dokter mata ahli rekonstruksi

Mengenal Dokter Mata Ahli Rekonstruksi, Bisa Mengatasi Apa Saja?

Dokter Mata Ahli Rekonstruksi – Dokter mata ahli rekonstruksi merupakan dokter spesialis yang memiliki keahlian dalam menangani kelainan atau gangguan pada struktur dan fungsi mata dan sekitarnya. Contohnya di area kelopak mata, tulang mata, rongga mata, saluran air mata, bagian tengah wajah sampai dengan dahi.

Profesi ini merupakan profesi dokter subspesialis, yang artinya untuk jadi dokter spesialis ini kamu harus menempuh pendidikan dokter umum sampai dengan pendidikan dokter spesialis. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan pendidikan subspesialis di bidang bedah rekonstruksi mata.

Kondisi Mata Bisa yang Ditangani Dokter Mata Ahli Rekonstruksi

Berikut beberapa kondisi yang bisa ditangani oleh seorang dokter mata ahli rekonstruksi, antara lain:

1.    Masalah pada Saluran Air Mata

Masalah paling umum yang banyak dialami pasien adalah penyumbatan salur air mata. Letak penyumbatannya bisa terjadi di hidung, kelopak mata dan juga di tepi kelopak mata. Biasanya pasien lebih banyak bayi atau anak-anak, namun tidak jarang juga orang dewasa yang mengalaminya.

Baca juga: Kenalan dengan Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi

Biasanya gejalanya timbul benjolan di saluran air mata yang membuat mata berair dan tidak nyaman. Penyebabnya sendiri bisa karena infeksi.

2.    Gangguan pada Mata

Gangguan-gangguan pada mata yang bisa ditangani oleh dokter mata ahli rekonstruksi, antara lain:

  • Cedera pada mata atau  terjadi luka, misalnya karena patah tulang di sekitar rongga mata dan luka tusuk pada mata
  • Kanker mata
  • Kelainan bentuk mata, misalnya mata yang terlalu masuk ke rongga mata (enophthalamos) dan juga keluhan mata menonjol (exophthalmos)

3.    Gangguan pada Kelopak Mata dan Wajah

Gangguan yang terjadi di kelopak mata dan area wajah juga bisa ditangani oleh  dokter mata ahli rekonstruksi, seperti:

  • Ptosis, yakni kelopak mata yang turun dan susah diangkat
  • Dermatochalasis atau kelebihan kulit di kelopak mata
  • Ektropion, yaitu kelopak mata terlipat ke arah luar
  • Entropion, yakni luka pada bola mata yang terjadi karena kelopak mata terlipat ke dalam bola mata
  • Blefaropasme
  • Kejang hemifasial (HFS), kedutan pada salah satu sisi wajah
  • Sindrom Meige, gangguan langka ditandai dengan kontraksi otot pada rahang, lidah, dan mata

4.    Trichiasis

Trichiasis adalah keadaan di mana bulu mata tumbuh secara tidak normal atau mengarah ke arah yang salah. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi pada mata yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kornea dan bahkan kebutaan. Gejala umum yang mungkin muncul termasuk mata merah dan nyeri, mata berair, sensitivitas terhadap cahaya, dan gangguan penglihatan.

5.    Endoftalmitis

Endoftalmitis merujuk pada situasi di mana terjadi peradangan pada bola mata dan jaringan sekitarnya karena infeksi yang parah. Infeksi ini dapat timbul akibat trauma pada mata, seperti tusukan atau kemasukan benda asing, serta penyebaran kuman atau jamur dari bagian tubuh lain. Kondisi ini menjadi kondisi darurat yang harus segera ditangani oleh dokter.

Tindakan yang Dilakukan oleh Dokter Mata Ahli Rekonstruksi

Doktes mata ahli rekonstruksi akan melakukan tindakan berupa konsultasi, mendiagnosis penyakit, dan menentukan penanganan kepada pasien tersebut yang memiliki gangguan pada matanya. Beberapa keluhan bisa sembuh dengan mengonsumsi obat-obatan, beberapa yang lainnya akan memerlukan tindakan medis seperti operasi. Lalu tindakan operasi apa yang bisa dilakukan dokter ini?

1.      Blefaroplasti

Blefaroplasi merupakan operasi yang ditujukan untuk memperbaiki kelopak mata yang rata-rata dilakukan sebagai penunjang penampilan. Caranya adalah dengan menghilangkan atau dengan memperbaiki posisi kulit serta jaringan lemak yang ada di kelopak mata. Beberapa keluhan seperti ektropion dan entropion juga bisa diatasi dengan tindakan ini.

2.      Operasi Pengencangan Alis

Untuk pasien-pasien yang memiliki keluhan area dahi yang kendur, alis turun ataupun menghilangkan keriput juga bisa mendatangi dokter mata ahli rekonstruksi untuk melakukan operasi pengencangan.

3.      Operasi perbaikan ptosis

Ptosis merupakan kelainan saraf atau otot mata yang berfungsi membuka dan menutup kelopak mata. Untuk mengatasinya, dokter akan melakukan tindakan operasi yang bisa memperbaiki saraf mata tersebut atau juga mengencangkan otot mata.

4.      Dacriocystorhinostomy (DCR)

Nah tindakan ini adalah bertujuan untuk memperbaiki saluran air mata yang tersumbat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Saluran air mata yang tersumbat membuat area mata pasien bengkak dan seringkali berair. Nantinya dokter akan membuat sayatan di sisi hidung untuk mengatasi masalah tersebut.

5.      Operasi Pengangkatan Mata

Dalam beberapa kasus, pasien mengalami kerusakan parah pada bola mata yang bisa disebabkan karena beberapa hal. Contohnya karena kanker mata atau tumor, bisa juga karena infeksi berat dan cedera pada mata.

Tindakan operasi yang bisa dilakukan ada 2 teknik, pertama dengan pengangkatan area kornea dan bagian dalam bola mata (bagian putih dipertahankan). Dan kedua adalah pengangkatan keseluruhannya. Nantinya dokter akan melakukan pemasangan bola mata pengganti untuk memperbaiki penampilan pasien, namun tidak berfungsi sebagai ‘mata’ yang sesungguhnya.

Demikianlah pembahasan seputar dokter mata ahli rekonstruksi. Dokter subspesialis ini akan sangat membantu pasien-pasien yang membutuhkan, baik karena gangguan kesehatan atau karena penunjang penampilan. Bagaimana, kamu tertarik?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Mengenal Dokter Mata Ahli Rekonstruksi, Bisa Mengatasi Apa Saja?

  1. Ping-balik: Bagaimana Cara Menjadi Psikiater? Apa Psikiater dan Psikolog Itu Sama? - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *