Pendaftaran UTUL UGM beserta Contoh Soal UTUL UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu universitas favorit di Indonesia yang banyak dipilih oleh para lulusan SMA/MA/SMK untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Universitas unggulan yang satu ini juga masuk ke dalam jajaran universitas terbaik di dunia. Tak ayal, jika UGM mampu mencetak para lulusan yang unggul dalam bidang yang digelutinya.

Untuk bisa masuk dan menjadi mahasiswa UGM, ada beberapa jalur yang bisa Anda lewati. Salah satunya yakni dengan mengikuti UTUL UGM. Apa itu UTUL UGM dan bagaimana cara pendaftaran UTUL UGM? UTUL UGM merupakan singkatan dari Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada.

Untuk jenis jalur masuk yang satu ini merupakan sebuah seleksi dengan menggunakan kombinasi antara hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh pihak UGM itu sendiri.

Hal ini membuka peluang bagi para lulusan SMA/SMA/MA sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018 dan 2017 untuk bisa mengikuti seleksi. Para calon mahasiswa tersebut diwajibkan untuk memilih 3 (tiga) dari program studi yang terdapat di Program Sarjana dan/atau Program Diploma serta sesuai dengan kelompok UTBK yang diinginkan oleh calon mahasiswa.

Di dalam Ujian Tulis UGM tersebut terbagi menjadi 3 kelompok, yakni:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Nah, Anda bisa memilih salah satu dari ketiga kelompok ujian tersebut. Namun, untuk bisa mengikuti UTUL UGM ini, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang ada di dalamnya. KIra-kira, persyaratan apa saja yang harus Anda penuhi? Berikut pembahasannya.

Ketentuan Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendaftar adalah SMA/SMK/MA, atau sederajat, atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017.
  3. Mempunyai sertifikat hasil UTBK.
  4. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak memerlukan proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Ketentuan Khusus

  1. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah.
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang tinggi memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi topi/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah. SKL wajib diambil saat mengikuti ujian tulis.

Tentu saja, ketentuan yang sudah disebutkan tersebut harus Anda penuhi, baik itu untuk ketentuan yang ditujukan secara umum, ataupun ketentuan yang ditujukan secara khusus. Nah, berdasarkan pernyataan yang ada disebut dalam ketentuan di atas, UTUL UGM ini boleh diikuti bagi para lulusan dari tahun 2017, 2018 dan 2019.

Tentu, ini menjadi sebuah kesempatan yang sangat baik, terutama bagi Anda yang para lulusan tahun 2017 dan 2018 yang masih sangat ingin untuk menjadi bagian dari Universitas Gadjah Mada. Selain harus mematuhi beberapa ketentuan umum dan ketentuan khusus yang sudah disebutkan di atas, para peserta ujian tulis UGM pun harus mengetahui prosedur apa saja yang harus dijalankan.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca prosedur di bawah ini. Nah, prosedur dari ujian tulis tersebut juga menjelaskan berapa besaran biaya UTUL UGM yang harus Anda bayarkan.

Prosedur UTUL UGM

  1. Membuat akun pendaftaran melalui http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke halaman tersebut untuk mendapatkan daftar pendaftaran secara online. bagi pendaftar jalur ujian berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, pilih pilihan sesuai dengan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi persyaratan, kemudian mengalihkan data untuk menerima kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi pembayaran Bank mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA.
Kelompok BIaya Pendaftaran
Soshum Rp 300.000
Santa Rp 300.000
Campuran Rp 325.000

*) Untuk memilih maksimal 3 (tiga) program studi

  1. Mencetak bukti pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  2. Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian, sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.

Di dalam prosedur di atas sudah dijelaskan mengenai rincian biaya dari setiap kelompok ujian. Namu, di bawah ini juga akan dijelaskan mengenai petunjuk pembayaran dari biaya pendaftaran. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, berikut ini penjelasannya.

Petunjuk Pembayaran Biaya Pendaftaran

Untuk pembayaran dari biaya pendaftaran tersebut bisa Anda lakukan di beberapa bank seperti, BTN, BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri (BSM), BPD DIY, BNI Syariah, dan CIMB Niaga. Untuk metode pembayarannya yakni sebagai berikut:

Pembayaran Lewat Teller

  1. Untuk pembayaran melalui teller Anda bisa langsung datang ke kantor cabang dari BNI, BTN, BRI, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri (BSM), BPD DIY, BNI Syariah serta CIMB NIAGA.
  2. Anda tidak perlu menggunakan nomor rekening tujuan. Hanya cukup dengan memberitahukan kode bayar yang diperoleh setelah Anda selesai melakukan pendaftaran serta mengunci data (submit).
  3. Teller bank kemudian akan mencatatkan data pembayaran ke Sistem Host To Host UGM.
  4. Jika transaksi telah berhasil dibukukan, teller kemudian akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.

Nah, selain Anda bisa melakukan pembayaran lewat teller, Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui ATM, internet bankin ataupun SMS banking. Dengan adanya berbagai macam metode pembayaran tersebut, tentu akan membantu Anda untuk lebih mudah dalam melakukan pembayaran.

Ada banyak hal yang harus Anda siapkan saat mendaftar UTUL UGM yang satu ini. Selain beberapa hal di atas, Anda juga harus melengkapi beberapa dokumen. Adapun beberapa dokumen yang harus Anda penuhi, sebagai berikut.

Kelengkapan Dokumen UTUL

  1. Ijazah untuk lulusan tahun 2017 dan 2018, atau Surat Keterangan Lulus (SKL) untuk lulusan tahun 2019.
  2. Sertifikat hasil UTBK.
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK)

*untuk semua dokumen yang harus Anda lengkapi tersebut harus di scan terlebih dahulu, karena nantinya akan diunggah pada website UTUL UGM saat melengkapi kelengkapan administrasi.

Lalu, kapan jadwal UTUL UGM ini sendiri? Agar lebih jelas, berikut adalah jadwal dari UTUL UGM pada tahun 2019.

Pendaftaran Online Pembayaran Biaya Pendaftaran Cetak kartu Tes Tes Tertulis Pengumuman
11 Juni–1 Juli 2019 Sesuai jadwal yang ditentukan pada kode pembayaran masing-masing. 5 Juli 2019 14 Juli 2019 23 Juli 2019

Adapun beberapa materi tes tertulis yang harus Anda kuasai ialah sebagai berikut:

  1. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek terdiri atas: Matematika IPA, Biologi, Fisika dan Kimia.
  2. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Soshum terdiri atas: Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
  3. Tes Potensi Akademik (TPA).
  4. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.

Nah, untuk lokasi ujian dari UTUL UGM ini ternyata dilaksanakan di beberapa kota, berikut beberapa kota di Indonesia yang digunakan sebagai tempat Ujian Tulis UGM:

Lokasi Ujian Tulis (UTUL) UGM:

  1. Yogyakarta
  2. Surabaya
  3. Medan
  4. Pekanbaru
  5. Jakarta

*khusus bagi peserta yang memilih lokasi ujian di luar kota Yogyakarta, maka ada biaya verifikasi yang harus dibayarkan yaitu sebesar Rp 225.000 (dua ratus dua puluh lima ribu rupiah) dan biaya tersebut akan semakin murah pada tanggal 2 Juli 2019 pukul 23.59 WIB.

Sama halnya dengan beberapa jenis tes ujian tertulis yang ada pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), UTUL UGM juga memiliki tingkat kesulitan soal yang harus Anda pecahkan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan rajin berlatih mengerjakan soal. Di bawah ini ada contoh soal UTUL UGM yang bisa Anda gunakan untuk latihan.

FISIKA

  1. Sebuah bermassa 2 kg digantung pada tali sepanjang 5 meter secara vertikal. Berapa tegangan tali tersebut?
  2. 10N
  3. 20N
  4. 30N
  5. 40N
  6. 50N
  7. Benda yang volumenya 100 cm3, ketika ditimbang di dalam air murni, menunjukkan massa semuanya sebesar 110 gram. Jika rapat massa air murni adalah 1 g/cm3, maka rapat massa benda tersebut adalah?
  8. 1900 kg/m3
  9. 2000 kg/m3
  10. 2100 kg/m3
  11. 2200 kg/m3
  12. 2300 kg/m3
  13. Sebuah alat pemanas air berdaya 300 watt, 220 volt. Jika alat pemanas tersebut dipasang pada sumber tegangan 110 volt. Maka daya listrik yang diserap adalah?
  14. 100 watt
  15. 150 watt
  16. 200 watt
  17. 250 watt
  18. 300 watt
  19. Sebuah benda massanya 5 kg digantungkan pada neraca pegas, yang tergantung pada langit-langit sebuah elevator. Jika tali elevator putus, g = 10ms-2, maka angka yang ditunjukkan oleh timbangan adalah?
  20. 50N
  21. 49N
  22. 37N
  23. 5N
  24. 0N
  25. Sebuah benda setinggi 5 cm diletakkan 20 cm di depan cermin cembung yang berdiameter 40 cm. Berapa tinggi bayangan benda?
  26. 5 cm
  27. 7,5 cm
  28. 10 cm
  29. 12,5 cm
  30. 15 cm

KIMIA

  1. Pengelompokan suatu unsur yang paling sederhana yaitu berdasarkan ….
  2. Sifat logam dan non logam
  3. Keasaman sifat yang terdiri tiga unsur (Triad)
  4. Kenaikan massa atomnya
  5. Kenaikan massa atom dan sifat kimianya
  6. Kenaikan nomor atom dan konfigurasi elektron
  7. Unsur X memiliki nomor atom 13 dan massa 27 sedangkan unsur Y memiliki nomor atom 8 dan nomor massa 16. Maka, unsur-unsur tersebut dapat membentuk molekul ….
  8. XY
  9. XY3
  10. X3Y
  11. X2Y3
  12. X3Y2

BIOLOGI

  1. Fase mitosis dimana inti sel anakan terbentuk kembali dari fragmen-fragmen nukleus dikenal dengan ….
  2. Meiosis
  3. Anaphase
  4. Telofase
  5. Metaphase
  6. Profase
  7. Ekspirasi merupakan …..
  8. Udara yang masuk paru-paru setelah menarik nafas biasa
  9. Udara yang dapat dihembuskan kuat-kuat setelah menghembuskan nafas biasa
  10. Proses pemasukan udara ke dalam alat pernafasan
  11. Proses pengeluaran udara dari dalam alat pernapasan ke lingkungan
  12. Proses pemanfaatan udara dari luar tubuh untuk pembakaran zat makanan dalam tubuh
  13. Berikut ini adalah ciri-ciri dari salah satu jaringan pada hewan:
  • Sel berbentuk silinder
  • Reaksi terhadap rangsang cepat
  • Tersusun atas flament, aktin dan miosin
  • Berinti banyak dan terdapat di tepi sel

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, maka jaringan tersebut berfungsi ….

  1. Menggerakkan tulang (rangka) pada hewan
  2. Menggerakkan organ-organ dalam
  3. Menerima dan menghantarkan impuls
  4. Menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lain
  5. Menyimpan cadangan lemak
  6. Teori Big Bang pada teori asal-usul bumi mengungkapkan bahwa ….
  7. Bumi terbentuk dari bintang-bintang yang tidak stabil, saling bertabrakan, sehingga terjadi ledakan yang membentuk gas dan debu
  8. Benda-benda di angkasa mengalami pemanasan bertekanan sehingga terjadi ledakan
  9. Bumi terbentuk dari kabut yang sangat tebal
  10. Kabut yang mengalami kondensasi, meledak dan membentuk bidang dan planet (termasuk bumi)
  11. Bumi terbentuk dari bintang-bintang yang tidak stabil dan saling bertabrakan
  12. Peternakan ayam sering dirugikan karena adanya Aflatoksin di dalam stok pakan di dalam gudang. Aflatoksin ini bersifat toksin/beracun bagi ayam. Aflatoksin dihasilkan oleh jamur ….
  13. Aspergillus flavus
  14. Aspergillus wentii
  15. Saccharomyches ovale
  16. Rhizopus oryzae
  17. Candida albicans

SEJARAH

  1. Pada tanggal 13 Desember 1957, Perdana Menteri Djuanda Kartawidjaja mengeluarkan deklarasi politik tentang batas wilayah perairan Indonesia, yang sebelumnya didasarkan pada ordonansi hukum kolonial tahun 1939. Deklarasi Djuanda tersebut menyatakan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan, yang intinya ….
  2. Wilayah laut Indonesia adalah sejauh 3 mil dari garis pantai
  3. Wilayah laut diluar jarak 3 mil adalah perairan internasional
  4. Indonesia adalah negara kepulauan dan Nusantara yang secara historis merupakan satu kesatuan
  5. Indonesia adalah negara maritime yang kaya sumber daya perikanan
  6. Wilayah perairan Indonesia berada dalam pengawasan PBB
  7. Aktivis berikut ini termasuk ke dalam rangkaian metode penelitian sejarah, kecuali ….
  8. Mengumpulkan dokumen, arsip dan koran
  9. Melakukan verifikasi tentang kebenaran informasi sejarah
  10. Mewawancarai tokoh-tokoh pelaku sejarah
  11. Membuat peta dan ilustrasi visual
  12. Memilih tema penelitian yang menarik
  13. Isi pokok dari Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca pada tahun 1365 adalah ….
  14. Kehidupan masyarakat Kerajaan Singasari
  15. Pembangunan candi-candi Kerajaan Singasari
  16. Keterangan tentang runtuhnya Kerajaan Majapahit
  17. Keadaan Kerajaan Majapahit beserta seluruh raja-rajanya
  18. Kisah perjalanan Gadjah Mada beserta daerah-daerah taklukannya
  19. Alasan sejumlah negara di Asia bergabung dalam pengaruh politik Amerika Serikat maupun Uni Soviet adalah ….
  20. Balas budi karena telah dimerdekakan dari penjajahan
  21. Kebutuhan dana untuk pembangunan pasca perang
  22. Tertekan oleh kekuatan militer Amerika Serikat dan Uni Soviet
  23. Kebutuhan aliansi dengan negara yang lebih kuat
  24. Terikat perjanjian dengan negara adidaya
  25. Perubahan dalam bidang seni di Nusantara yang dipengaruhi oleh Islam adalah ….
  26. Penggunaan sejumlah elemen candi pada bangunan masjid
  27. Seni pahat yang menggambarkan makhluk hidup secara nyata semakin berkurang
  28. Peringatan hari lahir Nabi Muhammad yang dikenal dengan Grebeg Maulud
  29. Aksara Arab digunakan dalam penulisan kitab kuning
  30. Gamelan jawa digunakan dalam upacara keagamaan
  31. Posisi penting Nusantara dalam jaringan niaga pada abad ke-11 hingga abad ke-16 didukung oleh ….
  32. jumlah populasi dan banyaknya hasil bumi
  33. Letak geografis dan jenis komoditas
  34. Ketersediaan modal dan penguasa
  35. Kemajuan teknologi dan kesamaan agama
  36. Sistem pemerintahan dan sikap penduduk

Contoh soal dari UTUL UGM yang satu ini sebenarnya bisa Anda temukan dengan mudah melalui internet. Nah, dengan berlatih secara terus-menerus, Anda pun bisa lebih terbiasa untuk memecahkan persoalan dari setiap soal yang disajikan.

Semoga, informasi tentang pendaftaran UTUL UGM yang satu ini bisa memberikan manfaat bagi Anda, terlebih untuk Anda yang sedang sangat memimpikan untuk bisa masuk  UGM dengan jalur ini. Tetaplah berusaha dan jangan lupa untuk diselingi dengan do’a kepada Sang Maha Pencipta dan semoga beruntung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *