apa itu onkologi

Apa Itu Onkologi? Ini Definisi, Jenis-Jenis, dan Perannya

Apa Itu Onkologi – Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Bahkan di Indonesia ini, kanker payudara menjadi jenis kanker yang paling banyak memakan korban jiwa. Nah dalam konteks ini, Onkolog dibutuhkan. Apakah sudah mulai tergambar apa itu onkologi? Kalau belum, kamu bisa simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Mengenal Apa itu Onkologi

Sesuai gambaran tadi, onkologi adalah semacam ilmu kedokteran yang mempelajari proses terjadinya kanker. Sedangkan untuk Onkolog sendiri, adalah sebutan bagi dokter spesialis kanker, atau tenaga medis yang mendalami ilmu kanker. Untuk subspesialisasinya ada radiasi, ginekologi, bedah, hematologi, medis dan ada juga khusus anak.

Jadi jika kamu merasakan mengalami gejala-gejala seperti adanya benjolan, penurunan berat badan drastis di waktu yang singkat tanpa disengaja, sering mengalami mimisan, dan juga gejala lainnya, kamu bisa mencoba menemui dokter spesialis Onkologi di rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Ragam Hal Seputar Dokter Spesialis Anak yang Perlu Kamu Tahu

Jenis-jenis Subspesialisasi Onkologi

Onkologi terbagi menjadi 6 jenis subspesialisasi mulai dari radiasi, ginekologi, bedah, hematologi, medis dan juga pediatri (khusus anak). Berikut ini penjelasan singkatnya:

1.    Onkologi Radiasi

Onkolog radiasi akan berperan membantu perawatan radiasi bagi pasien kanker yang menjalani perawatan pengobatan kanker. Dokter akan menggunakan sinar-X untuk membunuh sel kanker dan mencegah kambuhnya penyakit kanker.

2.    Onkologi Ginekologi

Selanjutnya subspesialisasi ginekologi berfokus dalam kanker yang menyerang wanita, seperti kanker rahim, serviks, kanker ovarium, vagina dan vulva. Secara khususnya semua itu masuk dalam organ reproduksi wanita. Namun selain kanker, dokter spesialis ginekologi juga biasa menangani penyakit endometriosis dan tumor fibroid.

3.    Onkologi Bedah

Ketika dokter menyatakan bahwa untuk pengobatannya memerlukan pembedahan, maka spesialis bedah diperlukan untuk menanganinya. Dokter akan melakukan tindakan operasi untuk pengangkatan tumor atau kanker di dalam tubuh pasiennya. Biasanya untuk tindakan awal, dokter melakukan biopsi dengan mengambik sebagian kecil jaringannya untuk diperiksa secara lebih lanjut.

4.    Onkologi Hematologi

Subspesialis ini khusus mengobati pasien dengan penyakit kanker darah. Jadi dokter hematologi sudah terlatih dalam melakukan penanganan dalam sistem darah, sistem limfatik, sumsum tulang dan juga kanker. Sakit kanker yang biasa ditangani adalah leukimia dan limfoma, serta kelainan darah seperti anemia sel sabit, gangguan pembekuan darah seperti hemofilia, von Willebrand dan Thalasemia.

5.    Onkologi Medis

Onkologi medis mengkhususkan diri dalam pengobatan kanker dengan metode kemoterapi, terapi biologi, terapi hormonal, dan perawatan lainnya. Spesialis ini membantu pasien kanker untuk mendapatkan perawatan pengobatan sekaligus mengelola efek samping dari pengobatan itu dan tentunya akan melakukan pemantauan kesehatan kesehatan.

6.    Onkologi Pediatrik

Terakhir ada spesialisasi pediatrik yang merupakan spesialis kanker untuk usia anak-anak sampai dengan usia 18 tahun. Dengan spesialisasi ini, tidak jarang juga dokter yang mengkhususkan diri lagi pada jenis kanker tertentu. Dokter juga memiliki peran penting untuk memberikan edukasi terhadap keluarga dari anak-anaknya yang sedang menjalani perawatan kanker.

Tindakan Medis yang Dilakukan Spesialis Onkologi

Dalam masalah penyakit kanker, setiap dokter akan memberikan tindakan pengobatan untuk para pasiennya. Pilihan pengobatannya sendiri masing-masing, tergantung dari tingkat stadium dan resiko komplikasi setiap pasien. Jadi sebelum itu dokter akan memerlukan pemeriksaan dan observasi.

Beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan oleh onkolog untuk menangani pasien kanker antara lain:

  • Diagnosa kanker: melakukanpengujian pertumbuhan atau benjolan yang tidak biasa dengan pemeriksaan fisik, tes darah, tes urine, tes pencitraan (CT Scan, MRI, PET Scan), sampai dengan biopsi.
  • Terapi radiasi untuk memperlambat pertumbuhan tumor tanpa menyebabkan kerusakan pada jaringan yang sehat.
  • Pembedahan untuk mengangkat tumor 
  • Terapi untuk membatasi penyebaran tumor ke area lain di tubuh pasien
  • Transplantasi sumsum tulang
  • Perawatan kemoterapi untuk menghancurkan sel kanker
  • Upaya pencegahan diri dengan membantu pasien pengontrolan rutin atau vaksinasi dan tes lainnya.
  • Perawatan pasca kanker untuk menghindarkan kanker muncul kembali pada pasien pasca kanker 

Kondisi Medis yang Ditangani Onkologis

Spesialis onkologi memiliki banyak spesialisasi jenis kanker. Mengingat sekarang sudah banyak sekali jenis kanker yang menyerang manusia. Nah beberapa kondisi penyakit kanker yang bisa ditangani dokter onkologi antara lain:

  • Kanker tulang
  • Kanker darah
  • Kanker otak
  • Kanker payudara
  • Kanker serviks
  • Kanker kepala dan leher
  • Kanker hati
  • Kanker paru-paru
  • Kanker prostat
  • Kanker kulit
  • Kanker testis

Jadi sudah cukup jelas bukan mengenai pembahasan apa itu onkologi? Kesimpulannya onkologi adalah ilmu kedokteran yang khusus menangani masalah kanker di tubuh manusia. Apakah kamu berminat untuk mendalaminya?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *