apa itu spesialis andrologi

Apa Itu Spesialis Andrologi? Ini Peran dan Penyakit yang Diatasinya

Apa Itu Spesialis Andrologi – Sudah pernahkah kamu mendengar istilah dokter andrologi? Banyak sekali orang yang belum mengenal peran dokter andrologi ini. Padahal perannya sangat penting, terutama untuk para pria. Dokter andrologi sendiri merupakan spesialisasi yang berarti bukan merupakan dokter umum, melainkan ada pendidikan khusus tersendiri. Daripada lama-lama dalam kebingungan, yuk simak penjelasan mengenai dokter spesialis Andrologi ini!

Mengenal Apa Itu Spesialis Andrologi

Berdasarkan asal katanya, Andros dari bahasa Yunani berarti laki-laki. Dokter andrologi sendiri berarti adalah dokter spesialis yang akan menangani masalah sistem reproduksi pada pria, terutama dalam gangguan kesuburan atau juga gangguan fungsi seksual. Dalam pendidikannya, spesialis andrologi akan mendapatkan gelar Sp.And.

Nah karena ini merupakan spesialisasi yang berfokus pada satu masalah gangguan, proses pendidikannya pun lebih lama dibandingkan dokter umum. Nantinya dokter umum yang sudah menyelesaikan pendidikan S1 harus melanjutkan pendidikan lagi selama kurang lebih 6 semester di bidang andrologi.

Baca juga: Masih Bingung Sama Koas Kedokteran? Ini Tugas Koas di Rumah Sakit

Masalah Sistem Reproduksi Pria yang Bisa Ditangani Dokter Andrologi

Ilmu andrologi modern mengaplikasikan kemajuan dalam bidang kedokteran dan disiplin ilmu lainnya seperti biologi molekuler, mikroskopis, dan genetika. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu hidup dan mengatasi masalah yang timbul dalam sistem reproduksi pria.

Beberapa kondisi pada organ reproduksi pria yang dapat ditangani oleh dokter andrologi meliputi:

1.    Infertilitas Pria

Dalam kasus kesuburan sepasang suami istri, faktor ketidaksuburan pria memiliki prosentase 50%. Meski begitu masih banyak yang hanya berfokus pada sang istri dalam hal ini. Maka dari itu penting mendapatkan edukasi masalah hal ini, dan mencari bantuan dengan datang ke dokter spesialis andrologi untuk memberikan perawatan tepat untuk masalah ketidaksuburan faktor pria.

2.    Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi, yang mengacu pada kesulitan mencapai atau mempertahankan ereksi selama aktivitas seksual, merupakan masalah yang mungkin membuat pria merasa tidak nyaman. Namun, dengan penanganan yang tepat oleh ahli andrologi, kondisi ini dapat diatasi melalui pengobatan yang sesuai.

3.    Gangguan Prostat

Gangguan prostat biasanya sering terjadi pada pria yang sudah berusia di atas 50 tahun. Prostat sendiri adalah kelenjar yang berhubungan dengan produksi sperma pada pria. Masalah-masalah umum yang berhubungan dengan kelenjar ini antara lain: Pembesaran Kelenjar Prostat, Prostatitis, dan kanker prostat.

4.    Kekurangan Hormon Pria

Ketika ada kekurangan hormon atau androgen pada pria, yang memiliki peran utama dalam memberi mereka ciri-ciri khas laki-laki, ini dapat menghasilkan berbagai masalah kesehatan tambahan. Menghubungi dokter ahli andrologi bisa menjadi langkah yang berguna untuk mengidentifikasi akar permasalahan dan menemukan solusi yang efektif terhadap masalah kesehatan yang sedang dialami.

Untuk memberikan perawatan terbaik kepada pasiennya, seorang dokter spesialis andrologi memiliki keterampilan dalam melakukan berbagai prosedur medis. Di antara tindakan medis yang dapat dilakukan oleh dokter andrologi adalah:

  • Pemeriksaan sperma dan air mani
  • Kriopreservasi, yaitu teknik untuk menyimpan dan membekukan sel sperma
  • Pengobatan untuk mendukung proses pembuahan dan spermatogenesis
  • Penyediaan kontrasepsi bagi pria
  • Terapi hormon
  • Pelaksanaan prosedur bayi tabung (in vitro fertilization)

Perbedaan Andrologi dan Urologi

Walaupun keduanya terlibat dalam bidang kesehatan reproduksi, andrologi dan urologi memiliki fokus yang berbeda. Andrologi menitikberatkan pada permasalahan sistem reproduksi pria, sedangkan urologi mencakup penyakit dan gangguan pada saluran kemih serta sistem reproduksi pada pria maupun wanita.

Dokter urologi menangani berbagai kondisi kesehatan seperti gangguan prostat, penyakit ginjal (seperti batu ginjal atau gagal ginjal), masalah disfungsi ereksi, infeksi saluran kemih, inkontinensia, serta prolaps pada wanita.

Demikianlah informasi seputar apa itu spesialis andrologi pada kedokteran. Untuk menjadi dokter spesialis ini, kamu harus menempuh pendidikan spesialis lagi dengan waktu yang lebih lama. Bagaimana, tertarik?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Apa Itu Spesialis Andrologi? Ini Peran dan Penyakit yang Diatasinya

  1. Ping-balik: Dokter Spesialis Bedah Digestif: Pengertian dan Kondisi Medis yang Bisa Ditangani - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *