kedokteran untan

Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan): Peluang Karir dan Biaya Kuliahnya

Kedokteran Untan – Universitas Tanjungpura (Untan) merupakan perguruan tinggi negeri di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Untan membuka Fakultas Kedokteran, fakultas ini menyediakan beberapa program studi, salah satunya yaitu program studi Pendidikan Dokter.

Pada tahun 2003 digagas pembukaan prodi Pendidikan Dokter (PSPD) dengan melibatkan stakeholders yang terdiri dari Universitas Tanjungpura, Pemerintah dan DPRD Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan DPRD, termasuk melibatkan tokoh nasional putra asal Kalbar dan tokoh masyarakat yang peduli terhadap pendidikan di Kalimantan Barat.

Yuk, simak informasi lebih lengkapnya mengenai Kedokteran Untan berikut ini.

Prodi Pendidikan Dokter UNTAN telah menerapkan kurikulum yang dikembangkan dari Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia III (KIPDI III) yaitu Kurikulum Nasional Berbasis Kompetensi (KBK) untuk Pendidikan Kedokteran Dasar, Dokter yang memberikan pelayanan strata primer dengan pendekatan konsep kedokteran keluarga.

Pendidikan Dokter UNTAN merupakan program studi yang akan mencetak dokter berkualitas, kompeten dan mampu bersaing di tingkat nasional. Terdapat dua fase dalam pendidikan di Pendidikan Dokter Untan, yaitu fase pre klinik yang sebagian besar dilakukan di kampus dan fase klinik yang dilakukan di rumah-sakit dan puskesmas.

Program Studi Pendidikan Dokter FK UNTAN dapat ditempuh dalam waktu 5 tahun, 3 tahun pre klinik dan 2 tahun klinik. Setelah lulus, dokter baru hasrus menjalani program magang selama 1 tahun yang kemudian mendapatkan ijin praktek pribadi. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi kedokteran lebih lanjut, FK Untan membuka Program Pendidikan Dokter Spesialis, Magister Ilmu kedokteran dan kesehatan, atau Profesi Kedokteran.

Visi dan Misi

Visi

Menghasilkan sarjana kedokteran yang beretika dan kompetitif di tingkat nasional dan internasional, serta menjadi pusat penelitian kedokteran terkemuka di Kalimantan.

Misi

  • Menghasilkan sarjana kedokteran yang profesional, berorientasi ke depan dan menjunjung tinggi serta mengamalkan etika kedokteran.
  • Berperan aktif dalam pengembangan ilmu dan teknologi.
  • Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu kedokteran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kalimantan Barat.
  • Memperluas kerjasama regional, nasional, dan internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran di Fakultas Kedokteran UNTAN.

Baca juga Mengenal Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Peluang Karir

Lulusan Program Studi Pendidikan Dokter Untan dapat bekerja di:

  • Rumah Sakit
  • Puskesmas
  • Klinik/ balai pengobatan
  • Praktek pribadi baik di rumah atau di apotek
  • Perusahaan swasta
  • Perusahaan farmasi
  • Pusat-pusat penelitian kesehatan
  • Universitas, sebagai dosen

Biaya Kuliah Pendidikan Dokter Untan Angkatan 2022

Biaya kuliah di Untan terdapat (Uang Kuliah Tunggal) UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi/SPI (untuk jalur Mandiri), berikut rincian biaya kuliah Pendidikan Dokter di Untan:

UKT Pendidikan Dokter Kelas Reguler:

  • Kelompok UKT 1: Rp500.000
  • Kelompok UKT 2: Rp1.000.000
  • Kelompok UKT 3: Rp7.950.000
  • Kelompok UKT 4: Rp8.350.000
  • Kelompok UKT 5: Rp10.000.000

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Pendidikan Dokter Jalur Mandiri:

Program studi Pendidikan Dokter Untan tidak dikenakan biaya SPI.

Semoga artikel Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan): Peluang Karir dan Biaya Kuliahnya di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan Kedokteran, ya!


Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahun, UTBK Kedokteran, KKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

2 thoughts on “Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan): Peluang Karir dan Biaya Kuliahnya

  1. Ping-balik: Sejarah, Profil Lulusan, dan Kurikulum di Kedokteran Universitas Halu Oleo - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *