Kedokteran estetik

Apa Itu Kedokteran Estetika? Apakah Merupakan Dokter Spesialis?

Kedokteran estetika – Sekarang ini kamu pasti sudah tidak asing dengan profesi dokter estetika. Sebenarnya dokter estetika itu apa sih? Apakah ada pendidikan khusus untuk menjadi dokter estetika?

Jadi dokter estetika sendiri merupakan profesi kedokteran yang bekerja di bidang kecantikan. Biasanya mereka akan membuka praktik di klinik kecantikan untuk melakukan treatment kecantikan pada pasiennya yang memiliki masalah kulit. Contohnya seperti masalah kulit berjerawat, kulit kusam atau warna kulit yang tidak merata dan banyak lagi lainnya.

Cara Menjadi Dokter Estetika

Apakah untuk menjadi dokter estetika ini harus menempuh pendidikan yang sama seperti profesi dokter-dokter lainnya? Bagaimana cara menjadi dokter estetika?

1.    Lulus Pendidikan Kedokteran

Untuk bisa menjadi dokter estetika, kamu diwajibkan menjalani pendidikan kedokteran seperti proses menjadi dokter umum. Karena untuk menjadi dokter estetika, kamu harus memiliki kemampuan anatomi tubuh manusia dan mengerti cara untuk menginjeksi atau melakukan suntikan di kulit.

2.    Mengikuti dan Lulus Pelatihan Estetika

Nantinya untuk menjadi dokter estetika kamu juga harus mengikuti pelatihan untuk bisa melakukan injeksi, dan juga untuk bisa melakukan perawatan kecantikan seperti laser wajah, filler wajah, suntik botox, PRP, threadlift dan juga microneedling.

Nantinya pasien bisa menanyakan sertifikat kelulusan pelatihan. Karena pasien akan membutuhkan jaminan keamanan sebelum melakukan perawatan kecantikan.

3.    Mendapat Surat Izin Mendirikan Klinik Kecantikan

Kalau kamu ingin mendirikan klinik kecantikan sendiri, maka kamu diharuskan memiliki surat izin pendirian klinik. Ini juga untuk menjamin layaknya surat izin buka praktik untuk dokter untuk menandakan bahwa bisnis yang kamu lakukan adalah legal.

Namun untuk lebih baiknya, kamu bisa mencoba bekerja di klinik kecantikan terlebih dahulu untuk menjadi bekal dan mengetahui tata caranya. Sedangkan untuk mendapatkan surat izin pendirian, kamu bisa mengurus ke pemerintah.

Apakah Dokter Estetika Sama dengan Dokter Kulit?

Pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh banyak orang adalah, apakah dokter estetika sama dengan dokter kulit? Karena dokter estetika lebih sering menangani masalah kecantikan kulit.

Untuk dokter kulit sendiri harus menjalani pendidikan profesi. Sedangkan untuk menjadi dokter estetika hanya perlu mengikuti pelatihan. Dokter estetika hanya akan mengatasi masalah kulit permukaannya saja dengan memperbaiki penampilan kulit agar menjadi lebih sehat dan cantik. Sayangnya seorang dokter estetika tidak bisa meresepkan obat untuk pasien yang memiliki masalah kulit serius.

Sedangkan untuk dokter kulit bisa mendiagnosis penyakit-penyakit kulit tertentu, kemudian juga bisa meresepkan obat, baik obat luar maupun obat yang harus dikonsumsi. Dokter kulit juga bisa saja melakukan biopsi atau operasi bedah untuk mengatasi masalah pasien.

Baca juga: Mengenal Kedokteran Bedah: Kondisi Apa Saja yang Bisa Ditangani?

Dokter kulit juga sebenarnya bisa menjadi dokter estetika, karena mereka bisa meresepkan obat apa yang diperlukan untuk mengobati masalah pasien. Contohnya obat untuk jerawat, kulit yang gatal-gatal dan masalah lainnya.

Tindakan yang Bisa Dilakukan Dokter Estetika

Dokter estetika bisa menangani masalah-masalah kulit pasien namun tanpa melakukan pembedahan. Karena mereka tidak diperkenankan untuk melakukan hal tersebut kecuali merupakan lulusan spesialis dokter kulit.

Untuk tindakan-tindakan yang biasa ditangai oleh dokter estetika sendiri adalah seperti:

  • Facial
  • Suntik Botox
  • Perawatan IPL (Intense Pulsed Light)
  • Dermabrasi
  • Mikrodermabrasi
  • Suntik Filler
  • Perawatan Laser

Jadi kesimpulan dari pembahasan kedokteran estetika ini, bahwa dokter estetika adalah dokter kecantikan yang sebelumnya sudah mengikuti pelatihan. Berbeda dengan dokter kulit, dokter estetika tidak bisa memberikan resep dan juga pembedahan.  



Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *