teknik biomedis

Kenalan dengan Jurusan Teknik Biomedis ITB, Masih Langka di Indonesia!

Teknik Biomedis ITB – Apakah kamu senang dengan pelajaran seputar biologi atau kedokteran, tapi juga punya keahlian di bidang matematika atau fisika? Jurusan teknik biomedis barangkali bisa jadi pilihan yang menarik untukmu kuliah nantinya. Jurusan teknik biomedis juga masih jarang dijumpai di Indonesia, namun bidang ini banyak dibutuhkan, loh!

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu kampus yang membuka jurusan Teknik Biomedis di Indonesia. Meskipun baru dibuka, jurusan ini sudah mendapatkan akreditas Unggul dari BAN-PT. Jika tertarik, coba simak dulu informasi seputar jurusan teknik biomedis ITB di bawah ini.

Mengenal jurusan teknik biomedis ITB

Teknik biomedis merupakan satu bidang ilmu multidisiplin antara bidang biologi dan kedokteran dengan ilmu-ilmu dasar dan rekayasa. Jurusan ini tergabung dalam Sekolah Teknik Elektro dan Instrumentasi (STEI) yang juga bekerja sama dengan  Sekolah Ilmu dan  Teknologi Hayati, Sekolah Farmasi, Fakultas MIPA, dan Fakultas Teknologi Industri. 

Pada dasarnya, bidang teknik biomedis menerapkan prinsip-prinsip terkenal dalam bidang teknik dan ilmu fisika untuk mempelajari dan memecahkan masalah di bidang biologi dan kedokteran. Jadi, tidak hanya kemampuan di bidang teknik yang bagus saja, mahasiswa teknik biomedis juga harus punya pemahaman yang baik di bidang biologi dan medis. 

Jurusan teknik biomedis ITB menargetkan setiap mahasiswa untuk punya kemampuan mengidentifikasi, memformulasi, dan memecahkan masalah yang kompleks dengan menerapkan prinsip teknik, sains, dan matematika. Prinsip lainnya seperti biologi, fisiologi manusia, kimia, fisika kalkulus, hingga statistik juga wajib dikuasai untuk membantu pemecahan masalah di bidang teknik biomedis.

Mata kuliah jurusan teknik biomedis ITB

Beberapa mata kuliah berikut akan kamu temukan jika berkuliah di Institut Teknologi Bandung dengan jurusan teknik biomedis, ada apa saja?

  1. Pengantar Komputasi
  2. Pemrograman Dasar
  3. Pengantar Analisis Sirkuit
  4. Sirkuit Elektrik dan Elektronik
  5. Anatomi dan Fisiologi
  6. Teknik Biomedis Dasar
  7. Matematika Teknik
  8. Biokimia
  9. Sistem Digital dan Mikroprosesor
  10. Elektronika Biomedis
  11. Sinyal, Sistem, dan Kontrol
  12. Fisika Biomedis
  13. Pengukuran dan Instrumentasi Biomedis
  14. Biologi Sel dan Molekuler Terapan
  15. Pemrosesan Sinyal Biomedis
  16. Bioelektromagnetik
  17. Biomekanik
  18. Bioetika
  19. Biodinamika Molekuler
  20. Desain Sistem Biomedis

Prospek kerja teknik biomedis

Dengan semakin berkembangnya teknologi di berbagai bidang, termasuk kedokteran dan kesehatan, lulusan teknik biomedis semakin banyak di cari di dunia kerja. Beberapa pilihan karir yang bisa dipilih, seperti:

  1. Insinyur riset (research engineer
  2. Insinyur klinis (clinical engineer)
  3. Analis teknologi biomedis (biomedical technology analyst)
  4. Operasional dan quality control di industri farmasi
  5. Tenaga pendidik
  6. PNS di lingkungan Kemenkes atau Kemenperin

Nah, itu dia rangkuman seputar jurusan teknik biomedis ITB. Semakin tertarik untuk kuliah di jurusan satu ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *