jurusan biidang kesehatan yang banyak dibutuhkan

Selain Kedokteran, Ini 5 Jurusan Bidang Kesehatan yang Banyak Dibutuhkan

Jurusan Bidang Kesehatan yang Banyak Dibutuhkan – Saat memasuki puskesmas, rumah sakit ataupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, biasanya orang-orang akan cenderung memperhatikan dokternya saja. Padahal dalam bidang kesehatan ada banyak posisi yang juga penting, bahkan saling berkaitan. Nah, untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di bidang kesehatan tapi tidak ingin jadi dokter, ini jurusan yang kami rekomendasikan!

Jurusan Bidang Kesehatan yang Banyak Dibutuhkan

Bidang kesehatan memiliki banyak sekali cabang ilmu yang berguna untuk setiap aspek dalam kesehatan. Jadi tidak hanya jurusan kedokteran saja yang banyak dibutuhkan. coba simak 5 jurusan yang kami rekomendasikan berikut:

1.    Keperawatan

Di urutan pertama ada jurusan Keperawatan, yang perannya hampir setara dengan dokter. Selama pendidikannya, mahasiswa keperawatan akan diajarkan keterampilan klinis sampai dengan menerapkan kode etika untuk menghadapi pasien. Mereka akan diharuskan menghafal serta memahami dengan praktik secara langsung, contohnya dalam merawat luka ataupun menyuntik pasien.

Baca juga: 5 Profesi Dokter Spesialis yang Banyak Diminati, Bonus Gajinya Fantastis!

Untuk menjadi seorang perawat, calon perawat diharuskan memiliki empati yang tinggi, serta harus bisa memiliki kesabaran, ketelatenan serta kepedulian yang tinggi. Jurusan keperawatan juga akan mempelajari banyak sub topik, mulai dari Keperawatan Jiwa, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas (Melahirkan), Keperawatan Medikal Bedah, sampai dengan Keperawatan Masyarakat.

2.    Radiologi

Untuk jurusan radiologi ini, tergolong banyak ditakuti dan sedikit peminatnya. Namun untuk perannya sangat dibutuhkan. Jurusan radiologi ini akan mempelajari tentang proses diagnosis gelombang elektromagnetik di dalam tubuh manusia, seperti sinar-X, CT scan, MRI, dan lain sebagainya yang sangat membantu di bidang kesehatan.

Jadi untuk berkuliah di jurusan radiologi nanti, mahasiswanya akan mempelajari tentang cara-cara mengoperasikan alat-alat pencitraan medis, termasuk dalam memahami gambaran radiologi. Profesi yang dibutuhkan biasanya adalah untuk posisi radiografer, ahli terapis radiologi, teknisi radiologi medis, akademisi, ahli teknologi pengobatan nuklir, sampai dengan menjadi seorang peneliti.

3.    Farmasi

Pasti kamu sudah tidak asing mendengar jurusan ini. Beberapa sekolah menengah kejuruan juga sudah ada yang mengajarkan aspek farmasi ini. Farmasi sendiri merupakan jurusan yang akan berfokus pada obat dan juga pengobatan. Hal-hal yang akan dipelajari adalah mengenai macam senyawa obat, cara kerja obat, efek samping obat serta manajemen apotek.

Namun selain di bidang obat-obatan, ahli farmasi juga bisa meneliti makanan dan juga kosmetik. Ahli farmasi juga tidak bisa sembarang asal meracik obat, karena semuanya akan diawasi oleh lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

4.    Teknik Biomedik

Jurusan Teknik Biomedik merupakan perpaduan antara ilmu teknik dan ilmu medis. Mahasiswa Teknik biomedik ini akan belajar membuat alat kesehatan yang akan sangat berguna karena bisa mempermudah proses diagnosis, rehabilitasi, pengobatan dan juga penyembuhan pasien. Peran teknik biomedik nantinya diharuskan untuk bisa memasang, menggunakan, merawat dan juga memperbaiki alat-alat medis seperti mesin MRI, CT-Scan dan lainnya.

5.    Fisioterapi

Selanjutnya jurusan fisioterapi juga lulusannya banyak dibutuhkan dalam membantu pasien yang mengalami penyakit tertentu yang membuat gerak tubuh terbatas, dan berlaku juga untuk pasien yang mengalami cedera akibat kecelakaan.

Terapi yang diberikan bisa membantu pasien meringankan rasa sakit dan kekakuan gerak, mempercepat pemulihan, dan meningkatkan kualitas hidup. Untuk kebutuhan fisioterapis biasanya lebih banyak di rumah sakit, serta banyak juga yang membuka pelayanan secara mandiri.

Demikian jurusan bidang kesehatan yang banyak dibutuhkan selain kedokteran. Kira-kira yang paling menarik minat kamu jurusan yang mana?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Selain Kedokteran, Ini 5 Jurusan Bidang Kesehatan yang Banyak Dibutuhkan

  1. Ping-balik: Apa Itu Visum Dokter? Ini Pengertian dan Prosedur Pemeriksaannya - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *