Biaya dan Pembayaran Kelas Internasional ITB

Hal lain yang penting untuk diketahui perihal kelas internasional ITB adalah biaya kuliah program internasional ITB. Sebagaimana telah disinggung di awal bahwa secara umum, biaya yang perlu dikeluarkan untuk kelas internasional akan lebih mahal dibandingkan dengan kelas regular yang disediakan oleh ITB.

Tentu, besaran biaya kelas internasional ITB yang lebih tinggi tersebut masuk akal karena dalam praktiknya, kelas internasional akan memberikan pelayanan yang berbeda dengan kelas regular. Selain itu, para mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri menuju ke universitas mitra yang telah ditetapkan sejak awal.

Lantas, bagaimana dengan rincian dari besaran biaya untuk masuk dan bergabung dengan kelas internasional ITB tersebut? Dalam hal ini, ada beberapa rincian pembiayaan yang harus dipahami oleh para calon mahasiswa. Adapun rincian pembiayaan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Biaya pendaftaran program kelas internasional ITB adalah Rp 1.000.000 dan tidak termasuk biaya transfer antar bank. Biaya tersebut dibebankan untuk setiap pengajuan kepada pihak ITB sebagai penyelenggara.
  • Biaya penyelenggaraan tes AQ ITB adalah sekitar Rp 1.250.000. Biaya ini tidak termasuk untuk biaya transfer antar bank dan biaya dihitung setiap satu pengajuan.
  • Biaya pendidikan untuk perkuliahan. Biaya ini mencakup beberapa hal yang harus dipenuhi selama proses perkuliahan berlangsung. Dalam hal ini, ada pembedaan mengenai rincian biaya pendidikan selama perkuliahan tersebut, seperti:
  • Biaya perkuliahan untuk mahasiswa yang merupakan warga negara Indonesia yang mengambil jurusan di luar program manajemen adalah Rp 30.000.000 per semester belum termasuk biaya transfer bank. Untuk mahasiswa yang mengambil program studi manajemen, besaran biaya per semester adalah Rp 40.000.000 tidak termasuk biaya transfer bank.
  • Biaya perkuliahan untuk mahasiswa yang merupakan warga negara asing adalah Rp 22.500.000 untuk bayaran pendaftaran mahasiswa baru dan tidak termasuk biaya transfer antar bank. Untuk biaya kuliah per semester, besaran biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 42.000.000 untuk program studi non-manajemen dan Rp 46.500.000 untuk program studi manajemen belum termasuk biaya transfer bank.

Besaran biaya tersebut harus diperhatikan dengan saksama. Jika dilihat dari besaran biaya tersebut, tergambar dengan cukup jelas bahwa memang biaya kuliah kelas internasional ITB lebih mahal dibandingkan kelas regular. Hanya saja, biaya ini sebanding dengan fasilitas yang akan didapatkan oleh setiap mahasiswa yang mengambil kelas tersebut.

Hal lain terkait pembayaran kelas internasional ITB untuk diketahui adalah bahwa biaya pendidikan tersebut tidak mencakup beberapa hal, seperti:

  • Biaya program kemitraan dengan universitas luar negeri. Hal ini dikarenakan biaya tersebut akan dipaparkan lebih lanjut secara terpisah. Selain itu, besaran biaya kemitraan juga berbeda-beda tergantung dari jenis program akademik yang diambil dan juga biaya hidup di universitas kemitraan tersebut.
  • Biaya hidup dan akomodasi yang dibutuhkan selama proses perkuliahan di kelas internasional ITB.
  • Biaya buku pelajaran yang diperlukan selama proses perkuliahan berlangsung dan biaya pendidikan lainnya.
  • Biaya kebutuhan pribadi yang dibutuhkan selama perkuliahan baik kebutuhan pribadi di ITB dan juga kebutuhan pribadi di universitas kemitraan.

Selain itu, masih terkait pembayaran mengenai kelas internasional ITB, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dengan baik. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Secara kelembagaan, ITB tidak akan menyediakan dukungan finansial kepada para peserta kelas internasional ITB seperti beasiswa, pembebasan biaya perkuliahan atau pengabaian biaya perkuliahan khusus untuk kelas internasional.
  • Pembayaran untuk pendaftaran dan tes harus dilakukan selama masa pendaftaran yang telah ditetapkan. Tidak ada kompensasi mengenai keterlambatan pembayaran.
  • Biaya perkuliahan pertama harus dibayarkan setelah calon mahasiswa diterima secara resmi menjadi bagian dari kelas internasional ITB.
  • ITB tidak akan mengembalikan biaya pembayaran yang sudah dibayarkan, terutama untuk pendaftaran dan keikutsertaan tes.
  • Prosedur pembayaran akan diperbarui dan bisa dilihat di website resmi ITB.

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kelas Internasional ITB

Hal lain yang cukup penting untuk disimak mengenai pendaftaran kelas internasional ITB adalah jadwal dari pendaftaran mahasiswa baru. Setiap tahun, pihak ITB akan membuka kelas internasional yang bisa diikuti. Oleh karena itu, bagi para lulusan sekolah menengah atas yang hendak mendaftar, jadwal pendaftaran mahasiswa baru menjadi penting untuk diketahui.

Selain itu, perlu diketahui bahwa masa pendaftaran kelas internasional ITB ini berbeda dengan jalur regular yang biasanya dibuka secara serentak di banyak universitas di Indonesia. Khusus untuk kelas internasional ini, ITB memberikan jadwal yang berbeda dan dibuka sesuai dengan kebijakan kampus.

Untuk tahun 2019 ini, bagi lulusan sekolah menengah pertama yang hendak mendaftar bisa mengikuti program pendaftaran gelombang kedua. Adapun rincian masa pendaftaran kelas internasional ITB gelombang kedua adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran secara online: 24 April hingga 24 Juni 2019
  • Masa pendaftaran terakhir: 24 Juni 2019
  • Pendaftaran tes AQ ITB periode tes bulan Mei: 24 April hingga 16 Mei 2019
  • Pelaksanaan tes AQ ITB Mei: 23 Mei 2019
  • Pendaftaran tes AQ ITB periode tes bulan Juni: 24 Mei hingga 24 Juni 2019
  • Pelaksanaan tes AQ ITB Juni: 29 Juni 2019
  • Pengumuman hasil seleksi: 11 Juni 2019
  • Batas waktu untuk konfirmasi pembayaran: 31 Juli 2019.

Demikian beberapa ulasan terkait kelas internasional ITB. Tentu, bergabung dengan kelas internasional akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa. Selain sistem perkuliahan yang berbeda, kesempatan untuk merasakan kuliah di universitas kemitraan di luar negeri akan lebih mudah untuk didapatkan. Cek informasi lebih lanjut dan pilih program studi sesuai minat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *