Mengenal Fakultas Kedokteran Undip di Sini

Fakultas Kedokteran Undip – Salah satu pilihan untuk menempuh pendidikan dokter terbaik di Indonesia ada di Universitas Diponegoro (Undip). Fakultas kedokteran undip yang telah berdiri sejak tahun 1961 ini berafiliasi dengan Rumah Sakit Dr. Kariadi untuk  menyediakan pendidikan bagi mahasiswa kedokteran, intern/koas, dan residen spesialis.

Fakultas kedokteran Undip memiliki 4 departemen pendidikan seperti Departemen Kedokteran, Departemen Ilmu Keperawatan, Departemen Ilmu Gizi, dan Departemen Kedokteran Spesialis. Bagi kamu yang tertarik untuk berkuliah di Fakultas Kedokteran Undip, kenali lebih dalam Fakultas Kedokteran Undip di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Tips Masuk Fakultas Kedokteran

Visi Misi Fakultas Kedokteran Undip

Visi

Tahun 2024, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menjadi pusat pendidikan berbasis riset yang unggul di bidang kedokteran dan kesehatan.

Misi

  • Menyelenggarakan program pendidikan kedokteran dan kesehatan yang bermutu dan unggul serta kompetitif di tingkat nasional dan atau internasional
  • Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan publikasi, Hak Kekayaan Intelektual, buku, kebijakan, dan teknologi kedokteran dan kesehatan yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan keunggulan spesifik baik di tingkat nasional dan atau internasional
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dapat menghasilkan publikasi, hak kekayaan intelektual, buku, kebijakan, dan teknologi kedokteran dan kesehatan yang berhasil guna dan berdaya guna dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal
  • Menyelenggarakan tata kelola pendidikan tinggi yang efisien, akuntabel, transparan, dan berkeadilan

Program Studi Fakultas Kedokteran Undip

Berikut Program studi fakultas kedokteran Undip terbagi kedalam beberapa departemen:

Departemen Kedokteran

Program StudiAkreditasi
Program Studi KedokteranUnggul
Program Studi Pendidikan Profesi DokterUnggul
Program Studi Magister Ilmu BiomedikA
Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan KesehatanA
Program Studi FarmasiB
Program Studi Kedokteran GigiB
Program Studi Pendidikan Profesi Dokter GigiC

Departemen Ilmu Keperawatan

Program StudiAkreditasi
Program Studi Ilmu KeperawatanUnggul
Program Studi Profesi NersUnggul
Program Studi Magister KeperawatanA

Departemen Ilmu Gizi

Program StudiAkreditasi
Program Studi Ilmu GiziA
Program Studi Magister Ilmu GiziA

Departemen Kedokteran Spesialis

Program StudiAkreditasi
Program Studi OphthalmologyUnggul
Program Studi Ilmu Kesehatan AnakUnggul
Program Studi Ilmu Penyakit DalamUnggul
Program Studi Ilmu BedahUnggul
Program Studi Ilmu Kesehatan THT-KLUnggul
Program Studi Ilmu Kedokteran Fisik dan RehabilitasA
Program Studi Mikrobiologi KlinikUnggul
Program Studi RadiologiUnggul
Program Studi NeurologiUnggul
Program Studi AnestesiologiUnggul
Program Studi Obstetri dan GinekologiUnggul
Program Studi Forensik dan MedikolegalA
Program Studi Gizi KlinikUnggul
Program Studi Dermatologi Dan VenereologyA
Program Studi Patologi AnatomiA
Program Studi Patologi KlinikA
Program Studi PsikiatriUnggul
Program Studi Jantung dan Pembuluh DarahA
Program Studi Bedah SarafB

Fasilitas

Dalam menunjang proses pendidikan dan penelitian mahasiswa fakultas kedokteran, Universitas Diponegoro menyediakan berbagai fasilitas, salah satunya seperti laboratorium. Laboratorium di lingkungan Fakultas Kedokteran merupakan laboratorium pengembangan ilmu yang menyediakan layanan pendidikan dan penelitian, terdapat 6 laboratorium dalam fakultas kedokteran Universitas Diponegoro, yaitu:

  • Laboratorium Keterampilan Klinik

Merupakan laboratorium yang dapat digunakan untuk mengasah keterampilan mahasiswa dengan kasus – kasus yang sesuai keadaan dan kondisi di lapangan.

  • Laboratorium Uji Hewan Coba

Laboratorium ini memfasilitasi kegiatan penelitian yang menggunakan sampel hewan coba terutama mencit dan tikus. Selain itu, laboratorium ini juga menyediakan pemeliharaan, perlakuan hingga pengambilan sampel hewan coba, dan memiliki beberapa ruangan utama, antara lain ruang pemeliharaan hewan coba, ruang tindakan, dan ruang pemrosesan sediaan histopatologi.

  • Laboratorium Sentral

Merupakan laboratorium yang berorientasi pada pendidikan dan penelitian, yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika FK Undip termasuk fakultas lain di lingkungan Undip. Laboratorium ini juga terbuka untuk melayani kebutuhan masyarakat (pengguna) secara profesional.

  • Laboratorium Komputer

Pada laboratorium komputer memiliki jumlah workstation, di Labkom 1 sebanyak 150 workstation dan labkom 2 sebanyak 140 workstation.

  • Laboratorium Biomedik Dasar

Merupakan laboratorium utama pelaksanaan praktikum terutama untuk Prodi Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi. Memiliki beberapa ruangan, antara lain Lab Anatomi, Lab Basah, Lab Kering, Lab Farmasi (termasuk Farmakokimia, Teknologi Farmasi, Biologi Farmasi, dan Mikrobiologi), serta Preklinik Gigi.

  • Laboratorium Sentral

Laboratorium sentral berada di kompleks Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) persis di samping Fakultas Kedokteran Undip. Selain itu, tedapat beberapa lab pada laboratorium sentral seperti, Laboratorium GAKI, Laboratorium Sitogenetika & Molekuler, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Bakteriologi, dan lainnya.

Itulah informasi mengenai Fakultas Kedokteran Undip yang bisa kamu jadikan referensi sebagai pilihan kampus untuk melanjutkan pendidikan kedokteran.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id. dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Mengenal Fakultas Kedokteran Undip di Sini

  1. Ping-balik: Kenalan dengan Fakultas Kedokteran UNESA - Kelebihan, Biaya, dan Pendaftarannya - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *