Macam-Macam Spesialis Dokter Gigi

Macam-Macam Spesialis Dokter Gigi, Ada Banyak Macamnya!

Macam-Macam Spesialis Dokter Gigi – Profesi dokter gigi secara umum mungkin hanya diketahui berperan dalam menangani masalah gigi saja. Padahal pembagiannya ternyata masih ada banyak sekali, dan masing-masing menjadi bidang spesialisasi dalam kedokteran gigi. Memangnya masalah dalam mulut bisa sekompleks itu? Nah, dari pembahasan macam-macam spesialis dokter gigi ini mungkin nanti kamu baru bisa menyimpulkan.

Macam-Macam Spesialis Dokter Gigi

Setidaknya ada 8 pembagian spesialis dokter gigi yang akan kita bahas kali ini. Ada apa saja ya?

1.    Spesialis Bedah Mulut (SpBM)

Dokter bedah mulut adalah dokter gigi yang memiliki spesialisasi dalam operasi di area mulut, wajah, dan rahang. Mereka menempuh pendidikan selama 10 semester (sekitar 5 tahun) untuk mempelajari prosedur bedah di bagian maksilofasial (tulang rahang, leher, dan wajah).

Baca juga: 6 Sifat yang Dibutuhkan Calon Dokter

Dokter bedah mulut menangani berbagai tindakan medis, di antaranya:

  • Pencabutan gigi dengan komplikasi
  • Operasi gigi bungsu dengan bius total
  • Penanganan tumor di area mulut, wajah, dan rahang
  • Operasi celah bibir
  • Perbaikan tulang rahang akibat kecelakaan

Dokter bedah mulut memiliki pengetahuan luas tentang kedokteran gigi dan obat-obatan. Hal ini memungkinkan mereka untuk menangani kasus bedah rumit dan memberikan perawatan komprehensif bagi pasien dengan masalah mulut dan wajah.

2.    Spesialis Kedokteran Gigi Anak (SpKGA)

Dokter gigi anak adalah dokter gigi yang fokus pada perawatan gigi dan mulut anak-anak. Mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus untuk menangani kebutuhan gigi anak yang berbeda dari orang dewasa. Gigi anak memiliki jumlah dan sifat yang berbeda dari gigi permanen. Gigi anak lebih kecil dan rapuh, dan mereka lebih rentan terhadap masalah seperti gigi berlubang dan maloklusi (gigi tidak rata).

Dokter gigi anak juga mempelajari psikologi anak dan bagaimana cara menghadapi mereka ketika pemeriksaan berlangsung. Anak-anak mungkin merasa cemas atau takut saat berada di dokter gigi, sehingga dokter gigi anak harus mampu membuat mereka merasa nyaman dan aman.

Dokter gigi anak menawarkan berbagai perawatan, termasuk:

  • Pemeriksaan gigi dan mulut
  • Pembersihan gigi
  • Penambalan gigi
  • Pencabutan gigi
  • Perawatan ortodonti (behel gigi)
  • Pencegahan gigi berlubang

3.    Spesialis Konservasi Gigi (SpKG)

Spesialis konservasi gigi biasanya menjadi dokter rujukan yang perlu kamu datangi jika terjadi masalah yang sudah cukup serius di gigi. Dokter spesialis ini akan mengatasi perawatan saluran akar gigi (saraf gigi) yang tujuannya adalah untuk menyelamatkan gigi yang seharusnya dicabut.

Spesialis ini juga memiliki keahlian dalam pemasangan mahkota gigi dan melakukan perawatan gigi untuk tujuan estetika atau peningkatan penampilan. Contohnya seperti pemutihan gigi atau veneer, bisa juga melakukan bedah endodontik.

4.    Spesialis Penyakit Mulut (SpPM)

Dokter spesialis penyakit mulut adalah ahli dalam menangani masalah jaringan lunak pada mulut, termasuk sariawan, infeksi, dan tumor. Mereka juga menangani komplikasi dari kebiasaan buruk atau penyakit lain yang berakibat pada masalah kesehatan di mulut.

Dokter spesialis penyakit mulut memiliki keahlian dalam mendiagnosis dan menangani berbagai penyakit mulut, seperti:

  • Infeksi gigi dan mulut, termasuk kandidiasis dan infeksi bakteri
  • Gangguan kelenjar ludah
  • Kanker lidah dan kanker mulut

Dokter spesialis penyakit mulut dapat memberikan obat untuk mengatasi berbagai penyakit tersebut tanpa perlu melakukan operasi.

5.    Spesialis Ortodonti (SpOrt)

Dokter spesialis ortodonti adalah dokter gigi yang paling familiar di masyarakat karena mereka menangani perawatan gigi kawat, aligner, dan behel lepas pasang.

Perawatan tersebut merupakan bagian dari spesialisasi ortodonti, karena merupakan masalah kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi. Dokter spesialis ortodonti memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus untuk merapikan gigi yang tidak teratur, memperbaiki susunan gigi yang tidak normal, dan meningkatkan estetika wajah.

6.    Spesialis Periodonsia (SpPerio)

Dokter spesialis periodonsia adalah ahli dalam menangani masalah jaringan pendukung gigi, yaitu gusi dan tulang rahang. Mereka mengatasi sejumlah masalah seperti pembengkakan gusi, penurunan gusi, gigi yang goyah, pendarahan gusi, dan pemasangan implan gigi. Dokter spesialis periodonsia memiliki keahlian dalam:

  • Mendiagnosis dan mengobati penyakit pada jaringan gusi dan struktur pendukung gigi
  • Mencegah penyakit periodontal
  • Mengatasi gingivitis (radang gusi)
  • Mengatasi periodontitis dengan komplikasi berat
  • Scaling dan root planing untuk membersihkan gigi dan akar gigi dari plak dan karang gigi
  • Operasi gusi untuk mengangkat jaringan gusi yang sakit
  • Pemasangan implan gigi

7.    Spesialis Prostodonsia (SpPros)

Berikutnya, dokter Prostodonsia akan berfokus pada penggantian gigi yang hilang atau pembuatan gigi tiruan. Terkadang, mereka juga menangani permasalahan estetika gigi, seperti pemasangan implan atau veneer. Tidak banyak yang mengetahui bahwa dokter gigi spesialis ini juga dapat menangani kelainan pada sendi rahang. Orang yang mengalami kondisi ini biasanya mengeluhkan rasa sakit saat membuka atau menutup mulut, dan seringkali mendengar suara ‘klik’ di sekitar rahang.

8.    Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (SpRKG)

Dokter spesialis ini ahli dalam menganalisis hasil radiologi gigi dan mulut untuk mendeteksi masalah struktural. Mereka berkolaborasi dengan dokter gigi lain dalam mendiagnosis, mengobati, dan mencegah kekambuhan penyakit.

Misalnya, jika seorang dokter gigi umum mencurigai tumor, pasien dirujuk ke spesialis penyakit mulut untuk pemeriksaan lanjutan. Jika operasi diperlukan, pasien akan dirujuk ke spesialis bedah mulut yang bertanggung jawab atas prosedur operasi dan perawatan selanjutnya.

Jadi dari penjelasan macam-macam spesialis dokter gigi ini, sudah paham kan kalau masalah gigi bisa sekompleks itu. Apakah kamu tertarik untuk menekuni salah satunya?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Macam-Macam Spesialis Dokter Gigi, Ada Banyak Macamnya!

  1. Ping-balik: Tidak Cuma Merawat Pasien! Ini Jenis-Jenis Tugas Kuliah Kedokteran - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *