universitas yang punya rumah sakit

Bukan Kaleng-Kaleng! Ini Daftar 7 Universitas yang Punya Rumah Sakit Sendiri

Universitas yang Punya Rumah Sakit – Berbagai perguruan tinggi besar yang menyediakan pendidikan kedokteran unggul rata-rata akan menyediakan fasilitas penunjang seperti rumah sakit. Selain bertujuan untuk pengabdian kepada masyarakat, dengan adanya rumah sakit ini juga bisa menjadi tempat praktik dan penelitian bagi mahasiswa-mahasiswa kedokteran dan keperawatan. Kira-kira kampus mana saja yang punya rumah sakit sendiri?

Universitas yang Punya Rumah Sakit Sendiri

Tidak semua kampus bisa mendirikan Rumah Sakit sendiri, karena akan membutuhkan perizinan resmi mengingat rumah sakit akan menjadi fasilitas kesehatan yang harus mempertanggung jawabkan keselamatan pasiennya. Berikut beberapa kampus PTN yang berhasil memiliki rumah sakit sendiri:

1.    Universitas Indonesia

Universitas Indonesia yang merupakan PTN unggulan, berhasil mendirikan RS-PTN pertama yang mengusung konsep hijau yang ramah lingkungan dan mengutamakan kesehatan dan keselamatan pasien.

Memiliki Rumah Sakit bernama Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dengan 300 beds rawat inap, ruang observasi bagi mahasiswa kedokteran, dan infrastruktur teknologi yang mendukung pembelajaran medis. Layanan yang tersedia antara lain farmasi, hemodialisis, laboratorium, gawat darurat, medical check up, radiologi dan perawatan intensif.

Baca juga: Syarat-Syarat Masuk Kedokteran Ini Wajib Kamu Perhatikan!

2.    Universitas Airlangga

Unair juga memiliki Rumah Sakit sendiri bernama Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) yang fasilitasnya di antaranya adalah instalasi gawat darurat, instalasi rawat jalan, farmasi 24 jam, IGD 24 jam, gizi klinik, kedokteran fisik dan rehabilitasi, laboratorium, medical check up, radiologi, sampai dengan rekam medis dan informasi kesehatan.

Kabar terbarunya, RSUA sudah menyediakan Airlangga Aesthetic Center (ACC) yang menangani pelayanan Indonesian Varises, Skin and Fasical Aesthetic, Stem Cell Anti Aging, dan Dental Aesthetic.

3.    Universitas Gadjah Mada

Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada (RS UGM) merupakan fasilitas kesehatan yang disediakan oleh UGM yang memiliki layanan laboratorium, bedah, rehabilitasi medis, kesehatan umum, radiologi dan imaging, layanan darurat dan diagnostik. Untuk fasilitas-fasilitasnya antara lain ada MCT-SCAN 128 Slices, EEG, BMD, USG 4D, X-Ray Mobile Unit, dan fasilitas medis canggih lainnya.

4.    Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin memiliki RS bernama Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (RS Unhas) yang menjadi salah satu rumah sakit pendidikan di wilayah Indonesia timur. RS Unhas ini juga sudah dilengkapi plasmapharesis. Alat yang dibutuhkan dalam perawatan berbagai jenis penyakit neurologis di kawasan tersebut baru tersedia di RS Unhas ini.

5.    Universitas Negeri Sebelas Maret

RS Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah rumah sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran dan/atau kedokteran gigi, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi.

6.    Universitas Diponegoro

Undip yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah ini memiliki fasilitas kesehatan berupa Rumah Sakit bernama Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND). Rumah Sakit ini tipe C dan terakreditasi LARS DHP, namun karena fasilitasnya yang sangat lengkap dengan peralatan canggih sudah terasa seperti tipe B.

Untuk pelayanannya mulai dari gawat darurat, rawat inap, ICU, klinik rawat jalan, apotek, radiologi, laboratorium, rehabilitasi medik, kateterisasi jantung, cuci darah dan juga Ambulans 24 Jam.

7.    Universitas Andalas

Universitas Andalas menjadi perguruan tinggi terkemuka di pulau Sumatera, dan menyediakan rumah sakit bernama RS Unand. RS ini menyediakan 200 beds serta memberikan pelayanan mulai dari: Instalasi Rehabilitasi Medik, Pelayanan Hemodialisis (Cuci Darah), Instalasi Rawat Inap, ICU, NICU, Instalasi Bedah Sentral, Intalasi PONEK, Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Radioterapi, Instalasi Diagnostik Terpadu, dan Instalasi Rawat Jalan.

Jadi demikianlah 7 universitas yang punya Rumah Sakit sendiri. Rumah sakit itu selain menjadi usaha untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat juga bisa digunakan untuk melakukan penelitian dengan kepentingan pendidikan. Bagaimana, ada kampus idamanmu?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Bukan Kaleng-Kaleng! Ini Daftar 7 Universitas yang Punya Rumah Sakit Sendiri

  1. Ping-balik: 6 Sifat yang Dibutuhkan Calon Dokter - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *