fakultas kedokteran ugm

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran UGM 2023? Berikut Rinciannya!

Biaya kuliah kedokteran UGM 2023 – Sebelum mengambil studi kedokteran, salah satu pertimbangan yang cukup penting adalah biaya kuliah atau biaya pendidikan yang harus dikeluarkan. Hal ini dikarenakan kedokteran adalah jurusan kuliah yang terkenal mahal dan membutuhkan banyak biaya dari awal masuk hingga bisa mendapat gelar dokter. Biaya kuliah kedokteran juga beragam dan bergantung pada perguruan tinggi, jalur masuk, hingga program yang diambil. 

Sebagai salah satu PTN yang buka jurusan kedokteran paling diminati, UGM sudah tentu jadi incaran banyak calon mahasiswa kedokteran di Indonesia. UGM juga dikenal sebagai kampus kerakyatan dengan biaya kuliah yang juga masih terjangkau dengan berbagai keringanan atau subsidinya, termasuk untuk jurusan kedokteran. 

Untuk kamu yang tertarik berkuliah di jurusan kedokteran UGM, jangan lewatkan info berikut ini, ya!

Keunggulan Fakultas Kedokteran UGM

UGM merupakan salah satu pioneer pendidikan tinggi di Indonesia yang telah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda. Fakultas kedokteran juga menjadi salah satu fakultas pertama yang dibuka dan akhirnya diresmikan pada tahun 1949. Sebagai salah satu fakultas kedokteran tertua di Indonesia, pengalaman dan kualitas pendidikan dokter di UGM tentu tidak bisa diragukan lagi. 

Hingga tahun 2021, FK UGM sudah memiliki 32 departemen yang mencakup berbagai bidang ilmu kedokteran dengan 22 program pendidikan dokter spesialis (PPDS 1) dan 5 program pendidikan dokter subspesialis (PPDS 2). FK UGM juga bekerja sama dengan 5 Rumah Sakit Pendidikan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk mewadahi pendidikan klinis mahasiswanyaLengkap banget, bukan? 

Ada juga berbagai kegiatan di luar pembelajaran akademik yang difasilitasi oleh FK UGM untuk para mahasiswanya. Mahasiswa FK UGM bisa mengikuti penelitian, kompetisi mahasiswa, pertukaran pelajar (student exchange), double degree hingga summer/winter course, khususnya bagi mahasiswa kedokteran yang mengambil program IUP. 

Biaya Kuliah Kedokteran UGM – Program Reguler

Program reguler untuk prodi kedokteran UGM bisa diikuti melalui beberapa jalur yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), atau Ujian Mandiri (UM-UGM). Jika lulus melalui salah satu jalur tersebut, mahasiswa kedokteran UGM akan dibebankan dengan biaya kuliah berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai berikut: 

  1. UKT Pendidikan Unggul: Rp24.700.000
  2. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 25%: Rp18.525.000
  3. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 50%: Rp12.350.000
  4. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 75%: Rp6.175.000
  5. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 100%: Rp0

Besaran UKT ditetapkan sesuai kemampuan ekonomi setiap mahasiswa yang berlaku untuk seluruh mahasiswa, baik dari jalur SNBT, SNBP, maupun Mandiri dan dibayarkan setiap semester. Namun, bagi mahasiswa yang diterima di jalur mandiri dan mendapat UKT Pendidikan Unggul, akan ada  Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) sebesar Rp30.000.000 untuk bidang Ilmu Sains, Teknologi, dan Kesehatan yang dibayarkan sekali pada awal masuk. 

Baca juga: Mari Mengenal Fakultas Kedokteran Gigi UI

Biaya Kuliah Kedokteran UGM – Program IUP 

FK UGM juga membuka program International Undergraduate Program (IUP) untuk program studi kedokteran yang menawarkan pembelajaran berstandar internasional bagi mahasiswanya. Seleksi program IUP berbeda dengan program reguler dengan persyaratan dan materi tes yang berbeda pula. 

Biaya kuliah mahasiswa IUP UGM juga berbeda dengan mahasiswa kedokteran program reguler dan tidak menggunakan skema UKT serta SSPU. Berikut rincian biaya kuliah IUP Kedokteran UGM:

Mahasiswa berkebangsaan Indonesia (WNI)

  • Biaya pendaftaran (Application fee): Rp2.250.000
  • Biaya pendidikan (Tuition fee): Rp45.000.000 per semester

Mahasiswa berkebangsaan non-Indonesia (WNA)

  • Biaya pendaftaran (Application fee): USD $225 
  • Biaya pendidikan (Tuition fee): Rp65.000.000 per semester

Nah, itulah biaya kuliah yang perlu dikeluarkan untuk kuliah di kedokteran UGM per tahun 2023. Kamu butuh info biaya kuliah kedokteran dari kampus mana lagi, nih? Coba komen di bawah, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *