bingung memilih jurusan

Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Cobain Cara Memilih Jurusan Kuliah Ini Part 2

bimbelkedokteran.id – Memilih jurusan kuliah terkadang memanglah tidak mudah, banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika kita harus memutuskan, mana jurusan yang terbaik dan tepat bagi kita, Nah, melanjutkan pembahasan kita sebelumnya tentang Bingung Memilih Jurusan Kuliah, berikut adalah cara memilih jurusan kuliah :

1. Pilihlah Jurusan yang Disukai

Dalam memilih jurusan, hal pertama yang harus Anda lakukan agar tidak bosan di tengah jalan adalah memilih jurusan yang disukai. Di sini, Anda bisa memilih jurusan sesuai dengan hobi, cita-cita maupun hal-hal yang disukai dan dianggap keren.

Jangan sampai jurusan yang dipilih karena keterpaksaan. Pasalnya, jika jurusan yang diambil berdasarkan keterpaksaan seperti dipaksa oleh orang tua, maka dalam menjalankannya Anda tidak akan semangat lagi.

Atau mungkin jika Anda memilih jurusan karena keren dan dianggap jurusan tersebut populer namun tidak sesuai dengan passion yang dimiliki, hal ini biasanya akan mengakibatkan penyesalan yang mendalam. Jadi, pastikan bahwa Anda memilih jurusan yang disukai dan sesuai dengan bidangnya ya.

2. Akreditasi Jurusan yang Dipilih

Jika Anda sudah mendapatkan jurusan yang diingat, pastikan tidak main daftar di sembarang universitas begitu saja. namun, carilah universitas dengan jurusan tersebut yang akreditasi jurusannya sudah bagus.

Mengapa demikian? Sebab, akreditasi jurusan ini biasanya akan menjadi hal yang dipertimbangkan ketika Anda harus memasuki dunia kerja. Nah, sebelum Anda menyesal di kemudian hari karena masalah akreditasi jurusan, lebih baik tentukan jurusan mulai saat ini berdasarkan akreditasinya.

Misalnya di Universitas A jurusan Bahasa berakreditasi C, sedangkan di Universitas B jurusan Bahasa berakreditasi A. Namun, di sini Anda ingin masuk Universitas A karena banyak teman atau alasan lain.

sebaiknya buang keinginan tersebut, lebih baik memilih Universitas B dengan jurusan yang sudah terakreditasi A meskipun Anda tidak bareng dengan teman. Toh, nantinya teman juga akan didapatkan selama proses kuliah.

3. Pilihlah Jurusan yang Memiliki Banyak Peluang Kerja

Dalam memilih jurusan, Anda juga harus memperhatikan seberapa besar peluang kerja yang ada saat Anda memilih jurusan tersebut. Pasalnya, mau tidak mau hasil ending dari kuliah adalah bekerja yang sesuai dengan jurusan yang diambil.

Jika Anda memilih jurusan berdasarkan hobi saja namun peluang kerjanya kecil, hal ini tentunya hanya akan mempersulit Anda sendiri. Ingat, tetangga itu sangat julid, mereka akan menghujat siapa saja yang sudah lulus kuliah namun tidak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Untuk menutup mulut para tetangga dan demi memperoleh masa depan yang cerah setelah lulus kuliah, maka dari itu pilihlah jurusan yang memiliki banyak peluang kerja khususnya di Indonesia dan di daerah Anda.

4. Lihat Latar Belakang Kampusnya

Tidak ada salahnya sebelum Anda mendaftar kuliah untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Nah, riset ini juga bisa digunakan untuk mencari tahu jurusan yang diminati.

Di sini, Anda bisa menggunakan saudara, kakak, ataupun teman yang sudah berkuliah di suatu kampus dengan jurusan yang Anda minati. Di sini Anda bisa tanya-tanya seputar jurusan. Dijamin deh mereka bakal ngasih informasi yang sangat bermanfaat untuk Anda dan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

5. Carilah Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Anda memiliki lebih dari satu pilihan jurusan, di sini untuk lebih memantapkan hati Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan setiap opsi jurusan tersebut. Nah, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa melakukan riset melalui internet.

Langkah lain juga bisa Anda lakukan dengan bertanya kepada orang lain mengenai kelebihan dan kekurangan dari jurusan yang Anda pilih. Dari sinilah Anda akan mendapatkan kemantapan dalam memilih jurusan.

Mudah bukan? Jadi, jangan Cuma asal pilih jurusan saja ya saat memasuki universitas. Sebab, jurusan ini sangat penting terutama dijadikan sebagai modal utama untuk melamar pekerjaan kelak. Nah, tips memilih jurusan di atas juga bisa dijadikan sebagai cara memilih jurusan SBMPTN yang benar lho. So, semangat kuliah dan dapatkan pengalaman baru di dalamnya.

Baca Juga : Jurusan di Beberapa Universitas di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *