tips lulus ptn untuk smk

Kamu Lulusan SMK? Simak 5 Tips Ini Supaya Kamu Bisa Lulus Seleksi di PTN

Lulus Masuk PTN untuk SMK – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah salah satu impian bagi siswa-siswa yang akan lulus di sekolah, termasuk lulusan SMK. Meskipun lulusan SMK dinilai dan dipersiapkan dapat langsung terjun ke dunia kerja, masih banyak juga lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Mungkin banyak lulusan SMK yang sudah skeptis, minder atau mundur duluan jika harus mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi khususnya PTN karena harus bersaing dengan siswa/i SMA. Namun, bukan berarti tidak ada harapan untuk anak SMK bisa lulus seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri. Baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN ataupun jalur mandiri.

Buat kamu lulusan SMK yang berminat melanjutkan pendidikan ke PTN, yuk simak dulu beberapa tips ini agar peluang diterima kamu lebih tinggi.

Perhatikan Persyaratan Pendaftaran Dengan Teliti

Sebelum memutuskan mendaftar, jangan lupa untuk memperhatikan seluruh persyaratan pendaftaran dengan teliti ya. Contohnya pada SNMPTN, ada ketentuan jumlah kuota siswa yang bisa mengikuti SNMPTN berdasarkan akreditasi. Selain itu, ada pula beberapa program studi yang tidak dibuka untuk lulusan SMK. 

Apalagi jika kamu ingin mengambil program studi atau jurusan yang tidak linear dengan jurusan saat SMK, karena ada beberapa program studi yang hanya dibuka untuk jurusan SMA atau SMK tertentu saja., Syarat dan ketentuan pendaftaran seperti ini harus teliti untuk dipahami agar tidak salah memilih dan berakhir gagal di proses seleksi.

Cek Kembali Kuota Penerimaan Siswa SMK

Biasanya, ada jatah atau kuota tertentu untuk siswa SMK yang akan diterima di suatu PTN atau Program Studi, Ada pula beberapa jurusan atau PTN yang tidak membuka penerimaan untuk lulusan SMK. Jadi, ada baiknya kamu cek lagi informasi tersebut dan usahakan cari PTN atau Program Studi yang membuka kuota penerimaan lebih besar agar peluang kamu diterima juga lebih besar. 

Selain itu, kamu juga bisa mencari PTN atau program studi yang lebih rendah keketatan atau peminatnya agar peluangmu lulus seleksi juga lebih besar. Terlebih lagi untuk jurusan-jurusan yang populer di PTN ternama, kamu harus pikir dua kali sebelum memutuskannya ya.  

Mulai Persiapan dan Belajar Ekstra Jauh-Jauh Hari

Seperti yang kita tahu, kurikulum dan materi pembelajaran siswa SMK jauh berbeda dengan siswa SMA. Jika bertekad untuk melanjutkan pendidikan dan ikut seleksi PTN, kamu juga harus mulai menyiapkan diri dan belajar lebih ekstra mengejar materi-materi seleksi. Mungkin, siswa dari SMA lebih dahulu belajar dan terbiasa dengan materi tersebut, tapi tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa menguasai sama baiknya dengan siswa SMA reguler. 

Baca juga Ini Dia 7 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK

Perbanyak Latihan Soal

Agar lebih cepat memahami dan terbiasa mengerjakan soal seleksi, kamu juga harus perbanyak mengerjakan latihan soal. Kamu bisa mulai membeli buku atau mencari latihan soal yang banyak tersebar di internet. Jangan takut salah selama mengerjakan, karena dengan begitu kamu akan mengetahui kesalahan untuk bisa diminimalisir saat hari-H nantinya.

Latihan soal seperti ini bisa mulai kamu jadwalkan dari jauh-jauh hari dan harus konsisten dilakukan karena semakin banyak soal yang berhasil kamu kerjakan kamu akan lebih enjoy dan paham dengan soal yang akan dihadapi. 

Cek Persebaran Alumni SMK yang Diterima Di PTN

Tips terakhir, kamu bisa juga untuk mengecek persebaran alumni SMK-mu yang sebelumnya lulus seleksi masuk PTN. Dengan ini, kita jadi bisa mengetahui peluang untuk diterima di PTN tersebut bagi lulusan SMK. Selain itu, track record alumni SMK juga bisa jadi mempengaruhi penilaian untuk menerima siswa lain dari SMK yang sama. Kamu bisa menanyakan informasi ini kepada pihak sekolah atau guru BK di sekolahmu. 

Kamu Lulusan SMK? Simak 5 Tips Ini Supaya Kamu Bisa Lulus Seleksi di PTN yang bisa kamu perhatikan lagi sebelum memutuskan mendaftar seleksi masuk PTN. Jangan minder dan mundur duluan ya karena usaha dan niat yang baik akan membawa hasil yang baik pula.


Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahun, UTBK Kedokteran, KKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 thought on “Kamu Lulusan SMK? Simak 5 Tips Ini Supaya Kamu Bisa Lulus Seleksi di PTN

  1. Ping-balik: Kegiatan Produktif Selama Gap Year yang Bisa Kamu Lakukan - Bimbel Kedokteran Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *