jurusan gizi

9 Prospek Kerja Jurusan Gizi yang Banyak Dibutuhkan di Indonesia

Prospek kerja jurusan gizi – Saat ini, jurusan gizi menjadi salah satu jurusan favorit di bidang kesehatan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia. Di jurusan gizi, mahasiswa akan belajar segala hal yang berkaitan dengan makanan sejak masuk ke mulut hingga bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Selain karena ilmunya yang menarik, lulusan jurusan gizi juga banyak dibutuhkan di dunia kerja, loh! 

Mahasiswa jurusan gizi akan menemukan berbagai mata kuliah seperti biokimia gizi, metabolisme zat gizi, evaluasi gizi, gizi kuliner, imunologi gizi, dietetika penyakit degeneratif, dan masih banyak lagi. Setelah lulus, mahasiswa jurusan gizi akan mendapatkan gelar Sarjana Gizi (S.Gz.) dan bisa bekerja di berbagai bidang yang membutuhkan ilmu gizi. 

Buat kamu yang penasaran, berikut beberapa prospek kerja jurusan gizi yang bisa dipilih setelah lulus nantinya. Yuk, simak!

Prospek kerja jurusan gizi

prospek kerja jurusan gizi
prospek kerja jurusan gizi

1. Ahli gizi di Rumah Sakit

Sarjana gizi banyak dibutuhkan di layanan kesehatan seperti Rumah Sakit, Klinik, atau Puskesmas untuk menjadi ahli gizi yang mengatur menu makanan bagi pasien. Pasien yang sedang dirawat memerlukan asupan makanan yang tak jarang berbeda kebutuhannya untuk setiap pasien. Kebutuhan ini juga akan disesuaikan dengan variasi menu yang akan disiapkan oleh ahli gizi. Ahli gizi juga akan memberikan konseling gizi bagi pasien dan keluarga yang dibutuhkan dalam masa pemulihan di rumah hingga keseharian setelahnya. 

2. Konsultan gizi

Ilmu gizi juga dibutuhkan bagi orang-orang yang ingin memperbaiki kondisi tubuh, menambah massa otot, menurunkan berat badan, ataupun mengikuti diet tertentu. Biasanya konsultan gizi juga memberikan konsultasinya di pusat kebugaran untuk menyesuaikan kebutuhan gizi dengan kegiatan kebugaran yang diikuti. Tentunya kebutuhan gizi dan kemampuan tubuh setiap orang akan berbeda, dan di sinilah konsultan gizi dapat membantu para kliennya. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Universitas Jurusan Gizi Terbaik di Indonesia

3. Bekerja di industri pangan

Pernahkah kamu memperhatikan nutrition fact yang biasanya ada di balik kemasan makanan atau minuman? Ahli gizi adalah orang yang turut memperhitungkan hal tersebut di sebuah industri pangan. Peran ahli gizi di industri pangan juga berkaitan dengan quality control untuk memastikan keamanan dan kualitas gizi dari makanan atau minuman yang diproduksi. Apakah kamu tertarik untuk bekerja di industri pangan seperti ini?

4. Wirausaha atau entrepreneur

Peluang kerja bagi seorang lulusan gizi juga terbuka lebar untuk menjadi seorang pengusaha atau entrpreneur di bidang kuliner. Kamu bisa membuka bisnis makanan, seperti catering hingga membuka restoran. Dengan ilmu gizi yang kamu dalami, kamu bisa memperhatikan aspek gizi di setiap hidangan yang akan menjadi nilai tambah dari makanan yang dijual. Menarik, bukan?

5. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Lulusan jurusan gizi juga bisa bekerja di lingkungan pemerintahan sebagai ASN atau PNS di berbagai instansi, loh! Beberapa instansi seperti BPOM hingga DInas Kesehatan biasanya banyak membuka formasi bagi jurusan gizi. Sebagai contoh, seorang ahli gizi di BPOM akan dibutuhkan untuk menguji dan menentukan produk-produk obat dan makanan yang bisa mendapatkan izin sesuai standar BPOM. 

6. Bekerja di hotel dan restoran

Selama kuliah di jurusan gizi, mahasiswa juga akan banyak praktik dalam memasak. Keahlian dalam memasak yang dipadukan dengan ilmu gizi tentunya akan sangat berguna di bisnis food and beverages (FnB), seperti di hotel dan restoran. Lulusan ilmu gizi bisa bekerja menjadi kru restoran yang membantu memantau komposisi dan keseimbangan gizi di sebuah makanan. 

7. Peneliti

Jika kamu tertarik mengulik seputar gizi di laboratorium dibandingkan dengan dapur, barangkali peneliti adalah profesi yang cocok untukmu. Seorang peneliti di bidang gizi akan banyak mempelajari dan meneliti tentang bahan makanan hingga aspek kesehatan pada tubuh untuk perkembangan ilmu gizi di masa depan. 

8. Tenaga akademisi

Selain bekerja langsung dengan bahan pangan, kamu juga bisa tetap bekerja di bidang gizi dengan menjadi seorang akademisi, seperti dosen atau guru. Untuk bisa menjadi dosen, tentunya kamu perlu menempuh studi lanjutan di tingkat S2 bahkan S3 sebelumnya. Kamu juga bisa bekerja menjadi guru, terutama di SMK dengan jurusan tata boga. Apakah kamu tertarik untuk mengajar?

9. Kreator konten

Satu lagi profesi yang bisa kamu tekuni dengan ilmu gizi yang kamu miliki adalah dengan menjadi kreator konten (Content creator). Di era digital dan berkembangnya sosial media seperti sekarang, kamu bisa membuat beragam jenis dan topik konten salah satunya di bidang gizi. Terlebih lagi, saat ini makin banyak orang yang aware terkait pentingnya gizi di kehidupan sehari-hari. 

Dengan berbagai piilihan dan prospek kerja jurusan gizi di atas, tak heran jurusan satu ini selalu tinggi peminat setiap tahunnya, ya. Apakah kamu juga termasuk salah satu orang yang berminat untuk mendalami ilmu gizi?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *