Fakultas Kedokteran ULM

Mengenal Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Fakultas Kedokteran ULM – Tidak hanya di pulau Jawa, Fakultas Kedokteran unggulan juga bisa kamu jumpai di tanah Borneo atau Kalimantan. Bertempat di Kalimantan Selatan, Universitas Lambung Mangkurat juga menawarkan pendidikan kedokteran yang sudah terakreditasi Unggul oleh LAM-PTKes. Kampus satu ini bisa jadi pilihan untuk para calon mahasiswa yang bermimpi menjadi dokter!

Agar semakin mengenal FK Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), pastikan kamu tidak melewatkan informasi yang ada di artikel berikut, ya!

Sejarah FK ULM

Mahasiswa FK ULM
Mahasiswa FK ULM

Pendirian Fakultas Kedokteran ULM sudah tercetus sejak tahun 1966 dengan pembentukan Panitia Persiapan dan Pembukaan Perguruan Tinggi Kedokteran Kalsel yang dilebur ke dalam Universitas Ahmad Yani di bawah pembinaan Kodam X Lambung Mangkurat. Namun, Fakultas Kedokteran ini akhirnya terhenti, hingga akhirnya pada tahun 1898 kembali dibentuk program studi kedokteran di Universitas Lambung Mangkurat. 

Hingga akhirmya, pada 21 Oktober 1993 prodi kedokteran Unlam ditingkatkan menjadi Fakultas Kedokteran Unlam. Seiring berjalannya waktu, FK Unlam juga membuka prodi sarjana Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, dan Psikologi dan saat ini tercatat memiliki 11 program studi dengan berbagai jenjang. FK ULM kini juga menjadi rujukan dan tujuan favorit untuk menempuh studi di bidang kesehatan di daerah Kalimantan. 

Baca juga: 6 Jalur Masuk PTN 2024 yang Harus Kamu Tau!

Untuk program studi kedokteran sendiri, FK ULM juga sudah bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pendidikan Ulin Banjarmasin untuk praktik langsung mahasiswanya. Kurikulum yang digunakan juga menggunakan strategi SPICES (student-centered, problem-based, integrated, community-oriented, elective, and systematic learning) dengan kurikulum full-block. Pendidikan dokter di ULM berlangsung selama 5,5 tahun yang terdiri dari 7 semester (3,5 tahun) program sarjana dan 4 semester (2 tahun) program profesi/co-ass di Rumah Sakit. 

Alamat FK ULM

Jl. Veteran Sungai Bilu No. 128, Melayu, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70122

Visi, Misi, dan Tujuan FK ULM

Visi

“Menjadi Fakultas yang terkemuka dan berdaya saing dalam bidang kesehatan terutama di lingkungan lahan basah”

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, FK ULM mengemban misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam menghasilkan lulusan yang terkemuka dan berdaya saing dalam bidang kesehatan, terutama di lingkungan lahan basah
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan IPTEK dalam bidang kesehatan terutama di lingkungan lahan basah
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan IPTEK dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama di lingkungan lahan basah
  4. Memantapkan tata kelola yang transparan dan akuntabel

Tujuan

Keberadaan Fakultas Kedokteran ULM memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Terwujudnya pendidikan dalam mneghasilkan lulusan yang terkemuka dan berdaya saing dalam bidang kesehatan, terutama di lingkungan basah
  2. Terwujudnya penelitian yang menghasilkan IPTEK dalam bidang kesehatan terutama di lingkungan lahan basah
  3. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan IPTEK dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyrakat terutama di lingkungan lahan basah
  4. Terwujudnya tata keola yang transparan dan akuntabel

Program studi Fakultas Kedokteran ULM

Saat ini, Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat memiliki beragam pilihan program studi, antara lain:

  1. Sarjana Kedokteran
  2. Sarjana Kesehatan Masyarakat
  3. Sarjana Keperawatan
  4. Sarjana Psikologi
  5. Magister Kesehatan Masyarakat
  6. Pendidikan Profesi Dokter
  7. Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi
  8. Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
  9. Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Bedah
  10. Pendidikan Dokter Spesialis Anestesiologi
  11. Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Anak

Nah, itu dia informasi seputar Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat yang perlu untuk kamu ketahui. Jika tertarik kuliah kedokteran di kampus ini, jangan lupa persiapkan dirimu sebaik-baiknya untuk seleksi PTN di tahun depan, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *