kedokteran bedah

Mengenal Kedokteran Bedah: Kondisi Apa Saja yang Bisa Ditangani?

Kedokteran bedah – Dokter spesialis bedah berbeda dengan dokter-dokter lainnya. Karena tidak semua dokter bisa melakukan pembedahan, sedangkan dokter bedah sendiri jadi tenaga ahli khusus untuk kondisi gawat darurat pasien.

Dokter bedah dibutuhkan ketika pasien mengalami penyakit dalam atau adanya masalah dalam jaringan tubuh yang harus diobati. Perannya sendiri dibutuhkan untuk mendiagnosis, manajemen sebelum operasi, tindakan selama operasi berlangsung dan juga pasca operasi.

Mengenal Profesi Dokter Spesialis Bedah

Dokter bedah merupakan lanjutan dari pendidikan dan profesi dokter umum. Nantinya kalau kamu ingin menjadi dokter bedah, setelah lulus S1 Kedokteran dan profesi, kamu harus melanjurkan pendidikan spesialis ilmu bedah.

Baca juga: Jenis Dokter Spesialis dan Supspesialis yang Ada di Indonesia

Untuk lulusan S1 kedokteran saja akan menjadi dokter umum, dan belum mendalami ilmu bedah sehingga hanya akan menangani gejala dan penyakit pada pasien secara umum, belum secara spesifik. Untuk penanganan lebih lanjut, dokter umum akan memberikan rujukan kepada dokter spesialis yang dibutuhkan.

Kondisi yang Bisa Ditangai oleh Dokter Bedah

Ada beberapa masalah umum yang bisa ditangani oleh dokter spesialis bedah untuk dilakukan operasi penyembuhan, yakni:

1.    Tumor Jinak

Kondisi pertama ada tumor jinak yang sebenarnya bisa saja tidak berbahaya, namun ada juga yang lama kelamaan bisa menjadi ganas. Pasien diharuskan melakukan konsultasi dengan dokter bedah supaya bisa mengambil keputusan yang tepat.

Tumor jinak ini bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, seperti di payudara, kepala, leher, dan lainnya. Namun, nantinya tumor jinak ini tidak akan menyebar ke anggota tubuh lainnya dan tidak berbahaya untuk kesehatan. Tapi mungkin akan membuat tidak nyaman.

2.    Hernia

Kemudian kondisi lain yang sering terjadi adalah hernia. Hernia sendiri adalah pelemahan otot yang membuat organ bagian dalam tubuh menjadi menonjol ke jaringan permukaan. Contohnya sendiri adalah bagian perut yang paling sering mengalami masalah hernia.

Oleh karena itu operasi pembedahan dibutuhkan untuk membantu mengembalikan kekuatan otot dan meletakkan lagi bagian organ dalam yang menonjol supaya berada di tempat yang seharusnya.

3.    Cedera atau Luka

Pasien yang mengalami cedera dan juga luka juga sering membutuhkan pembedahan. Contohnya ketika pasien mengalami kecelakaan dan terdapat luka di organ bagian dalam tubuh. Pendarahan hebat bisa berakibat buruk untuk organ lainnya, maka dari itu harus ditangani dengan cepat melalui operasi bedah.

4.    Patah Tulang dan Dislokasi Tulang

Pasien patah tulang karena kecelakaan, dan juga dislokasi atau pergeseran tulang yang membuatnya keluar dari posisi normal. Kondisi ini akan membuat pasien mengalami kelumpuhan jika tidak segera ditangani. Biasanya kondisi ini akan bisa dirasakan, dan bisa terlihat. Pasien juga akan mengalami pembengkakan dan terdapat lebam.

5.    Katarak

Selanjutnya ada katarak yang merupakan masalah pada organ mata, yang membuat penglihatan penderitanya semakin kabur karena tertutupi oleh lensa yang menjadi semakin tebal. Kondisi ini biasanya terjadi karena penuaan, jika terus dibiarkan maka bisa menyebabkan kebutaan total.

6.    Kanker

Dokter bedah juga bisa melakukan pengangkatan kanker dalam tubuh. Karena sifat kanker ini akan menghancurkan sistem kekebalan tubuh pemiliknya secara perlahan. Oleh karena itu setelah terdeteksi, akan langsung dirujuk dan segera mendapatkan tindakan untuk pengangkatan sel kanker sebelum menyebar ke organ lain.

7.    Usus Buntu

Usus buntu juga jadi masalah yang banyak terjadi pada pasien yang membutuhkan operasi bedah. Orang yang terkena usus buntu akan mengalami infeksi yang membuat bengkak dan nyeri yang tidak tertahankan. Oleh karena itu operasi medis dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini.

Itu dia informasi seputar kedokteran bedah dan kondisi yang biasa ditangani untuk pembedahan. Apakah kamu tertarik?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *