Jalur Masuk Perguruan Tinggi beserta Kumpulan Soal yang Bisa Anda Pelajari

Di beberapa negara, pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk ditempuh, salah satunya yakni Indonesia. Tidak sedikit lulusan SMA/MA ataupun SMK yang lebih memilih untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Ada banyak tujuan dari para lulusan tersebut baik itu untuk mencari gelar agar mudah untuk mendapatkan pekerjaan, menambah wawasan ilmu dan lain sebagainya.

Nah, untuk jalur masuk perguruan tinggi ini tentu saja cukup berbeda dengan jalur masuk jenjang pendidikan di bawahnya. Dimana, ada beberapa jalur masuk yang bisa Anda lalui agar bisa menjadi salah satu mahasiswa dari universitas yang Anda inginkan. Adapun beberapa macam jalur masuk perguruan tinggi yang akan dijelaskan di bawah ini.

SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ialah sebuah seleksi untuk bisa masuk ke perguruan tinggi dengan melihat prestasi akademik melalui raport yang dimiliki oleh siswa dari semester 1 (satu) hingga semester 5 (lima) terutama untuk siswa/siswi SMA/SMK/MA sederajat.

Nah, siswa yang berhak untuk mengikuti SNMPTN adalah siswa yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) serta sudah mengisi PDSS (Pangkalan Data Siswa Sekolah). Untuk seleksi yang tersebut dilakukan sebelum pengumuman kelulusan. Nah, bagi Anda yang diterima masuk perguruan tinggi melalui jalur ini, maka Anda tak perlu mengikuti ujian tulis.

Untuk info lebih lengkap mengenai SNMPTN ini, Anda bisa membukanya di https://snmptn.ac.id/

SBMPTN

Jika Anda tidak diterima melalui jalur SNMPTN, masih ada jalur kedua yang bisa Anda gunakan. Jalur tersebut adalah SBMPTN. SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Untuk seleksi yang satu ini menggunakan tes tertulis dan biasanya dalam bentuk cetak (paper based testing) ataupun dengan menggunakan komputer (computer based testing).

Tak hanya itu saja, penilaian juga bisa didapatkan dari hasil ujian tertulis serta ujian keterampilan para calon mahasiswa yang dilakukan bersama di bawah koordinasi panitia pusat. Karena merupakan ujian tertulis, tentu saja Anda harus menyiapkan materi ujian jauh-jauh hari sebelum hari H.

Nah, Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari SBMPTN ini melalui laman sbmptn.ac.id. Pada laman tersebut Anda akan menemukan beberapa ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tata cara pembayaran biaya seleksi, jumlah pilihan dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan juga program studi.

Bagi anda yang ingin masuk Fakultas Kedokteran melalui jalur SBMPTN, bimbelkedokteran.id by Indonesia Collge membuka bimbingan Kedokteran SBMPTN.

PMDK PN

Apa itu PMDK PN? PMDK PN merupakan singkatan dari Penelusuran MInat dan Kemampuan Politeknik Negeri). Jalur yang satu ini merupakan jalur undangan yang mana ditujukan kepada para calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi BIdang Vokasi ataupun Politeknik Negeri.

Sama halnya dengan SNMPTN, Anda hanya perlu menginput nilai raport dari semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) tanpa harus mengikuti tes ujian tertulis. Jika pada SNMPTN perguruan tinggi yang dituju adalah perguruan tinggi negeri, namun untuk jalur satu ini yang dituju adalah Politeknik yang ada di seluruh Indonesia.

UMPN

Jenis seleksi selanjutnya adalah UMPN, apa itu UMPN? UMPN adalah Ujian Masuk Politeknik Negeri yang menyeleksi para calon mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia. Jalur masuk yang satu ini akan melakukan seleksi dengan cara ujian tulis  dari Politeknik Negeri Jember bersamaan dengan 43 Politeknik Negeri yang ada di seluruh Indonesia.

Nah, di Politeknik sendiri ada dua kelompok masuk, yakni Kampus pagi dan Kampus siang. Bagi Anda yang berhasil masuk melalui jalur UMPN, maka Anda memiliki kesempatan untuk bisa mengikuti kampus pagi. Untuk info dari UMPN sendiri, Anda harus melihatnya sendiri pada masing-masing web politeknik.

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Selanjutnya ada Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) saat ini tengah menjadi incaran bagi sebagian lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat. Hal ini karena perguruan tinggi tersebut adalah lembaga pendidikan negeri yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah ataupun kementrian sebagai penyelenggara pendidikan.

Perguruan Tinggi Kedinasan tersebut bahkan menawarkan biaya pendidikan yang lebih terjangkau, bahkan tidak jarang ada beberapa PTK yang tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Tak hanya itu, para lulusan dari PTK ini juga akan diangkat menjadi CPNS dan ditempatkan di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Untuk masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan yang satu ini Anda harus mengikuti beberapa seleksi dengan sistem gugur. Salah satu tantangan yang harus Anda hadapi ketika Anda menjadi bagian dari Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) tersebut ialah Anda harus lulus dengan nilai yang baik dan harus mempertahankan nilai selama menempuh pendidikan.

Ada beberapa contoh dari institusi kedinasan yang bisa Anda jadikan pilihan, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Politeknik Keuangan Negara STAN, Sekolah Tinggi Sandi Negara, Sekolah Tinggi Transportasi Darat, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika serta masih banyak yang lainnya.

Ujian Mandiri PTN/PTS

Untuk jenis jalur masuk yang satu ini merupakan jalur yang diselenggarakan sendiri oleh panitia dari Perguruan Tinggi tersebut. Nah, berbeda dengan beberapa jalur lainnya, jalur ujian mandiri diikuti oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Nama dari jalur penerimaan pada setiap perguruan tinggi tentu saja berbeda satu sama lain. Bahkan, waktu seleksinya pun tidak dilakukan secara bersamaan. Biasanya, untuk jalur ujian mandiri menjadi pilihan bagi sebagian orang saat mereka tidak diterima pada jalur SNMPTN, SBMPTN ataupun yang lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengikuti jalur seleksi tersebut, Anda harus rajin mengakses info dari masing-masing universitas yang ingin dimasuki. Sama halnya dengan SBMPTN, jalur mandiri menggunakan tes tertulis. Oleh karena itu, jangan lupa untuk terus belajar dan berlatih berbagai macam jenis soal.

Itulah berbagai macam jalur penerimaan mahasiswa baru. Jika Anda tidak terima pada salah satu jalur tersebut, Anda masih bisa memilih dan menggunakan jalur lainnya. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Jangan lupa pula untuk terus update informasi mengenai seleksi masuk perguruan tinggi dari universitas yang Anda tuju.

Bagi Anda yang akan mengikuti tes tertulis perguruan tinggi, tentu saja Anda harus sering berlatih berbagai macam soal. Terlebih lagi, soal yang disajikan dalam tes tersebut membutuhkan daya nalar yang cukup baik. Anda tidak hanya harus menghafal rumus ataupun istilah suatu nama, namun Anda juga harus bisa melakukan penalaran.

Setiap tahunnya, jenis soal yang disajikan dalam tes tertulis tersebut berbeda. Oleh sebab itu, sering berlatih dan belajar menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk melatih kemampuan otak agar bisa terbiasa mengerjakan soal-soal ujian tertulis.

Anda mungkin bisa membeli buku yang berisikan contoh soal dan pembahasan dari tes tertulis baik itu SBMPTN, Ujian Mandiri, Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan dan lain sebagainya. Bahkan, Anda bisa dengan mudah mencari berbagai macam contoh soal serta pembahasan melalui internet.

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini ada kumpulan tes masuk perguruan tinggi bersama dengan kunci jawaban untuk membantu Anda dalam belajar. Pahami setiap soal yang muncul untuk membantu Anda belajar dengan baik.

MATEMATIKA

  1. Pada kubus ABCD.EFGH, P adalah titik tengah FG dan titik Q adalah titik tengah FB. Perpanjangan HP dan AQ berpotongan di perpanjangan EF di titik R. Jika panjang rusuk kubus adalah 2, maka perbandingan volume EAH.FQP : volume ABCD.EFGH adalah ….
  1. 1:4
  2. 1:8
  3. 3:8
  4. 7:24
  5. 8:25
  1. Pencerminan garis y=-x + 2 terhadap garis y=3 menghasilkan garis ….
  1. y = x + 4
  2. y = -x + 4
  3. y = x + 2
  4. y = x – 2
  5. y = -x – 2
  1. Dua kelas masing-masing terdiri atas 30 siswa. Satu siswa dipilih dari tiap-tiap kelas. Peluang terpilih keduanya laki-laki adakah 7/36. Peluang terpilih keduanya perempuan adalah ….
  1. 23/180
  2. 26/180
  3. 29/180
  4. 32/180
  5. 35/180
  1. Seorang pengusaha menghasilkan produk A dan produk B yang masing-masing memberi keuntungan 8% dan 10% per bulan. Jika kedua jenis produk tersebut menghasilkan keuntungan Rp 904.000,00 setiap bulan dengan modal produk Arp 4.800.000,00. Maka, modal pengusaha tersebut secara keseluruhan adalah ….
  1. 000.000,00
  2. 000.000,00
  3. 000.000,00
  4. 000.000,00
  5. 000.000,00
  1. Jika lima data memiliki rata-rata 12, median 12, modus 15 dan range (jangkauan) 7, maka data kedua setelah diurutkan adalah ….
  1. 9
  2. 10
  3. 11
  4. 12
  5. 13

BAHASA INDONESIA

  1. Bacalah teks berikut!

Berita yang dilansir Antara bulan lalu dengan tajuk “Bahasa Indonesia Berpeluang Jadi Bahasa Kedua ASEAN” memberikan satu harapan besar bagi Indonesia untuk berbicara di kancah internasional. Sekarang ada kesadaran di kalangan warga Philipina teristimewa di kawasan selatan negara ini, bahwa mereka perlu belajar bahasa Indonesia karena bahasa itu dapat dimengerti di empat negara anggota ASEAN lainnya: Brunei, Malaysia, Singapura dan Thailand (selatan). Selain keempat negara ASEAN itu, sebagian warga suku Champ di Kamboja, Laos dan Vietnam mengerti bahasa Melayu yang menjadi induk bahasa Indonesia …..

Kalimat yang tepat untuk menutup paragraf di atas adalah ….

a. Untuk itu, kita perlu menggalakkan penyebaran kamus Bahasa Indonesia agar memudahkan orang asing.
b. Dengan demikian, jelaslah bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa yang diidamkan di kawasan ASEAN.
c. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
d. Untuk itu, perlu diupayakan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa utama ASEAN.
e. Sehubungan dengan hal itu, menjunjung tinggi bahasa Indonesia menjadi kewajiban seluruh bangsa Indonesia.

2. Seseorang akan mengembangkan karangan yang bertema upaya meningkatkan kemampuan berwirausaha bagi remaja dengan kerangka karangan berikut.

a. saran bagi remaja untuk berwirausaha
b. pentingnya meningkatkan kemampuan berwirausaha
c. langkah meningkatkan kemampuan berwirausaha
d. komponen yang mendukung kemampuan berwirausaha
e. ketidakmampuan berwirausaha

Urutan kerangka yang paling tepat untuk tema karangan di atas adalah ….

    1. 5,1,2,4,3
    2. 2,4,5,1,3
    3. 2,3,4,5,1
    4. 4,5,2,1,3
    5. 5,2,4,3,1

3. Topic yang dibahas dalam rapat itu ialah dengan mencoba mengungkapkan kelemahan keuangan dalam organisasi itu.

Perbaikan kalimat di atas sehingga menjadi kalimat efektif adalah ….

    1. Kelemahan sistem keuangan dalam organisasi itu dicoba dibahas dalam rapat itu.
    2. Topik yang dibahas dalam rapat itu ialah percobaan pengungkapan kelemahan sistem keuangan dalam organisasi itu.
    3. Dalam rapat itu peserta membahas percobaan pengungkapan kelemahan sistem keuangan dalam organisasi itu.
    4. Dalam rapat itu dibahas topic tentang pengungkapan kelemahan sistem keuangan dalam organisasi itu.
    5. Topik yang dibahas dalam rapat itu ialah kelemahan sistem keuangan dalam organisasi itu.

BAHASA INGGRIS

Read following passage and answer question number 1 to 4!

A renewable-energy “oasis” scheduled to be built more may serve s a proving ground for new technologies designed to bring green living to the desert. The planned research center is part of the Shara Forest Project which does not mean it will be built in Africa. The center is meant to be a small-scale version of massive green complex that project managers hope to build in deserts around the globe.

Experts are now examining arid sites in AUSTRALIA, the US, the Middle East, and Africa that could support the test facility. “The Sahara Forest Project is a holistic approach for creation of local jobs, food, water and energy, utilizing relatively simple solutions mimicking design and principles from nature” said Federic Haug. For instance, special greenhouses would use hot desert air and seawater, make fresh water for growing crops, solar energy would be collected to generate power, and algae pools would offer a renewable and easily transportable fuel supply. In addition, planting trees near the complex would trap atmospheric greenhouse gases such as carbon dioxide while restoring any natural forest cover that has been lost to drought and timber harvesting. ‘from my perspective as an environmentalist, this could be a game changer in how we produce biomass for food an energy, and how we are going to provide fresh water for the future.’ Hauge said.

But not all experts are as enthusiastic about the projects. In term of the reforestation plans, ‘trying to grow trees in the Sahara desert is not the most appropriate approach,’ said a forest ecologist at the University of California. After all, even though it was literally green in the past. The Sahara was never heavily forested.

  1. Unlike the information in paragraph 3, paragraph 2 in the passage contains information on ….
  2. Strong refusals
  3. Predictive studies
  4. Opposite outlooks
  5. Optimistic views
  6. Positive opinions
  7. It is clear from the passage that the author’s purpose of writing the passage above is to ….
  8. Show activities in the Sahara Forest Project.
  9. Describe an experiment to provide fresh water.
  10. Expose research to change deserts into green living.
  11. Demonstrate the foresting of deserts into oases.
  12. Explain advances in green technology in deserts.
  13. Obviously the author views that the experts estimation of success one project mentioned in the passage is ….
  14. Dissimilar
  15. Undeniable
  16. Inaccurate
  17. Uncertain
  18. Mistaken
  19. What does the word “it” in “…which does not mean it will be built in Africa.”(paragraph 1) refer to ….
  20. Research
  21. Desert
  22. Centre
  23. Project
  24. Ground

Demikian beberapa contoh soal untuk bisa masuk ke perguruan tinggi. Nah, berbagai macam contoh soal tersebut bisa Anda jadikan latihan untuk belajar.

Pilihlah salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang Anda inginkan. Jika Anda masih gagal untuk bisa masuk melalui jalur tersebut, masih ada jalur lainnya yang bisa Anda lewati. Tetap semangat dan sering-seringlah berlatih.

97 thoughts on “Jalur Masuk Perguruan Tinggi beserta Kumpulan Soal yang Bisa Anda Pelajari

        1. Safina Rahma

          Teknologi Pendidikan masuk ke prodi rumpun Soshum. Materi yang akan keluar saat ujian mandiri akan berhubungan dengan rumpun Soshum seperti sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi.

          Balas
    1. Safina Rahma

      Bisa mempertimbangkan keinginan, kemampuan, prospek kerja, dan juga didiskusikan dengan keluarga/guru, ya, semangat terus! 😁

      Balas
        1. Safina Rahma

          Seni murni masuk ke rumpun ujian Soshum sehingga tesnya akan terkait dengan mata pelajaran IPS seperti Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Namun, perlu diperhatikan juga kalau mendaftar ke prodi tersebut biasanya kampus akan mengadakan tes seni berupa pengumpulan portfolio.

          Balas
    1. Safina Rahma

      Jurusan Administrasi Bisnis masuk ke kelompok ujian Soshum. Bisa mempelajari mata pelajaran Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan Sejarah untuk membantu di TKA-nya, ya 😊

      Balas
        1. Safina Rahma

          Arsitektur merupakan salah satu program studi yang berada dalam rumpun Saintek. Bisa mempelajari materi ujian untuk rumpun tersebut seperti Matematika IPA, Kimia, Biologi, dan Fisika.

          Balas
    1. Safina Rahma

      Teknik Informatika dan Teknik Komputer masuk ke rumpun SAINTEK. Materi yang perlu dipelajari yaitu Matematika SAINTEK, Fisika, Kimia, dan Biologi. Ayo, gabung di Indonesia College untuk mendapatkan materi belajar dan soal-soal seleksi masuk kampus yang lebih lengkap 😊

      Balas
    1. Safina Rahma

      Akuntansi masuk ke rumpun Soshum. Di UTBK, pendaftar Soshum akan menghadapi dua jenis ujian yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) yang berisi penalaran umum, pemahaman bacaan & menulis, pengetahuan & penalaran umum, serta pengetahuan kuantitatif.

      Jenis ujian yang kedua yaitu Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum yang berisi MTK Soshum, Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi.

      Bisa dipelajari materi sesuai itu, ya 😊

      Balas
        1. Safina Rahma

          Kalau ambil Manajemen berarti banyak pelajari soal ujian rumpun Soshum, ya. Materi untuk TKA-nya yaitu Matematika Soshum, Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi.

          Balas
    1. Safina Rahma

      Manajemen masuk ke rumpun Soshum. Bisa pelajari materi Soshum (MTK Soshum, Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi) untuk TKA-nya 😊

      Balas
        1. Safina Rahma

          Arkeologi masuk ke rumpun Soshum, jadi pelajari materi untuk TKA Soshum seperti Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.

          Balas
    1. Safina Rahma

      Program studi Keperawatan masuk ke rumpun Saintek. Selain Tes Potensi Skolastik (TPS), materi yang dipelajari untuk prodi ini yaitu Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek yang terdiri dari Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Jika mendaftar ke perguruan tinggi umum, Pendidikan Bahasa Arab masuk ke rumpun Soshum. Materi yang diujikan berupa TPS dan TKA (Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah).

      Sedangkan jika mendaftar ke perguruan tinggi Islam jalur mandiri, ujiannya akan sedikit berbeda. Sebagai contoh, materi seleksi jalur mandiri UIN Sunan Kalijaga bagi pendaftar rumpun Isoshum berupa Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Dirasah Islamiyah (Al-Quran Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Tauhid, Akhlak, dan Fikih), Tes Bahasa (Arab dan Inggris), serta Tes Kemampuan Dasar IPS (Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi).

      Balas
        1. Safina Rahma

          Program studi Keperawatan masuk ke rumpun Saintek. Ujiannya sendiri biasanya akan berisi Tes Potensi Skolastik dan Tes Kemampuan Akademik Saintek. Bisa mempelajari materi-materi TKA Saintek seperti Matematika IPA, Kimia, Fisika, dan Biologi.

          Balas
  1. Rizky Amaliah Bella

    Mau nanya nih kak, masuk jurusan HES atau PAI mesti belajar apa yah kak? Terima kasih sebelumnya🙏☺️

    Balas
    1. Safina Rahma

      Program studi Hukum Ekonomi Islam dan Pendidikan Agama Islam masuk ke rumpun soshum. Jika mendaftar melalui jalur umum atau SBMPTN maka materi yang perlu dipelajari yaitu TPS dan TKA Soshum (Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah). Berbeda dengan pendaftaran lewat UM PTKIN yang materi ujiannya berupa TKD, Bahasa (Inggris dan Arab), dan TKA Soshum. Materi ujian juga akan berbeda jika mengikuti seleksi mandiri tergantung pada ketentuan masing-masing perguruan tinggi.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Seleksi masuk perguruan tinggi berbeda-beda tergantung jalur yang dipilih. Jalur seleksi tanpa biaya hanyalah SNMPTN.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Prodi Olahraga masuk ke kelompok Saintek, jadi bisa pelajari materi yang sesuai seperti MTK Saintek, Biologi, Kimia, dan Fisika. Lalu untuk pendaftar prodi tersebut biasanya perlu melampirkan portfolio keterampilan olahraga seperti di UNY.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Ilmu Komunikasi masuk ke kelompok ujian Soshum, jadi tesnya berupa Tes Potensi Skolastik dan Tes Kemampuan Akademik Soshum. Mata pelajaran yang perlu dipelajari yaitu Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Ekonomi Bisnis masuk ke rumpun Soshum, materi tes secara umum yaitu TPS atau Tes Potensi Skolastik dan TKA atau Tes Kompetensi Akademik Soshum. Materi TKA yang akan diujikan dalam rumpun Soshum berupa Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Keperawatan masuk ke rumpun Saintek, jadi materi ujiannya secara umum yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Kemampuan Akademik Saintek. Tes TKA-nya sendiri akan terdiri dari MTK IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi jadi bisa mempelajari materi terkait mata pelajaran tersebut.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Manajemen Informasi masuk ke rumpun Saintek, jadi pelajari materi yang sesuai dengan itu. Tesnya sendiri untuk TKA-nya yaitu MTK IPA, Kimia, Fisika, dan Biologi.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Program studi Administrasi Publik masuk ke rumpun Soshum, jadi ujian TKA-nya akan berisi mata pelajaran Sosiologi, Geografi, Sejarah, dan Ekonomi.

      Balas
    1. Safina Rahma

      CBT Mandiri diselenggarakan oleh masing-masing universitas jadi peraturan, soal, dan pelaksanaannya bisa berbeda-beda tergantung kebijakan penyelenggara 😊

      Balas
    1. Safina Rahma

      Program studi Teknik Sipil masuk ke rumpun Saintek, jadi bisa mempelajari soal-soal terkait TKA Saintek. Materinya sendiri berkisar pada mata pelajaran MTK IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Masing-masing perguruan tinggi memiliki tes yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ujian masuk jalur umum untuk program Manajemen Logistik di ITL Trisakti meliputi Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, TPA, Bahasa Inggris, Wawancara, dan Tes Kesehatan (Bebas Narkoba). Jadi, bisa mempelajari materi terkait dengan tes tersebut 😊

      Balas
    1. Safina Rahma

      Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris masuk ke rumpun Soshum. Bisa mempelajari materi yang akan diujikan di rumpun tersebut seperti Geografi, Sosiologi, Sejarah, dan Ekonomi.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Hukum masuk ke rumpun soshum, jadi bisa mempelajari mata pelajaran yang diujikan di rumpun tersebut seperti Sosiologi, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Jurusan Bahasa Arab masuk ke rumpun Soshum. Materi ujiannya sendiri berbeda tergantung universitas masing-masing. Pada perguruan tinggi umum, materi yang diujikan akan berupa TPS dan TKA Soshum (Sosiologi, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah). Namun, jika mendaftar ke perguruan tinggi keislaman secara mandiri, materi tesnya mungkin akan lebih banyak. Materi tambahannya bisa berupa tes bahasa Inggris dan Arab serta mata pejalaran Islam (Al-Qur’an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, Akhlak).

      Balas
      1. Novia Rahma Dini

        hai kak aku mau coba tes masuk di universitas muhammadiyah malang fakultas kedokteran dan farmasi apa saja kira2 yang harus saya pelajari? mohon bantuannya kak terima kasih🙏

        Balas
        1. Safina Rahma

          Ujian mandiri untuk Fakultas Kedokteran dan Farmasi di UMM ujiannya yaitu TPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia. Bisa pelajari materi sesuai yang diujikan tersebut 😊

          Balas
  2. YELI

    Hall kak saya mau tes masuk unversitas teknologi yogyakarta jurusan elektro dan sistem komputer apa saja kira2 yang harus di pelajari ?? MHON BANTUANYA KAK TERIMA KASIH

    Balas
    1. Safina Rahma

      Ujian jalur reguler untuk UTY yaitu Tes Potensi Akademik (TPA). Materi yang diujikan sendiri kemungkinan akan berupa tes verbal, tes angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar. Jadi, bisa mempelajari soal-soal terkait atau soal psikotes.

      Balas
  3. Amanda

    hai kak aku mau coba tes masuk di Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia apa saja kira2 yang harus saya pelajari? mohon bantuannya kak terima kasih🙏

    Balas
    1. Safina Rahma

      Ujian masuk STPI Pajak dibagi dua yaitu kelompok IPA dan IPS. Ujian untuk kelompok IPA meliputi Matematika, Pengetahuan Umum, dan Bahasa Inggris. Sedangkan untuk kelompok IPS ujiannya berupa Akuntansi, Pengetahuan Umum, dan Bahasa Inggris. Jadi bisa belajar sesuai materi tersebut 😊

      Balas
    1. Safina Rahma

      Program studi Sosiologi masuk ke rumpun Soshum, jadi bisa mempelajari materi sesuai ujian rumpun tersebut seperti Sosiologi, Geografi, Sejarah, dan Ekonomi.

      Balas
  4. Eka Nurhayati

    Kak adik saya dari SMK tata busana mau ambil jurusan tata busana di PTN brarti materi yang harus dipersiapkan apa saja ya kak? mohon pencerahannya. terima kasih

    Balas
    1. Safina Rahma

      Program studi Tata Busana masuk ke rumpun Soshum. Bisa mempersiapkan diri sesuai dengan materi yang akan diujikan yaitu Sosiologi, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah 😊

      Balas
    1. Safina Rahma

      Ilmu Komunikasi masuk ke rumpun Soshum, jadi bisa dipelajari materi untuk ujian di rumpun tersebut seperti Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah.

      Balas
  5. Linda

    Kak, kalau mau masuk jurusan hukum. Tes nya seperti apa ? Dan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum daftar dan masuk jurusan hukum ?

    Balas
    1. Safina Rahma

      Ujian masuk untuk jurusan Hukum sama seperti jurusan lainnya di rumpun Soshum. Materi yang diujikan yaitu Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Pendidikan Agama Islam masuk ujian di rumpun Soshum. Materi yang akan diujikan yaitu TPS dan TKA Soshum (Sosiologi, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah). Jika mendaftar ke perguruan tinggi keislaman secara mandiri, akan ada materi tambahannya seperti tes bahasa Inggris dan Arab serta mata pejalaran Islam (Al-Qur’an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, Akhlak).

      Balas
  6. Hotmauli Simanjuntak

    Saya seorang PNS yg masih D3, mau ambil S1+ Profesi Kebidanan utk jalur beasiswa dari lemenkes. Bagaimana kiraw soal2 ujiannya? Apa sama dgn soal kukiah umum?

    Balas
    1. Safina Rahma

      Jurusan bahasa Jepang masuk ke rumpun Soshum. Bisa mempelajari materi untuk ujian Soshum seperti Sosiologi, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah.

      Balas
    1. Safina Rahma

      Jurusan pendidikan dan sastra Indonesia merupakan program yang berada di rumpun Soshum. Bisa mempelajari materi ujian di rumpun tersebut seperti Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

      Balas
    1. Nurul Febi

      Jurusan Kedokteran masuk ke rumpun SAINTEK. Materi yang perlu dipelajari yaitu TPA dan TKD Saintek (Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia). Kakak juga bisa gabung di Indonesia College untuk mendapatkan materi belajar dan soal-soal masuk Kedokteran yang lebih lengkap.

      Balas
        1. Nurul Febi

          Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota masuk ke rumpun Saintek, jadi bisa mempelajari soal-soal terkait TKA Saintek. Materinya sendiri berkisar pada mata pelajaran MTK IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.

          Balas
    1. Nurul Febi

      Jurusan Bahasa Inggris masuk ke kelompok ujian Soshum, jadi tesnya berupa Tes Potensi Skolastik dan Tes Kemampuan Akademik Soshum. Mata pelajaran yang perlu dipelajari yaitu Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah.

      Balas
  7. Nero

    Kak kalau mau masuk informatika biasanya apa yang akan diujiankan? saya sangat awam terhadap dunia informatika tetapi saya tertarik. mohon kak bantuannya.

    Balas
    1. Nurul Febi

      Program studi Informatika masuk ke rumpun Saintek. Selain Tes Potensi Skolastik (TPS), materi yang dipelajari untuk prodi ini yaitu Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek yang terdiri dari Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *