kedokteran di jakarta

Daftar PTN dan PTS yang Membuka Jurusan Kedokteran di Jakarta

Kedokteran di Jakarta – Jurusan Kedokteran merupakan jurusan rumpun Saintek yang selalu banyak peminatnya di hampir semua kampus yang membuka jurusan ini. Jurusan ini memang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Tidak heran, jurusan ini memiliki persaingan yang sangat ketat di setiap jalur seleksinya.

Kota Jakarta memiliki beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang membuka jurusan Kedokteran. Kedokteran di universitas swasta di Jakarta juga banyak yang memiliki fasilitas yang lebih unggul dan tenaga pendidiknya juga tidak kalah bagus. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi Kedokteran di kota Jakarta, simak di bawah ini daftar perguruan tingginya.

Universitas Indonesia (UI)

Fakultas Kedokteran UI (FKUI) merupakan fakultas kedokteran tertua dan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Kurikulum Fakultas yang saat ini diterapkan adalah Kurikulum Fakultas 2012 yang merupakan perbaikan dari Kurikulum Fakultas 2005. Sarjana Kedokteran FKUI diselesaikan dalam waktu 7-8 semester dengan bobot 144 SKS.

Universitas Yarsi

Universitas Yarsi merupakan universitas Islam swasta yang membuka jurusan Kedokteran. Fasilitas di jurusan ini juga lengkap untuk menunjang pembelajaran mahasiswa. Kedokteran di Universitas Yarsi telah terakreditasi A dan merupakan salah satu jurusan Kedokteran terbaik di Indonesia.

Universitas Pelita Harapan (UPH)

Para mahasiswa di jurusan ini akan belajar ilmu kedokteran, kesehatan masyarakat, dan seni perawatan melalui kurikulum pembelajaran inovatif yang berbasis pemecahan masalah. UPH juga berkolaborasi dengan berbagai institusi perawatan kesehatan swasta dan pemerintah, khususnya di rumah sakit pengajaran UPH yaitu Rumah Sakit Umum Siloam. Hal ini memberi kesempatan mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan dengan pengalaman langsung.

Universitas Tarumanagara (Untar)

Proses pembelajaran pada program studi Sarjana Kedokteran berlangsung selama 7 semester terdiri dari 2 tahap, yaitu ilmu kedokteran dasar (basic medical science) dan ilmu pengetahuan klinik (clinical science). Ilmu kedokteran dasar bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar (generik) selama 2 semester, sedang ilmu kedokteran klinik bertujuan memberi pengetahuan tentang fungsi tubuh manusia, proses terjadinya penyakit, berbagai macam penyakit dan bagaimana menanggulanginya, baik pada individu maupun di masyarakat dengan prinsip kuratif, promotif, dan preventif.

Kompetensi yang harus dicapai dipilah ke dalam 21 blok yang diberi nama menurut ilmu kedokteran dasar dan sistem faali tubuh manusia. Satu semester terdiri dari 3 blok dan tiap blok berlangsung selama 6 atau 7 minggu. Tiap blok terdiri dari satu sampai tiga modul pembelajaran.

Selain itu, mahasiswa juga harus menyusun proposal penelitian dan melakukan penelitian yang disusun dalam skripsi. Mahasiswa dinyatakan lulus dan mendapat gelar Sarjana Kedokteran setelah menyelesaikan dan lulus 21 blok dan lulus sidang skripsi.

Baca juga 9 Prospek Kerja untuk Lulusan Kedokteran

Universitas Trisakti

Prodi Kedokteran merupakan tahap pendidikan akademik S1 yang setara dengan KKNI jenjang 6. Lulusan prodi ini nantinya akan mendapat gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang mengacu pada Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) level 6.

Kurikulum Pendidikan Tinggi dilaksanakan dengan mengutamakan Student Centered Learning (SCL) melalui metode pembelajaran “Cooperative”, Collaborative Learning System” dan “Problem Based Learning” yang lebih mengarahkan mahasiswa kepada active learning. Kurikulum Pendidikan Tinggi FK Trisakti juga dijalankan dengan menggunakan strategi pembelajaran SPICES.

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma merupakan universitas swasta Jakarta yang membuka jurusan Kedokteran. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu memberikan layanan dan informasi kesehatan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dengan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada profesi kedokteran dan edukasi publik dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan, kualitas hidup, serta kemudahan, keterjangkauan, dan pemerataan akses layanan kesehatan dalam mendukung daya saing bangsa.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Tahap akademik untuk mahasiswa Program studi Pendidikan Dokter UIN Syarif Hidayatullah minimal 3,5 tahun dan maksimal 5 tahun. Lulusan prodi ini nantinya akan mendapat gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Pendidikan Dokter di UIN Jakarta sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Kedokteran dan Kesehatan dan mendapat akreditasi B oleh BAN-PT. Kedokteran di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ membuka program sarjana dan profesi dokter. Ujian Seleksi PMB FKK UMY terdapat 3 cara yaitu One Day Service, SBMPTM, dan Seleksi Bersama PMB FKK UMJ.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di jurusan Kedokteran di Jakarta, cek Daftar PTN dan PTS yang Membuka Jurusan Kedokteran di Jakarta di atas, ya. Semoga bermanfaat.


Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahun, UTBK Kedokteran, KKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Daftar PTN dan PTS yang Membuka Jurusan Kedokteran di Jakarta

  1. Ping-balik: Daftar Kampus dengan Fakultas Kedokteran di Jawa Timur | Bimbel Kedokteran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *