kebidanan belajar apa saja

Membantu Proses Persalinan, Kebidanan Belajar Apa Saja?

Kebidanan belajar apa saja – Sudah tahu belum kalau profesi bidan ini adalah profesi khusus untuk perempuan? Padahal kau dilihat-lihat banyak perawat laki-laki, tapi kalau kebidanan ini khusus dan dibatasi untuk perempuan saja.

Kebidanan sendiri menjadi tenaga kesehatan yang akan membantu ibu hamil, baik selama proses kehamilan, persalinan sampai dengan pasca persalinan. Mungkin saja hal ini yang mendasari. Profesi kebidanan ini juga dikhususkan untuk memudahkan jangkauan masyarakat, jika dibandingkan dengan dokter spesialis kandungan.

Baca juga: Masih Bingung! Jurusan Farmasi Akreditasi A Dimana Saja?

Hal-Hal yang Akan Dipelajari untuk Menjadi Bidan

Seperti yang sudah dijelaskan sedari awal, kebidanan dikhususkan perempuan karena akan berhadapan langsung dengan aspek reproduksi wanita. Maka dari itu pelajaran wajib yang harus dikuasai bidan adalah sistem reproduksi. Selain itu, bidan akan mempelajari beberapa hal berikut:

1.    Biologi Dasar

Kalau kamu berasal dari sekolah SMA dengan jurusan IPA, nantinya kamu akan lebih mendalami pembahasan pelajaran biologi seputar kesehatan, anatomi tubuh manusia, sistem reproduksi, penyakit-penyakit pada sistem reproduksi, jenis-jenis virus, cara penanganan sampai dengan proses kehamilan.

2.    Sistem Reproduksi

Bidan harus menguasai sistem reproduksi baik perempuan maupun laki-laki. Karena nantinya profesi bidan akan lebih mudah dijumpai dibandingkan dokter kandungan, maka pastinya juga akan lebih sering menangani berbagai masalah.

Contohnya mengenai perencanaan kehamilan, selama proses kehamilan, sampai dengan proses melahirkan. Bidan juga dituntut untuk bisa mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi yang benar.

3.    Fase-Fase Kehamilan dan Cara Penanganannya

Bagi ibu hamil, selama proses kehamilan yang berjalan berbulan-bulan pasti akan ada banyak fase baru terutama untuk yang pertama kali hamil. Fase-fase ini terkadang membuat kekhawatiran. Nah, di sinilah peran bidan dibutuhkan untuk mendampingi dan memberikan bantuan penanganan. Oleh karena itu, bidan harus memahami banyak hal dalam ilmu reproduksi dan kehamilan.

4.    Perawatan Ibu dan Bayi Setelah Persalinan

Karena tujuan utama adanya bidan adalah untuk membantu seputar persalinan pada ibu hamil, bidan juga diharuskan bisa menangani perawatan bayi setelah dilahirkan. Tidak saja hanya untuk ibunya yang hamil saja.

Kira-kira nantinya ibu pasien butuh pemulihan yang bagaimana, lalu bagaimana cara memandikan bayi atau sekadar membersihkannya dari cairan ketuban, memantau detak jantung bayi dan lain sebagainya. Bahkan ada yang bisa ditugaskan membantu ibu yang baru melahirkan dengan mendatangi rumahnya untuk mengajarkan mereka mengurus bayi yang baru lahir.

5.    Program Keluarga Berencana

Program keluarga berencana juga jadi program utama dari pemerintah untuk bisa menekan angka pertumbuhan penduduk. Bidan juga diharuskan untuk bisa mensosialisasikan program ini kepada masyarakat secara langsung.

6.    Farmakologi Dasar dan Kesehatan Masyarakat

Seorang bidan yang menjadi tenaga kesehatan juga tidak luput dari menghadapi berbagai keluhan penyakit dan kemampuan mendiagnosanya. Selain itu bidan juga harus bisa mengerti resep-resep obat untuk mengatasinya gejala penyakitnya dengan tepat. Sedangkan kalau harus ditangani lebih lanjut maka memberikan rujukan ke rumah sakit.

7.    Konsep dan Pelayanan Kebidanan

Sebagai tenaga kesehatan, bidan diharuskan untuk melayani masyarakat dengan baik dan beretika. Kamu akan diajarkan bagaimana cara memberikan pelayanan kepada pasien nantinya dalam mata kuliah ini.

Bidan diharuskan memberikan informasi, serta dorongan dan dukungan emosional. Contohnya saat proses persalinan, Bidan sebaiknya memberikan dukungan penuh kepada sang ibu untuk bisa bertahan dalam mengejan dengan memberikan instruksi.

Itu dia pembahasan mengenai kebidanan belajar apa saja? Terlihat simpel karena hanya berfokus pada kehamilan dan persalinan, tapi hal tersebut sangat sensitif dan tidak bisa diremehkan. Jadi apa kamu tertarik?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *