kesehatan gigi

Cek Info Lengkap Jurusan Jurusan Kesehatan Gigi di Sini!

Jurusan kesehatan gigi – Sama dengan seorang dokter pada umumnya, dokter gigi juga bekerja dengan didampingi seorang perawat untuk membantu menangani pasien. Untuk menjadi seorang perawat gigi juga membutuhkan pendidikan khusus yang dengan kuliah di jurusan kesehatan gigi. Materi kuliah hingga lingkup kerja jurusan kesehatan gigi juga tidak jauh berbeda dengan kedokteran gigi, loh!

Apakah kamu tertarik menjadi seorang perawat gigi? Eits, sebelum itu, cari tahu lebih banyak tentang seluk beluk jurusan kesehatan gigi melalui artikel berikut, yuk!

Apa itu jurusan kesehatan gigi?

jurusan kesehatan gigi
jurusan kesehatan gigi

Jurusan kesehatan gigi merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat yang utamanya pada upaya promotif (peningkatan), preventif (pencegahan), hingga kuratif (penyembuhan) sederhana. Jurusan keperawatan gigi umumnya dibuka pada jenjang diploma tiga (D-III), yang dulunya juga dikenal sebagai jurusan keperawatan gigi. 

Di jurusan kesehatan gigi, mahasiswa akan belajar seluruh konsep terkait dental hygiene care atau pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut baik terhadap individu, kelompok, atau masyarakat. Terkait pelayanan pada pasien, mahasiswa juga akan mendalami penatalaksanaan pasien, baik sebelum dan sesudah perawatan, mulai dari mempersiapkan alat dan bahan kedokteran gigi, transfering alat, hingga pengendalian infeksi silang. 

Setelah lulus, mahasiswa jurusan kesehatan ini akan mendapatkan gelar Ahli Madya Kesehatan (A.Md.Kes.) dan bisa bekerja di berbagai layanan kesehatan. Dengan tugasnya yang penting pada pelayanan kedokteran gigi ini, lulusan kesehatan gigi banyak dicari di dunia kerja untuk menjadi perawat gigi atau terapis gigi dan mulut. Untuk jenjang lebih tinggi, ada pula jurusan sarjana terapan (D-IV) terapi gigi yang bisa dijadikan pilihan. 

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Kedokteran Gigi Itu Luas!

Mata kuliah

Jika merujuk pada kurikulum Poltekkes Kemenkes Semarang, jurusan D-III Kesehatan Gigi bisa ditempuh dalam 6 semester (3 tahun) dengan 45% teori dan 55% praktikum dan klinik. Beberapa mata kuliah di jurusan ini, yaitu: 

  1. Etika Profesi dan Hukum Kesehatan
  2. Kebutuhan Dasar Manusia
  3. Histologi dan Anatomi Fisiologi Manusia
  4. Dental Morfologi
  5. Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Kedokteran Gigi
  6. Manajemen Kesehatan Gigi dan Mulut
  7. Farmakologi
  8. Bahan Kedokteran Gigi
  9. Pengendalian Infeksi Silang
  10. Komunikasi dalam Kesehatan Gigi
  11. Penyakit Gigi dan MUlut
  12. Pencegahan Penyakit Gigi dan Mulut
  13. Promosi Kesehatan Gigi
  14. Konservasi Gigi
  15. Asistensi Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut
  16. Dasar-dasar Pencabutan Gigi
  17. Perlindungan Khusus Kesehatan Gigi
  18. Pendidikan Kesehatan Gigi Anak
  19. Penatalaksanaan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut Rawat Inap
  20. Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut Masyarakat

Kampus yang ada jurusan kesehatan gigi

Jurusan ini bisa kamu jumpai di berbagai perguruan tinggi, terutama Poltekkes yang bernaung di bawah Kementerian Kesehatan. Berikut beberapa pilihan kampus yang ada jurusan kesehatan gigi terbaik yang bisa kamu pilih:

  1. Poltekkes Kemenkes Semarang (Unggul)
  2. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Unggul)
  3. Poltekkes Kemenkes Jakarta I (A)
  4. Poltekkes Kemenkes Jambi (Unggul)
  5. Poltekkes Kemenkes Banda Aceh (Unggul)
  6. Poltekkes Kemenkes Pontianak (A)
  7. Poltekkes Kemenkes Makassar (A)
  8. Poltekkes Kemenkes Denpasar (A)
  9. Poltekkes Kemenkes Palembang (A)
  10. Poltekkes Kemenkes Bandung (A)

Jurusan kesehatan gigi juga bisa kamu jadikan alternatif jika tertarik untuk menjadi dokter gigi, namun terkendala dengan biaya kuliahnya yang tinggi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *