istilah kedokteran

Mau Jadi Dokter? Pahami dulu 15 Istilah Kedokteran Berikut

Istilah kedokteran – Tidak bisa dipungkiri, menjadi dokter adalah salah satu cita-cita idaman banyak dari kita sejak kecil. Perjuangan untuk menjadi dokter pun bukanlah hal yang mudah karena profesi satu ini memiliki tanggung jawab yang besar pada nyawa manusia. Apakah kamu salah satunya yang ingin menjadi seorang dokter?

Kamu wajib mengikuti beberapa tahapan belajar sebagai mahasiswa kedokteran dengan proses yang panjang di Fakultas Kedokteran. Nah, sebelum menjadi mahasiswa kedokteran, coba kenalan dulu dengan beberapa istilah yang sering dijumpai saat studi kedokteran nantinya di sini. 

Daftar istilah dalam dunia pendidikan kedokteran

Yuk, para calon dokter coba catat dan pahami penjelasan di bawah ini dengan baik

1. Preklinik

Preklinik adalah tahap pendidikan dasar bagi calon dokter melalui program studi sarjana pendidikan dokter/kedokteran. Tahap preklinik biasanya berlangsung selama 3,5-4 tahun.

2. Klinik

Klinik adalah tahap pendidikan lanjutan bagi sarjana kedokteran melalui program profesi pendidikan dokter dengan belajar langsung di rumah sakit sebagai koas. Tahap klinik ini biasanya berlangsung selama 1,5-2 tahun. 

3. Koas atau co-ass

 Serupa dengan tahap klinik, koas atau co-assistant adalah program profesi pendidikan dokter sebelum bisa mendapatkan gelar dr. Koas dilaksanakan dengan rotasi pada beberapa stase atau departemen di rumah sakit. 

4. OSCE

Objective Structured Clinical Examination atau OSCE adalah jenis ujian atau penilaian keterampilan klinis di pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan. Pada ujian OSCE, mahasiswa akan berkeliling ke beberapa station untuk menjawab atau mendemonstrasikan pertanyaan yang ada. 

5. Sistem blok

Sistem blok adalah pengelompokan materi pembelajaran dalam satuan waktu tertentu dengan pembelajaran yang lebih komprehensif melalui teori hingga praktikum. Untuk setiap blok, biasanya akan ada ujian blok yang wajib diikuti.

6. UKMPPD

UKMPPD merupakan singkatan dari ujian kompetensi pendidikan profesi dokter yang wajib diikuti oleh calon dokter yang telah menyelesaikan seluruh tahapan koas. UKMPPD terdiri dari ujian CBT/Computer Based Test (150 soal) dan ujian OSCE (12 station) yang terdiri dari beragam materi yang sudah dipelajari sebelumnya. 

7. PPDS

PPDS atau program pendidikan dokter spesialis adalah tahap pendidikan lanjutan bagi seorang dokter umum yang telah lulus UKMPPD dan internship. Program PPDS biasanya berlangsung selama 2-6 tahun bergantung pada program spesialisasi yang diambil.

8. Residen

Residen adalah dokter yang sedang mengambil pendidikan dokter spesialis yang sedang bekerja di rumah sakit untuk mendapatkan gelar dokter spesialis di bidang kedokteran tertentu. 

9. Konsulen

Konsulen atau konsultan adalah sebutan bagi dokter yang mendalami bidang ilmu atau memiliki spesialisasi di bidang ilmu kedokteran tertentu. Dokter konsulen biasanya menjadi supervisor atau dokter senior yang mengawasi dan membimbing dokter residen.

10. STR

Surat Tanda Registrasi atau STR adalah dokumen tertulis yang wajib dimiliki seorang tenaga kesehatan termasuk dokter sebagai sertifikat kompetensinya untuk bisa berpraktik. Untuk mendapat STR, dokter yang telah lulus UKMPPD perlu menjalani internship di rumah sakit selama 1 tahun. 

11. Internship

Internship adalah program pemantapan bagi dokter yang telah mendapat gelar dr. dengan bekerja dan menangani pasien secara langsung di rumah sakit. 

12. Stase

Stase  adalah pengelompokan bidang ilmu kedokteran yang harus diikuti oleh mahasiswa program profesi dokter atau koas yang terdiri dari stase mayor/besar dan stase minor/kecil, Setiap stase biasanya membutuhkan waktu 2-8 minggu untuk bisa rotasi atau berlanjut ke stase selanjutnya. 

Baca juga: 18 Stase Koas Kedokteran, Wajib Dilewati untuk Jadi Dokter!

13. Skills lab

Skills lab atau keterampilan klinis merupakan kegiatan atau praktik yang diberikan pada mahasiswa kedokteran untuk meningkatkan keterampilan klinisnya di berbagai situasi dan kondisi pasien. 

14. MCQ

Multiple choice question atau MCQ adalah salah satu instrumen evaluasi yang biasanya digunakan untuk menilai pengetahuan mahasiswa. Soal MCQ juga biasanya dijumpai pada ujian CBT pada UKMPPD. 

15. Kolegium

Kolegium merupakan organisasi profesi kedokteran yang diisi oleh kumpulan ahli di setiap bidang ilmu kedokteran. Setiap kolegium kedokteran bertugas untuk menetapkan standar pendidikan, menguji kompetensi, hingga menerbitkan sertifikat kompetensi bagi lulusan pendidikan spesialis dan subspesialis. 

Beberapa istilah di atas akan sering kamu jumpai jika kamu mengikuti pendidikan dan menjadi mahasiswa kedokteran. Mulai sekarang, kamu tidak perlu bingung lagi jika menemukan istilah ini di perjalananmu menjadi dokter nantinya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Mau Jadi Dokter? Pahami dulu 15 Istilah Kedokteran Berikut

  1. Ping-balik: Apa itu UKMPPD? Calon Dokter Wajib Tahu! - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *