinggi terbaik di Kepulauan Bangka Belitung. Saat ini UBB telah memiliki Fakultas Kedokteran dan akan menjadi Fakultas Kedokteran ke-93 di Indonesia.

Fakultas Kedokteran Universitas Bangka Belitung mulai tahun 2023 akan menerima mahasiswa dalam Program Studi Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter melalui jalur seleksi UTBK-SNBT dan SMMPTN Barat. Tertarik untuk menjadi mahasiswa di fakultas terbaru UBB? simak lebih lanjut informasi mengenai pendaftaran, kuota penerimaan, dan informasi lainnya di bawah ini, yuk!

Jalur Masuk Fakultas Kedokteran UBB

Fakultas Kedokteran UBB membuka jalur masuk melalui UTBK-SNBT dan jalur Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Wilayah Barat (SMMPTN-Barat). Program studi kedokteran UBB merupakan program studi yang memiliki peminat tertinggi di SNBT tahun 2023 ini dan mengalahkan program studi manajemen dari tahun-tahun sebelumnya.

Setelah melewati masa seleksi UTBK-SNBT, kini masih ada waktu untuk kamu yang berminat kuliah kedokteran di Universitas Bangka Belitung melalui jalur masuk seleksi SMMPTN Barat. Seleksi SMMPTN Barat telah dibuka mulai 8 Mei – 27 Juni 2023 dengan alur pendaftaran sebagai berikut:

  • Melakukan pendaftaran SMMPTN Barat 2023 secara online di laman https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan klik tombol daftar untuk mendapatkan ID bayar dan PIN.
  • Melakukan pembayaran biaya seleksi sebesar Rp350.000 di Bank Mandiri/BNI/BTN/BSI menggunakan ID bayar.
  • Menerima tanda bukti pembayaran.
  • Melakukan login di laman https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan menggunakan ID bayar dan PIN untuk menuntaskan proses pendaftaran.
  • Jika peserta belum selesai mengisi formulir pendaftaran secara online, maka masih diberi kesempatan paling lambat tanggal 28 Juni 2023, pukul 14.00 WIB.

Kuota Fakultas Kedokteran UBB

Kuota penerimaan Fakultas Kedokteran UBB pada angkatan pertama tahun ini berjumlah 40 orang yang diambil melalui jalur masuk UTBK-SNBT dan SMMPTN Barat. Melalui jalur masuk UTBK-SNBT akan diambil sebanyak 28 orang dan jalur Seleksi Mandiri Wilayah Barat 12 orang. Jumlah tersebut juga berlaku untuk angkatan-angkatan berikutnya.

Jika kamu berhasil menjadi salah satu dari 40 mahasiswa yang terpilih menjadi angkatan pertama Fakultas Kedokteran UBB ini, nantinya pembelajaran akan didampingi oleh dosen-dosen klinis dan biodemik dari UBB, UNSRI, dan rumah sakit-rumah sakit yang ada di daerah Bangka Belitung.

Fasilitas Fakultas Kedokteran UBB

Fakultas yang berada di Desa Balunijuk, Merawang Kabupaten Bangka ini memiliki fasilitas beasiswa dan juga fasilitas Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang dapat membantu para mahasiswanya dalam pembayaran biaya pendidikan. Selain fasilitas beasiswa, Fakultas Kedokteran UBB telah memiliki fasilitas rumah sakit untuk menunjang pembelajaran mahasiswanya melalui RSUP Dr (H.C) Ir Soekarno. Fakultas UBB juga mendapat dukungan dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (UNSRI) dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jadi walaupun terbilang baru fakultas Kedokteran UBB telah siap untuk memulai perkuliahannya.

Program Kedokteran di UBB merupakan prodi pertama yang diberi izin, maka diharapkan setiap mahasiswa/i lulusan UBB dapat bekerja di Universitas Bangka Belitung maupun dapat membantu meningkatkan sumber daya pada bidang kesehatan di Provinsi Bangka Belitung.

Itu dia artikel mengenai Fakultas Kedokteran UBB yang telah resmi dibuka. Apakah kamu tertarik masuk Kedokteran UBB? Jangan lupa persiapkan diri mulai sekarang untuk mengikuti proses seleksinya melalui jalur SMM- PTN Barat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Cek Informasi Kedokteran UBB di Sini

  1. Ping-balik: Yuk, Cek! 3 PTN ini Buka Prodi Kedokteran Baru Tahun 2023 - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *