Daftar Universitas Kedokteran di Indonesia Terbaik Untuk Melanjutkan Studi (UNAIR & UI) Part1

Fakultas kedokteran memang menjadi salah satu fakultas favorite yang seringkali diserbu oleh para calon mahasiswa saat masa pendaftaran calon mahasiswa baru dibuka. Meskipun secara umum usaha masuk ke fakultas kedokteran ini cenderung lebih susah dibandingkan dengan fakultas lain dan biaya kuliah yang lebih tinggi, minat calon mahasiswa seakan tidak pernah surut.

Hal ini dikarenakan adanya prospek yang baik di masa yang akan datang untuk lulusan dari fakultas ini. Nah, di Indonesia sendiri ada cukup banyak universitas yang membuka fakultas kedokteran untuk pilihan. Tentu, untuk memudahkan Anda memilih mana universitas terbaik untuk berlabuh, kita akan membahas tentang daftar universitas kedokteran di Indonesia pada kesempatan ini.

Adanya banyak pilihan terkait daftar universitas kedokteran di Indonesia tentu akan membuat Anda bisa mempertimbangkan ke mana harus melangkah untuk melanjutkan studi. Selain itu, pilihan-pilihan fakultas kedokteran dari berbagai universitas tersebut juga akan menentukan strategi yang diambil.

Tidak bisa dimungkiri bahwa ada strategi yang harus dijalankan untuk bisa masuk dan diterima di sebuah universitas. Mempertimbangkan passing grade adalah salah satu hal yang penting. Nah, pilihan dari fakultas kedokteran yang ada di Indonesia seringkali memiliki tingkat passing grade yang berbeda guna diteliti lebih lanjut.

Selain itu, faktor fasilitas juga sangat berpengaruh dalam aspek pemilihan fakultas kedokteran ini. Para mahasiswa tentu ingin mendapatkan fasilitas yang lengkap guna menunjang proses belajar mereka. Dengan fasilitas yang lengkap, proses belajar akan terasa lebih menyenangkan dan hasil pembelajaran pasti akan lebih maksimal untuk menjadi calon dokter masa depan.

Dalam pemilihan daftar universitas kedokteran di Indonesia, Anda bisa memperhatikan akreditasi yang sudah didapatkan dari BAN-PT. Akreditasi tersebut secara langsung menunjukkan mutu dari fakultas dan universitas untuk bahan pertimbangan dalam pemilihan.

Pilihan dan Daftar Universitas Kedokteran di Indonesia Terbaik

Berbincang tentang daftar universitas kedokteran di Indonesia, maka akan ada cukup banyak pilihan yang akan Anda dapatkan. Tentu, dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih fakultas kedokteran terbaik yang disediakan oleh universitas terbaik pula.

Meskipun relatif, berikut ini ada cukup banyak daftar universitas kedokteran di Indonesia terbaik yang bisa menjadi rekomendasi untuk para calon mahasiswa yang ingin berkarier menjadi seorang dokter. Adapun pilihan-pilihan universitas yang menyediakan fakultas kedokteran tersebut adalah sebagai berikut:

1. Fakultas Kedokteran UNAIR

  • Profil Universitas

UNAIR adalah salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia. Menawarkan pola pendidikan yang modern, UNAIR hadir sebagai jawaban dari mimpi putra dan putri terbaik bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan bermutu. Tidak hanya itu, UNAIR secara terang-terangan menyediakan fasilitas pendidikan yang sangat berkualitas.

  • Alamat

UNAIR terletak di Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo 47, Surabaya – 60131. Letak universitas ini berada di daerah pemukiman yang cukup padat dan tidak jauh dari pusat kota. Letaknya yang strategis, terutama dari fasilitas umum, akan memudahkan para mahasiswa untuk mendapatkan segala kebutuhan perkuliahan dengan baik.

  • Akreditasi Universitas dan Fakultas FK dan FKG

Dalam keputusannya, BAN-PT memberikan nilai akreditasi A untuk universitas dan A untuk fakultas kedokteran UNAIR. Nilai akreditasi ini tentu merupakan salah satu wujud pengakuan terkait tingginya mutu pendidikan di UNAIR. Selain itu, nilai akreditasi tersebut adalah bukti jika UNAIR memiliki sumber daya mewah terkait pendidikan.

  • Profil Fakultas/Jurusan Kedokteran FK dan FKG

Fakultas kedokteran adalah salah satu fakultas dengan tingkat minat yang sangat tinggi di UNAIR. Hampir setiap tahun, ribuan calon mahasiswa mendaftar di fakultas ini dan memperebutkan kursi dengan kuota yang cukup terbatas.

Dalam perjalanan akademiknya, fakultas kedokteran UNAIR menawarkan beberapa pembagian kelompok program studi. Adapun pembagian yang dimaksud adalah kelompok spesialis 1, kelompok spesialis 2, kelompok magister dan doctor serta kelompok sarjana dan profesi.

Pembagian ini akan memudahkan calon mahasiswa untuk memilih mana program studi yang tepat untuk diambil. Tidak serta-merta hanya sesuai kemampuan saja, pilihan tersebut akan memudahkan memilih program studi sesuai dengan jenjang pendidikan dari calon peserta didik.

  • Jenis/Jalur Tes Masuk

Sebagai salah satu daftar universitas kedokteran di Indonesia terbaik, UNAIR menyiapkan beberapa jalur atau tes masuk untuk para calon mahasiswa. Setiap jalur tes tentu memerlukan detail persyaratan yang berbeda-beda dan bisa didapatkan melalui website resmi UNAIR.

Adapun beberapa program seleksi, khususnya untuk sarjana di fakultas kedokteran UNAIR adalah sebagai berikut:

  • Jalur SNMPTN
  • Jalur SBMPTN
  • Jalur Mandiri
  • Jalur Alih Jenis
  • Jalur Mahasiswa Asing
  • Jalur S1 Kedokteran Kelas Internasional .
  • Persyaratan Pendaftaran

Bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi mereka di UNAIR, maka ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Adapun beberapa persyaratan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Merupakan lulusan SMA/MA/SMK/MAK setara dengan tahun 2017 dan 2018 dibuktikan dengan adanya ijazah
  • Merupakan lulusan SMA/MA/SMK/MAK setara dengan tahun 2019 sekurang-kurangnya memiliki kartu UNAS atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru serta dibubuhi dengan cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak akan mengganggu proses pembelajaran di program studi yang diambil
  • Bebas dari narkoba yang ditunjukkan dengan surat keterangan resmi dari instansi kesehatan resmi milik pemerintah
  • Membawa identitas asli dan resmi serta semua dokumen yang diperlukan guna melakukan verifikasi saat pendaftaran atau registrasi ulang
  • Tahapan Seleksi

Dalam proses penerimaannya, ada beberapa tahapan seleksi yang akan dilalui oleh para calon peserta didik. Adapun tahapan seleksi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran secara online (pra-pendaftaran)
  • Verifikasi dokumen pendaftaran
  • Pengumuman lolos verifikasi online
  • Perbaikan bagi calon mahasiswa yang tidak lolos verifikasi
  • Pembayaran biaya ujian
  • Ujian
  • Pengumuman hasil seleksi
  • Registrasi mahasiswa baru.

Tahapan tersebut merupakan rangkai seleksi yang harus dilalui oleh para calon mahasiswa untuk bisa diterima di UNAIR dan melanjutkan studi mereka. Namun, untuk detail tanggal mengenai tahapan tersebut bisa dicek di website resmi penerimaan UNAIR untuk menghindari kerancuan jadwal.

  • Materi Tes

Sebagai salah satu opsi terbaik dari daftar universitas kedokteran di Indonesia, UNAIR akan melakukan seleksi secara cukup ketat untuk menyaring calon mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia. Dalam hal ini, secara umum, ada dua tahapan tes yang akan diberikan kepada calon mahasiswa.

Tes yang dimaksud adalah:

  • Tes potensi akademik
  • Tes kemampuan akademik.

Kedua jenis tes tersebut akan berpengaruh pada hasil dari seleksi yang dijalankan. Jika salah satu nilai tes ada yang di bawah passing grade, maka peserta tes akan gagal untuk masuk ke UNAIR.

2. Fakultas Kedokteran UI

  • Profil Universitas

UI atau Universitas Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi favorite yang ada di Indonesia. Reputasi UI sudah sangat terkenal di seluruh wilayah Indonesia dan berhasil menjadi salah satu tujuan terbaik para putra dan putri bangsa untuk melanjutkan studi mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

Cukup banyak lulusan UI yang menjadi orang penting di Indonesia dan menduduki beberapa posisi yang strategis dalam negara. Fakta inilah yang membuat nama UI senantiasa harum sebagai universitas terbaik yang tidak kalah pamor dengan universitas lainnya di Indonesia atau bahkan di luar negeri.

  • Alamat

Alamat kampus pusat dari Universitas Indonesia adalah Jalan Margonda Raya, Beji, Depok, Jawa Barat, 16424. Karena alamatnya ini, UI seringkali ditambahi nama menjadi UI Depok untuk sebutannya.

Kampus UI menempati lahan yang cukup luas dengan suasana yang asri khas Jawa Barat. Namun, UI tetap terletak di lokasi yang strategis sehingga mudah dijangkau. Tidak hanya itu, di sekitar kampus terdapat cukup banyak fasilitas umum yang begitu memadai sehingga bisa membantu proses perkuliahan para mahasiswa.

  • Akreditasi Universitas dan Fakultas FK dan FKG

Diambil dari informasi yang disajikan BAN-PT, UI secara universitas mendapatkan akreditasi A. Sama halnya dengan universitas, fakultas kedokteran UI juga mendapatkan nilai akreditasi yang sama.

Nilai akreditasi ini merupakan salah satu bukti jika mutu pendidikan di UI sangat bagus. Selain itu, memang pada dasarnya UI memberikan fasilitas lengkap dan terbaik untuk menunjang dunia perkuliahan semua jurusan sehingga bisa berjalan dengan sangat lancar.

  • Profil Fakultas/Jurusan Kedokteran FK dan FKG

Fakultas kedokteran merupakan salah satu unit tertua dalam sejarah berdirinya UI. FKUI –begitu fakultas ini disebut, senantiasa melakukan pengembangan diri dengan meningkatkan mutu serta standard pengajaran. Dalam perkembangannya, FKUI menggunakan standard yang disesuaikan dengan Program Standard Internasional.

Dalam pelaksanaan pengajaran, setiap mahasiswa dari FKUI harus mengikuti sistem modul yang sudah ditetapkan dengan sangat sistematis. Modul tersebut membagi pengajaran FKUI menjadi tiga bagian. Ketiga bagian tersebut adalah sebagai berikut:

  • General education pada semester 1
  • Medical sciences pada semester 2 hingga 6
  • Clinical practice pada semester 7 hingga 10.

Tahapan pendidikan di FKUI ini juga dilengkapi dengan masa internship selama satu tahun. Dengan adanya sistematika ini, proses pengajaran di FKUI akan berlangsung dengan lebih teratur dan sesuai konsep serta akan melahirkan dokter andal di masa yang akan datang.

  • Jenis/Jalur Tes Masuk

Sebagai salah satu pilihan dari daftar universitas kedokteran di Indonesia, UI akan melakukan penerimaan dengan menggunakan beberapa jalur yang berbeda. Adanya beberapa jalur ini akan membantu para calon peserta didik untuk masuk ke FKUI sesuai dengan kemampuan mereka.

Dalam praktiknya, penerimaan mahasiswa baru di FKUI diambil dari beberapa jalur tes, seperti:

  • SNMPTN dengan kuota 50%
  • SBMPTN dan SIMAK-UI dengan kuota 50%.

Kedua jalur pendaftaran tersebut dapat diikuti oleh para calon mahasiswa untuk bisa masuk ke FKUI guna melanjutkan pendidikan mereka. Hanya saja, perlu diingat bahwa persaingan masuk ke FKUI bisa dikatakan cukup ketat sehingga perlu persiapan yang matang guna mengatasi persaingan dengan calon lainnya.

  • Persyaratan Pendaftaran

Guna mendapatkan calon mahasiswa terbaik dalam proses seleksi yang dilakukan, FKUI menetapkan beberapa persyaratan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru. Dalam hal ini, secara umum, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa untuk bisa masuk ke FKUI.

Adapun beberapa persyaratan secara umum yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Merupakan lulusan SMA/sederajat dan memiliki usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun untuk regular dan 5 tahun untuk kelas internasional saat mendaftar
  • Tidak buta warna
  • Sehat jasmani dan mental dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari instansi kesehatan milik pemerintah
  • Bebas dari narkoba dibuktikan dengan surat resmi dari instansi terkait
  • Bagi calon mahasiswa FKUI kelas internasional, wajib memiliki nilai TOEFL institusional 550, IBT 79 atau IELTS 6.
  • Bagi calon mahasiswa FKUI kelas internasional wajib mengikuti ujian MMPI yang diselenggarakan oleh UI.
  • Tahapan Seleksi

Dalam proses pendaftaran yang dilakukan, ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para calon mahasiswa. Seleksi ini bertujuan untuk menyaring calon mahasiswa yang pantas guna masuk ke FKUI dan mendapatkan pengajaran sebagaimana mestinya.

Ini adalah usaha yang dilakukan UI sebagai salah satu pilihan dalam daftar universitas kedokteran di Indonesia. Adapun tahapan seleksi yang akan dilalui para calon mahasiswa sebelum masuk ke FKUI adalah sebagai berikut:

  • Membuat akun di situs penerimaan UI
  • Melakukan upload foto berwarna dengan ukuran 4×6 cm
  • Membuat pendaftaran
  • Melakukan verifikasi pendaftaran
  • Melakukan upload berkas persyaratan pendaftaran
  • Membayar biaya pendaftaran
  • Mengunduh kartu ujian masuk
  • Mengikuti ujian seleksi masuk
  • Menunggu pengumuman hasil ujian
  • Melakukan proses daftar ulang.

Semua proses tahapan seleksi tersebut harus dilakukan dengan berurutan sesuai ketentuan. Dalam hal ini, jika ada proses yang dilewati, maka proses pendaftaran bisa gagal. Selain itu, untuk pembagian tanggal dalam proses seleksi, Anda bisa mengklik laman resmi penerimaan yang disediakan oleh UI.

  • Materi Tes

Sebagai salah satu pilihan dalam daftar universitas kedokteran di Indonesia, UI akan melakukan seleksi dengan cukup ketat. Seleksi tersebut menggunakan beberapa materi tes sebagai tolak ukur penerimaan. Adapun materi tes yang disiapkan untuk seleksi masuk ke FKUI adalah:

  • Tes potensi akademik
  • Tes kemampuan akademik
  • Tes bahasa Inggris (khusus untuk jalur SIMAK).

Materi tes tersebut harus dipelajari dengan baik karena menentukan nasib calon mahasiswa ke depan. Jika ada salah satu materi tes yang tidak lolos passing grade atau nilai minimal kelulusan, maka bisa dipastikan bahwa calon mahasiswa akan gagal untuk mengikuti proses pendaftaran dan tidak akan diterima di FKUI untuk melanjutkan studi mereka.

Selengkapnya akan kita bahas pada kesempatan selanjutanya,

2 thoughts on “Daftar Universitas Kedokteran di Indonesia Terbaik Untuk Melanjutkan Studi (UNAIR & UI) Part1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *