Persyaratan Umum Kelas Internasional ITB

Sebagaimana disinggung pada pembahasan sebelumnya tentang Ragam Program Internasional ITB bahwa kelas internasional ITB adalah kelas khusus yang dibuka oleh ITB untuk menampung mahasiswa yang ingin kuliah dengan standard yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan dalam kelas internasional, bahasa interaksi yang digunakan adalah bahasa Inggris. Selain itu, ITB juga membangun kemitraan dengan universitas di luar negeri.

Adanya hubungan kemitraan ini memberikan peluang untuk terjadinya pertukaran mahasiswa selama proses perkuliahan berlangsung. Hal ini tentu merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan peta pergaulan mahasiswa kelas internasional ITB secara lebih global.

Oleh karena itu, wajar jika ada beberapa persyaratan yang dibebankan untuk calon mahasiswa yang ingin masuk ke kelas internasional ITB. Adapun syarat secara umum yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke kelas internasional tersebut adalah sebagai berikut:

  • Calon mahasiswa merupakan lulusan dari sekolah menengah atas atau sederajat dengan maksimal masa aktif ijazah 3 tahun setelah kelulusan.
  • Berusia maksimal 22 tahun pada saat proses pendaftaran kelas internasional ITB.
  • Memiliki bukti kemampuan berbahasa Inggris menggunakan dokumen resmi. Adapun kemampuan berbahasa Inggris dinilai dengan dokumen TOEFL berbasis internet atau IBT dengan skor minimal 61 atau IELTS dengan skor minimal 5,5.
  • Menunjukkan nilai potensi akademik yang tinggi di mana diukur dengan skor dalam beberapa tes, seperti 1) skor tes umum SAT, dan 2) skor tes kualifikasi akademik dari ITB yang dilakukan jika calon mahasiswa tidak mengikuti SAT.
  • Menunjukkan nilai akademik yang baik sebagaimana ditunjukkan dengan dokumen atau rapor selama masa studi sekolah menengah pertama.
  • Tidak memiliki masalah buta warna, baik sebagian ataupun total, terutama untuk beberapa program studi tertentu, seperti Sains dan Teknologi Farmasi, Farmasi Klinis dan Komunitas serta Teknik Kimia.

Dari beberapa penjelasan di atas bisa dilihat jika ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar untuk bisa masuk dan diterima di kelas internasional ITB. Tentu saja, setiap syarat tersebut harus dipenuhi dengan baik.

Sebagai informasi tambahan, dikarenakan kelas internasional ITB menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, maka bahasa yang sama akan diterapkan untuk soal internasional ITB. Dalam hal ini, seluruh soal yang digunakan selama proses seleksi masuk mahasiswa kelas internasional di ITB akan menggunakan soal berbahasa Inggris.

Selain itu, setiap pendaftar atau calon mahasiswa harus mengetahui tentang tes AQ ITB atau yang setara dengan tes kualifikasi akademik internasional untuk masuk dan mendapatkan gelar sarjana di kelas internasional ITB. Sebagaimana disinggung di awal bahwa mereka yang sudah mengikuti SAT maka tidak perlu untuk mengikuti tes ini.

Namun, pada dasarnya, tes AQ ITB adalah tes awal yang akan dihadapi oleh calon mahasiswa kelas internasional ITB untuk seleksi masuk. Jika mereka gagal dalam tes ini, maka secara otomatis mereka akan gugur dan pulang dengan tangan hampa.

Dalam hal ini, tes AQ ITB adalah tes yang akan digunakan untuk mengukur kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif serta kemampuan penalaran dari calon mahasiswa. Adapun penjabaran mengenai ketiga tes tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tes verbal merupakan tes yang akan memadukan kemampuan individu untuk menyelesaikan beragam masalah terkait kata dan bahasa
  • Tes kuantitatif akan mengukur pemahaman individu terkait beragam jenis konsep matematika dan juga menerapkan angka-angka logika guna menyelesaikan masalah
  • Tes penalaran akan mengukur kemampuan individu untuk memilih serta mengatur informasi yang relevan dan tepat terkait pemecahan dari suatu masalah.

Dilihat dari detail tes, bisa dilihat bahwa tes AQ ITB ini cukup kompleks. Biasanya, untuk seleksi kelas internasional ITB, tes ini akan diselenggarakan dengan format CAT atau Computer Assisted Test dan setiap calon mahasiswa akan diberikan waktu 150 menit untuk mengerjakan semua soal yang telah disiapkan dalam bahasa Inggris.

Selanjutnya :  Biaya dan Pembayaran Kelas Internasional ITB

2 thoughts on “Persyaratan Umum Kelas Internasional ITB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *