fakultas kedokteran unjani

Fakultas Kedokteran Unjani – Sejarah, Biaya Kuliah, hingga Jalur Masuknya

Fakultas kedokteran Unjani – Halo para calon dokter! Apakah kamu sedang mencari pilihan kampus untuk mengambil kuliah jurusan kedokteran, khususnya di Bandung dan sekitarnya? Kota Cimahi yang bertetangga dengan Kota Bandung punya kampus yang menawarkan jurusan kedokteran yang bertempat di Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani). 

Agar lebih dengan Fakultas Kedokteran Unjani, yuk simak beberapa informasi penting berikut!

Sejarah Fakultas Kedokteran Unjani

kedokteran Unjani
kedokteran Unjani

Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) yang diresmikan pada 2 Maret 1992 ini ternyata sudah lebih dulu merintis pendirian Sekolah Tinggi Kedokteran bersama Universitas Padjadjaran (Unpad). Fakultas Kedokteran Unjani sudah mulai menerima mahasiswa angkatan pertama sejak Oktober 1992, namun baru diresmikan pendiriannya pada 20 April 2023. 

Pada awalnya, FK Unjani hanya membuka program studi pendidikan dokter untuk jenjang S1. Kini, sudah ada beberapa program studi di Fakultas Kedokteran Unjani, yaitu:

  1. Sarjana Kedokteran 
  2. Sarjana Administrasi Rumah Sakit
  3. Profesi Dokter
  4. Magister Penuaan Kulit dan Estetika

Prodi S1 Kedokteran Unjani saat ini sudah mengantongi akreditasi A dari LAM-PTKes. FK Unjani juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Tingkat II DUSTIRA sebagai rumah sakit pendidikan utama untuk mahasiswanya. Alamat FK Unjani sendiri terletak di Gedung Hindarto Joesman, Jl. Terusan Jend. Sudirman, Cimahi, Jawa Barat

Baca juga: Kenalan dengan Fakultas Kedokteran UNESA – Kelebihan, Biaya, dan Pendaftarannya

Biaya kuliah FK Unjani

Unjani memiliki ketentuan terkait pembiayaan kuliah yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  1. Biaya Pengembangan Universitas (BPU) yang dibayarkan satu kali
  2. Sumbangan Pendidikan (SP) yang dibayarkan satu kali (khusus FK, FKG, F. Farmasi, dan F. Psikologi)
  3. Sumbangan Pendidikan Tambahan (SPT) yang dibayarkan satu kali (khusus FK, FKG, F. Farmasi, dan F. Psikologi)
  4. Biaya Pendukung (BP) yang dibayarkan satu kali
  5. Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) yang dibayarkan setiap awal semester
  6. Biaya Operasional Kuliah (BOK) yang dibayar setiap awal semester dan dihitung berdasarkan jumlah SKS mata kuliah dan praktikum

Dari ketentuan di atas, setiap mahasiswa prodi S1 Kedokteran Unjani akan membayarkan komponen biaya kuliah yang terdiri dari SP + SPT + BPU + BPP + (SKS x BOK) + BP dengan nominal sebagai berikut:

  1. SP Rp45.000.000
  2. SPT: minimal Rp5.000.000 dan berlaku kelipatannya
  3. BPU: Rp145.000.000
  4. BPP: Rp11.000.000
  5. BOK: Rp1.000.000 per SKS
  6. BP: Rp3.661.000

Jalur masuk Fakultas Kedokteran Unjani

Kamu tertarik untuk berkuliah di kampus satu ini? Berikut adalah beberapa jalur yang bisa kamu ikuti untuk menjadi mahasiswa kedokteran di Unjani

1. Jalur PMDK

Jalur ini dibuka untuk lulusan SMA/MA/SMK yang lulus di tahun pendaftaran dan diprioritaskan berdasarkan nilai rapor. Penilain untuk jalur PMDK terdiri dari nilai rapor, kualitas sekolah, dan pertimbangan terhadap KBAD dan KBU.

2. Jalur USM

Jalur USM merupakan penerimaan melalui ujian masuk yang diadakan secara daring dan luring oleh Unjani. Materi ujian jalur USM untuk prodi kedokteran terdiri dari kemampuan IPA (matematika, B. Indonesia, B. Inggris, Fisika, Kimia, Biologi) dan Tes Potensi Akademik (TPA). 

3. Jalur Raport

Seleksi jalur rapor dilaksanakan dengan penilaian nilai rapor yang dibuka berdasarkan kebijakan Universitas tanpa ujian tulis. Persyaratan nilai rata-rata rapor semua mata pelajaran 4 semester untuk prodi kedokteran sebesar >80. 

4. Jalur Nilai UTBK

Bagi calon mahasiswa yang gagal pada seleksi UTBK, Unjani juga membuka jalur masuk dengan nilai UTBk untuk semua program studi (selama kuota masih tersedia). Pendaftaran jalur nilai UTBK juga tidak memerlukan ujian atau tes tulis. 

5. Jalur Undangan

Khusus untuk prodi kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi, ada jalur undangan yang juga bisa diikuti oleh calon mahasiswa. Jalur undangan dibuka untuk peserta yang belum berhasil di jalur PMDK, USM, Rapor, UTBK, Profesi, dan Lanjutan yang memenuhi syarat dan ketentuan yang diputuskan di pantukhir. 

Setelah menyimak info seputar Fakultas Kedokteran Unjani tadi, apakah kamu akan memutuskan untuk mengambil studi kedokteran di kampus ini?


Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahunUTBK KedokteranKKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *