jurusan ilmu perpustakaan

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan Ilmu Perpustakaan!

Jurusan Ilmu Perpustakaan – Ada berbagai jurusan yang bisa dipilih ketika seseorang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. Di antara banyaknya jurusan tersebut, ada beberapa program yang jarang dipilih, seperti Ilmu Perpustakaan.

Banyak yang beranggapan bahwa di Ilmu Perpustakaan, mahasiswa hanya akan belajar tentang penataan buku. Ketika lulus pun mahasiswa jurusan ini dianggap memiliki karier yang sempit yaitu menjadi pustakawan. Apakah hal itu benar?

Kenyataannya, jurusan Ilmu Perpustakaan mempelajari ilmu yang luas dan tidak terbatas pada buku saja. Mahasiswa akan belajar banyak hal yang bisa digunakan sebagai bekal untuk masuk ke dunia kerja. Yuk, simak penjelasan tentang Ilmu Perpustakaan di bawah ini!

Mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan adalah bidang studi yang mempelajari tentang perpustakaan, pengarsipan, informasi teknologi, manajemen, menyimpan data, dan lain sebagainya. Mahasiswa di jurusan akan belajar cara mengelola informasi baik itu berbentuk cetak atau digital seperti arsip dan rekod.

Jurusan ini merupakan program yang unik di perguruan tinggi. Ilmu Perpustakaan berada di rumpun sosial dan humaniora atau soshum namun ketika kuliah juga akan mempelajari ilmu saintek. Mahasiswa akan banyak belajar ilmu tentang teknologi dan informasi terutama yang berkaitan dengan pengelolaan informasi dan arsip.

Selain itu, di jurusan ini mahasiswa tidak hanya belajar tentang pengelolaan media seperti buku. Ada berbagai jenis dokumen yang perlu dipelajari pengelolaannya seperti kaset, film, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan karena setiap perusahaan membutuhkan seorang ahli pengelolaan arsip.

Baca juga Daftar Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Memiliki Peluang Kerja Besar

Materi yang Dipelajari Mahasiswa Ilmu Perpustakaan

Mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan akan mempelajari banyak hal seputar perpustakaan, arsip, dan juga teknologi informasi. Pembelajaran ini tentunya akan berbeda-beda karena setiap kampus memiliki kurikulum yang berbeda-beda. Dalam setiap kurikulum, terdapat berbagai mata kuliah sesuai standar kompetensi setiap perguruan tinggi.

Mata kuliah yang terdapat dalam jurusan ini perlu diambil oleh mahasiswa. Mata kuliah perlu diambil supaya mahasiswa bisa mendapatkan ilmu sesuai jurusan dan lulus sebagai sarjana. Sebagai contoh, berikut ini mata kuliah Ilmu Perpustakaan di UIN Sunan Kalijaga.

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Ilmu Perpustakaan

Meskipun Ilmu Perpustakaan termasuk sebagai jurusan yang tidak terlalu banyak diminati, program ini cukup dikenal dan diajarkan di banyak perguruan tinggi. Jika tertarik masuk ke jurusan ini, kamu memiliki banyak pilihan kampus di antaranya yaitu:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Diponegoro
  • UIN Sunan Kalijaga
  • UIN Syarif Hidayatullah
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Yarsi
  • Universitas Sumatera Utara

Itulah penjelasan tentang Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan Ilmu Perpustakaan! Jurusan ini mempelajari ilmu yang luas dan banyak dibutuhkan di dunia kerja. Jika tertarik, kamu bisa mendaftar ke berbagai perguruan tinggi yang membuka jurusan ini.


Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahun, UTBK Kedokteran, KKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan Ilmu Perpustakaan!

  1. Ping-balik: Berbagai Jurusan Kuliah untuk Kamu Lulusan Kelas Bahasa - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *