kedokteran ui

Simak Informasi Mengenai Kedokteran UI di Sini!

Kedokteran UI – Fakultas Kedokteran UI merupakan fakultas kedokteran tertua dan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Pendidikan Dokter di FKUI selalu banyak pendaftar tiap tahunnya dan memiliki persaingan yang sangat ketat. FKUI juga terus mencetak calon dokter yang berkualitas tiap tahunnya.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia telah menjadi institusi pendidikan tinggi ilmu kedokteran yang berorientasi pada sistem pendidikan kedokteran berbasis penelitian untuk kemanusiaan. FKUI merupakan salah satu pilar utama pendidikan tinggi kedokteran yang menyediakan pembelajaran yang berkualitas.

Kamu yang ingin melanjutkan studi di Kedokteran UI, Simak Informasi Mengenai Kedokteran UI di Sini! berikut ini.

Mengenal Visi dan Misi Fakultas Kedokteran UI

Visi dan Misi FK UI

Visi FK UI

Menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran, dan budaya yang unggul dan berdaya saing, melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga berkontribusi bagi pembangunan Indonesia dan dunia.

Misi FK UI

  1. Menyediakan akses yang luas dan adil serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas;
  2. Menyelenggarakan kegiatan Tridarma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global;
  3. Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur, dan mampu bersaing secara global;
  4. Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi UI;
  5. Menyelenggarakan sistem kesehatan akademik (Academic Health System, AHS) untuk pembangunan kesehatan wilayah.

Kurikulum Fakultas yang saat ini diterapkan adalah Kurikulum Fakultas 2012 yang merupakan perbaikan dari Kurikulum Fakultas 2005. Kurikulum FK UI merupakan kurikulum pendidikan dokter modern yang menerapkan strategi pembelajaran antara lain student centered, problem based, integrated, community based, early clinical exposure, elective, dan systematic.

Baca juga Seleksi Masuk dan Biaya Kedokteran UGM

FK UI berupaya membentuk lulusan dokter yang memiliki:

  • Kemampuan untuk belajar sepanjang hayat sehingga mampu mengemas ilmu-ilmu kedokteran terkini yang berbasis bukti dalam praktik sehari-hari.
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan, menganalisis dan mengatasinya secara efektif, efisien, berbudaya, dan penuh perikemanusiaan.
  • Berperilaku profesional dalam berbagai lingkungan kerja, senantiasa mempunyai komitmen tinggi untuk melakukan tugas-tugas profesinya secara penuh tanggung jawab, mengedepankan prinsip-prinsip etika kedokteran, budaya, kolegialitas dan peka terhadap masalah kesehatan masyarakat yang beraneka ragam.

Dokter lulusan FK UI diharapkan dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan yang tercakup dalam area kompetensi sebagai berikut.

  • Profesionalitas
  • Mawas diri dan pengembangan diri
  • Komunikasi efektif
  • Pengelolaan informasi
  • Landasan ilmiah ilmu kedokteran
  • Keterampilan klinis
  • Pengelolaan masalah kesehatan
  • Riset
  • Pengelolaan kegawatdaruratan kedokteran dan kesehatan
  • Manajemen pelayanan kesehatan  

Seleksi masuk jalur reguler untuk calon mahasiswa FK UI program Sarjana antara lain SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan SIMAK UI. Sedangkan untuk kelas internasional melalui jalur Talent Scouting dan SIMAK UI.

Tahapan Pendidikan di FKUI

  • Semester I: Pendidikan umum dan ilmu dasar kedokteran.
  • Semester II – VI: Ilmu dasar kedokteran terpadu dengan keterampilan dasar klinis.
  • Semester VII – XI: praktik di kilinik/rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat dengan program pilihan dan elective posting.
  1. Sarjana Kedokteran FKUI : bergelar S.Ked. dan diselesaikan dalam waktu 7 – 8 semester (144 SKS).
  2. Dokter FKUI : bergelar dr. dan dapat ditempuh dalam waktu 4 semester (40 SKS).
  3. Gelar tambahan dari institusi pendidikan afiliasi bagi peserta pendidikan dokter kelas internasional.
  • Bachelor of Medical Science from University of Meulbourne, Australia
  • Bachelor of Medical Science (hon) from Monash University, Australia
  • Master of Research from University of Newcastle Upon Tyne, UK

Biaya Pendidikan

  • Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan: Penerapan dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UI. BOP-B merupakan skema yang memungkinkan mahasiswa membayar biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua, wali, atau penanggung biaya pendidikan.
  • Biaya Operasional Pendidikan Pilihan: Calon mahasiswa yang mengajukan BOP-P dapat menentukan sendiri biaya pendidikan yang akan dibayarkan. Calon mahasiswa mempunyai pilihan untuk berkontribusi lebih kepada pendidikan di UI. Besaran BOP-P lebih besar dari batas maksimal yang ditetapkan untuk BOP-B.

Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahun, UTBK Kedokteran, KKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Simak Informasi Mengenai Kedokteran UI di Sini!

  1. Ping-balik: Serba-serbi Pendidikan Dokter di UII - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *