sifat yang dibutuhkan calon dokter

6 Sifat yang Dibutuhkan Calon Dokter

Sifat yang Dibutuhkan Calon Dokter – Untuk menjadi seorang dokter, bukan saja hanya membutuhkan kemampuan akademik yang mumpuni. Karena ada beberapa hal lain yang wajib sekali dimiliki oleh seorang dokter, mengingat tugas dan tanggung jawabnya sangat berat. Maka dari itu seleksi masuknya pun sudah dibuat sangat ketat untuk bisa menghasilkan calon-calon dokter yang kompeten. Kira-kira sifat apa saya yang harus dimiliki calon dokter?

Sifat yang Dibutuhkan Calon Dokter dalam Menghadapi Pasien

Tugas dokter adalah berhadapan langsung dengan pasien yang membutuhkan tindakan medis. Maka dari itu dokter harus memiliki perbekalan berupa sifat-sifat berikut:

1.    Inisiatif

Sifat yang pertama adalah inisiatif, dimana sifat ini memegang peranan penting dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan optimal. Dokter yang memiliki sifat inisiatif akan lebih memungkinkan untuk menyelamatkan nyawa, meningkatkan kualitas perawatan pasien, dan juga membangun kepercayaan pasien. Namun dokter juga harus berhati-hati karena memegang tanggung jawab yang besar dalam mengambil keputusan dalam tindakan medis.

2.    Fleksibel dan Adaptif

Kedua, dokter juga harus fleksibel dan adaptif karena dunia medis selalu berkembang dengan penemuna-penemuan baru yang menggunakan perkembangan teknologi. Selain itu, setiap pasien memiliki kondisi dan respons yang berbeda-beda, yang membuat dokter harus mampu beradaptasi dengan berbagai tantangan dan perubahan yang mungkin terjadi dalam praktik medis sehari-harinya.

Baca juga: Bukan Kaleng-Kaleng! Ini Daftar 7 Universitas yang Punya Rumah Sakit Sendiri

3.    Cekatan dan Teliti

Seorang dokter juga harus memiliki sifat cekatan dalam bertindak namun juga harus mengutamakan ketelitian. Dokter harus bisa berpikir secara cepat untuk bisa menangani kondisi pasien yang butuh tindakan darurat.

Demikian pula jika sedang mendiagnosis penyakit pasien, dokter harus bisa cermat dan teliti supaya tidak salah mendiagnosis karena jika terjadi kesalahan, penanganannya juga pasti akan berbeda. Saat pemberian resep obat juga harus sangat teliti supaya takarannya pas dan tidak memberikan efek samping yang bisa membahayakan pasien.

4.    Berempati dan Terbuka

Dokter juga harus bisa memahami sudut pandang pasien dan keluarganya. Namun menjadi seorang dokter juga harus terbuka supaya pasien dan keluarga bisa mengetahui kondisi kesehatan mereka. Dokter harus bisa menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami pasien serta juga harus bisa menenangkan pasien dengan memberikan beberapa rencana pemeriksaan dan pilihan terapi yang akan diberikan.

Penting untuk melibatkan pasien dalam menentukan rencana pemeriksaan supaya bisa berkomitmen dan membuahkan peluang keberhasilan yang lebih besar.

5.    Sabar

Kesabaran juga harus melekat pada kepribadian dokter, karena dokter akan sering diharapkan dengan berbagai situasi yang sulit, contohnya pasien yang stress, bingung, takut, sampai yang merasa putus asa. Selain diharuskan memiliki kesabaran, dokter juga harus bisa menguatkan pasien dan memotivasi mereka untuk tetap mau berjuang.

6.    Proaktif dan Bertanggung Jawab

Sifat proaktif akan membuat seorang dokter berpikir dulu sebelum bertindak. Jadi tidak akan asal bergerak atau ceroboh tanpa dasar yang pasti. Tentu saja sifat ini sangat penting dalam diri seorang dokter.

Proaktifnya seorang dokter bisa dengan cara memberikan beberapa alternatif pilihan tindakan, supaya membantu pasien untuk bisa memutuskan sendiri mana yang mereka mau. Namun dokter juga akan bertanggung jawab secara penuh jika terjadi kendala jika terjadi hal-hal yang di luar perkiraan.

Demikianlah informasi mengenai 6 sifat yang dibutuhkan calon dokter. Nah untuk kamu yang merupakan calon mahasiswa kedokteran maupun calon dokter, apakah sudah punya 6 sifat tersebut?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “6 Sifat yang Dibutuhkan Calon Dokter

  1. Ping-balik: Macam-Macam Spesialis Dokter Gigi, Ada Banyak Macamnya! - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *