Serba-Serbi Pendaftaran Fakultas Kedokteran UI

bimbelkedokteran.idFakultas kedokteran UI merupakan salah satu sekolah kedokteran terkemuka di Indonesia. Fakultas yang kerap disingkat dengan FK UI ini mempunyai dua kampus utama yakni Kampus Salemba dan Kampus Depok yang mana terletak di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK). Fakultas Kedokteran UI sendiri adalah bagian dari kelompok fakultas yang ada di rumpun ilmu kesehatan.

FK UI disebut-sebut sebagai fakultas kedokteran tertua yang ada di Indonesia. Kini, FK UI dipimpin oleh Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP. FK UI menyelenggarakan pendidikan dokter di tingkat Profesi Dokter, Sarjana, Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) (Sp-1), Magister (S2), serta Doktor (S3).

Alamat Fakultas Kedokteran UI

Adapun alamat FK UI ada dua, yakni yang ada di Salemba dan Depok. Alamat lengkapnya adalah:

  • Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jalan Salemba Raya No 6, Jakarta Pusat, Kampus UI Salemba.
  • Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan, Jalan Prof. Dr. Bahder Djohan, Kampus UI Depok.

Mata Kuliah Kedokteran UI

Fakultas Kedokteran adalah unit tertua dalam lintas sejarah Universitas Indonesia. Saat ini, FK UI melakukan pengembangan diri melalui pendidikan yang disesuaikan dengan Program Standar Internasional, yang ditetapkan Federasi Pendidikan Kedokteran Dunia.

Di FK UI, Mahasiswa perlu mengikuti sistem modul yang telah ditetapkan secara sistematis. Kurikulum di FK UI sendiri terdiri dari tiga tahap yakni, tahap pertama, general education yang didapatkan mahasiswa di semester satu.

Tahap kedua, medical sciences yang akan dijalani pada semester 2-6, lantas yang terakhir adalah tahap ketiga yang merupakan clinical practice di semester 7-10. Tahap pendidikan ini dilengkapi dengan masa internship selama satu tahun.

Sedangkan pada program Kelas Khusus Internasional (KKI) dirancang sesuai dengan kompetensi ber-standar internasional. Hal ini dilakukan untuk mencetak dokter yang bisa berkompetisi dengan lulusan negara lain serta memiliki kemampuan untuk melanjutkan pendidikan pascasarjananya di berbagai institusi pendidikan kedokteran berskala internasional.

Program KKI UI menggunakan strategi berupa pelibatan kolaborasi internasional, yakni University of Melbourne, Monash University, serta University of Newcastle Upon Tyne. Maka dari itu, program KKI FKUI mempunyai nilai tambah berupa double degree, yakni gelar dokter (Universitas Indonesia) sekaligus Bachelor of Medical Science dari University of Melbourne atau Monash University maupun Master of Research dari University of Newcastle Upon Tyne.

Program yang dilaksanakan pada tiga universitas di atas berupa coursework atau research project. Mahasiswa berkesempatan mempelajari tentang seluk beluk penelitian dan mengaplikasikannya dalam proyek riset lebih mendalam. Kegiatan akademisnya pun dilaksanakan dalam Bahasa Inggris, baik dalam perkuliahan, praktikum, tugas, diskusi, ataupun ujian.

Ada beberapa hal yang akan kita ulas pada pembahasan selanjutnya, diantaranya = Passing Grade, Jadwal Pendaftaran, Materi Tes, dan Masih Banyak Lagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *