kampus yang membuka jurusan ilmu gizi

Tertarik Kuliah di Jurusan Ilmu Gizi? Simak! Beberapa Kampus yang Membuka Jurusan Ini

Kampus yang Membuka Jurusan Ilmu Gizi – Jurusan Ilmu Gizi termasuk program studi di bidang sains dan teknologi yang cukup banyak peminatnya. Jurusan ini belakangan diminati karena meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Terlebih masalah kekurangan gizi masih belum bisa dituntaskan di Indonesia.

Program studi Ilmu Gizi mempelajari ilmu kesehatan yang berfokus pada asupan gizi manusia. Jurusan ini berkaitan erat dengan mempelajari pentingnya nutrisi, terutama asupan makanan dengan kesehatan. Bagi kamu yang tertarik kuliah di jurusan ini, simak beberapa kampus yang membuka jurusan Ilmu Gizi di bawah ini.

IPB University

Program studi S1 Ilmu Gizi IPB masuk ke dalam Departemen Gizi Masyarakat dan telah terakreditasi A oleh LAM-PTKes. Program studi S1 Ilmu Gizi IPB diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan akan ahli gizi berkualitas tinggi yang diharapkan dapat berkontribusi untuk memecahkan masalah terkait gizi dan kesehatan untuk mencapai target Millennium Development Goals (MDGs).

Prodi S1 Ilmu Gizi dikembangkan berdasarkan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) dan Kurikulum Nasional Standar untuk Program Sarjana Ilmu Gizi yang dirumuskan oleh organisasi profesi gizi yaitu Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI), dan Kolegium Ilmu Gizi Indonesia (KIGI).

Kompetensi lulusan prodi S1 Ilmu Gizi IPB dirumuskan berdasarkan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) yang terdiri dari tiga aspek, yaitu:

  • Lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai
  • Kemampuan di bidang kerja
  • Kemampuan manajerial

Universitas Brawijaya

Jurusan Gizi berada di bawah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya (UB) yang terletak di Jalan Veteran Malang. Pendirian jurusan Gizi diawali dengan usulan pendirian program studi S1 Gizi didukung sepenuhnya oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDM) Depkes RI dan Southeast Asian Ministers of Education Tropical Medicine (SEAMO TROPMED), yang memandang perlu dibukanya S1 Ilmu Gizi.

Baca juga Apa Itu Jurusan Ilmu Gizi? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Universitas Diponegoro (Undip)

Program Studi Ilmu Gizi (PSIG) FK Undip mulai berdiri pada tahun 2002. Prodi ini lahir dari bagian gizi yang ada di Fakultas Kedokteran. PSIG Fakultas Kedokteran Undip merupakan salah satu pioner dalam pendirian Program Sarjana Gizi di Indonesia bersama 4 universitas lain yaitu UGM, UB, Unhas, dan Universitas Esa Unggul.

Program Studi Ilmu Gizi terus berkembang dengan baik dari sisi SDM serta sarana dan prasarana. Pada tahun 2014, dibentuklah Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran dengan bergabungnya Magister Ilmu Gizi. Sejak tahun 2018, PSIG berubah nama menjadi Program Studi Gizi (PSG).

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Program Studi Ilmu Gizi Unsoed didirikan tahun 2010 dan mulai menyelenggarakan pendidikan untuk pertama kali mulai tahun ajaran 2011-2012. Prodi Ilmu Gizi bergabung dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan. Prodi Ilmu Gizi bergabung dengan jurusan Kesehatan Masyarakat, Jurusan Farmasi, Jurusan Keperawatan dan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menjadi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan.

Struktur Kurikulum

Kurikulum pada jurusan Ilmu Gizi Unsoed terdiri dari kelompok:

  1. Kelompok Biomedik
  2. Kelompok Ilmu Pangan
  3. Kelompok Ilmu Gizi
  4. Kelompok Ilmu Sosial
  5. Kelompok Ilmu Kesehatan Masyarakat
  6. Kelompok Riset

Universitas Airlangga (Unair)

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM UNAIR) merupakan salah satu pelopor berdirinya Fakultas Kesehatan Masyarakat di Indonesia, salah satu prodinya yaitu Ilmu Gizi. Prodi ini ditempuh selama 8 semester dengan 146 SKS. Lulusan dari Program S1 Ilmu Gizi nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Gizi (S.Gz).

Universitas Indonesia (UI)

Kebutuhan terhadap sarjana di bidang gizi baik dari kualitas yang prima maupun kuantitas terlihat dari kecenderungan peningkatan jumlah peminat bidang studi gizi di FKM UI yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut mulai tahun 2008, Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat UI membuka Program Studi Sarjana Gizi.

Lulusan prodi ini nantinya akan bergelar Sarjana Gizi (S.Gz). Kurikulum penyelenggaraan perkuliahan jurusan Gizi UI dengan bobot total 144 SKS yang mengacu pada kurikulum organisasi profesi.

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Pembentukan prodi Ilmu Gizi Unhas didasari oleh komitmen Pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas dan seluruh staf yang berada di Bagian Gizi. Prodi Ilmu Gizi Unhas masuk ke dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat. Prodi Ilmu Gizi berdiri pada tanggal 22 September 2005 dan telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Institut Kesehatan Indonesia (IKI) Jakarta

Prodi Ilmu Gizi Institut Kesehatan Indonesia (IKI) merupakan program strata 1 yang terletak di Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Prodi ini memiliki visi yaitu menjadi Program Studi Sarjana Ilmu Gizi yang bermutu, handal, dan bermartabat dalam menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang gizi serta menghasilkan sarjana gizi profesional.

Pengajar di prodi Ilmu Gizi memiliki dosen-dosen yang berkompeten di setiap bidang keilmuan dan institut kesehatan Indonesia memiliki ruang belajar yang nyaman dan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya. Mahasiswa Ilmu Gizi IKI Jakarta turut aktif di berbagai kegiatan luar ataupun dalam kampus, sehingga mengasah kemampuan mahasiswa untuk lebih terampil, inovatif, dan kreatif.

Universitas Esa Unggul

Prodi S1 Ilmu Gizi Universitas Esa Unggul telah terakreditasi A oleh LAM-PTKes. Pembelajaran prodi ini berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet) sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi. Selain itu, ada praktikum di laboratorium dengan fasilitas terbaik, serta praktik kerja lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Itulah Tertarik Kuliah di Jurusan Ilmu Gizi? Simak! Beberapa Kampus yang Membuka Jurusan Ini. Semoga artikel di atas dapat dijadikan referensi bagi kamu yang ingin mencari perguruan tinggi pilihan untuk melanjutkan studi di jurusan Ilmu Gizi.


Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahun, UTBK Kedokteran, KKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Tertarik Kuliah di Jurusan Ilmu Gizi? Simak! Beberapa Kampus yang Membuka Jurusan Ini

  1. Ping-balik: 15 Daftar Kampus Negeri dan Swasta yang Ada di Bali - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *