kedokteran unja

Kedokteran Universitas Jambi (Unja): Sejarah, Visi, Misi, dan Kurikulum

Kedokteran Unja – Universitas Jambi yaitu perguruan tinggi negeri di Jambi yang memiliki Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Sebagai salah satu universitas negeri yang membuka prodi Kedokteran, Unja dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di Kedokteran. Jurusan Kedokteran Unja telah terakreditasi B oleh LAM-PTKes.  

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unja (FKIK-UNJA) berdiri pada tanggal 19 November 2012. Sejarah perkembangan FKIK-UNJA dimulai dari terbentuknya Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD). Adanya fakultas ini yaitu keinginan masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi yang menginginkan adanya pendidikan tinggi kedokteran di Provinsi Jambi.

Yuk, simak selengkapnya mengenai jurusan Kedokteran di Universitas Jambi berikut ini.

Sejarah

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK-UNJA) berdiri pada tanggal 19 November 2012. Pada saat didirikan, FKIK-UNJA menyelenggarakan dua program studi yaitu Prodi Pendidikan Dokter (PSPD) dan Prodi Ilmu Keperawatan (PSIK).

Sejarah perkembangan FKIK-UNJA dimulai dari terbentuknya Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) pada tahun 2005 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi tentang Izin Operasional Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi. Adanya FKIK-UNJA ini yaitu keinginan masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi yang menginginkan adanya pendidikan tinggi kedokteran di Provinsi Jambi.

Baca juga Sejarah, Profil Lulusan, dan Kurikulum di Kedokteran Universitas Halu Oleo

Visi dan Misi

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Profesi Dokter berbasis riset IPTEKDOK yang unggul dan kompetitif dalam bidang kesehatan primer di tingkat nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran berdasarkan keilmuan berbasis bukti yang berorientasi pada layanan kesehatan primer sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI).
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang terkini dalam bidang kesehatan primer untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan pelayanan kesehatan.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Jambi.
  4. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.
  5. Menyelenggarakan sistem tata kelola yang mandiri, profesional dan akuntabel.
  6. Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang mendukung pendidikan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan.

Kurikulum

Program Studi Kedokteran Universitas Jambi menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi sejak tahun 2007 (KBK-2007). Kemudian, PSKed UNJA melakukan revisi kurikulum pada tingkat makrokurikulum, mesokurikulum dan mikrokurikulum melalui pendampingan program kemitraan PHK-PKPD bersama Universitas Riau dan UGM sehingga menghasilkan KBK 2012.

Berdasarkan hasil visitasi akreditasi LAMPT-Kes pada bulan Maret 2016, terdapat beberapa masukan terkait kurikulum pada tahap sarjana kedokteran. Selain itu, dengan adanya perubahan pada Panduan Akademik FKIK  yang selaras dengan Panduan Akademik Universitas tahun 2017,   mengharuskan adanya perbaikan kurikulum terutama pada pembelajaran Materi Kuliah Wajib Nasional dan Mata Kuliah Wajib Universitas.

KBK-2017 diarahkan pada pencapaian tujuan pendidikan kedokteran secara nasional dengan mempertimbangkan kebutuhan lokal daerah.  Sesuai dengan visi dan misi program studi, perumusan KBK-2017  ditekankan pada penambahan pembelajaran blok elektif yang mendukung pencapaian  visi dan misi prodi.

Itulah artikel Kedokteran Universitas Jambi (Unja): Sejarah, Visi, Misi, dan Kurikulum. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin melanjutkan studi Kedokteran di universitas negeri Jambi ini.


Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahun, UTBK Kedokteran, KKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *