Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Cobain Cara Memilih Jurusan Kuliah Ini

Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh anak SMA adalah memasuki masa kuliah. Anak SMA banyak yang ingin sekali segera berkuliah karena tidak sabar bisa berangkat sekolah tanpa harus menggunakan seragam.

Namun, kadang saat anak SMA lulus SMA, ia cenderung bingung memilih perguruan tinggi mana yang akan didaftar. Selain memilih perguruan tinggi, banyak juga anak SMA yang bingung memilih jurusan kuliah yang diinginkan.

Mengingat ada banyak sekali jurusan yang ada di Universitas di seluruh Indonesia. Padahal, perkara memilih jurusan ini harus sudah dipikirkan sejak anak berada di bangku SMA. Pasalnya, jurusan inilah yang akan menentukan masa depan anak akan dibawa kemana saat lulus kuliah.

Selain itu, jurusan kuliah juga harus dipikirkan dengan benar, mengingat Anda akan kuliah minimal 4 tahun dengan jurusan tersebut. Nah, untuk Anda yang masih bingung dalam memilih jurusan, nih ada tips memilih jurusan yang patut dicoba.

Jadi, Anda tidak akan menyesal dan bingung lagi saat sudah masuk ke jurusan ini selama empat tahun. Apa saja jurusan tersebut? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pilihlah Jurusan yang Disukai

Dalam memilih jurusan, hal pertama yang harus Anda lakukan agar tidak bosan di tengah jalan adalah memilih jurusan yang disukai. Di sini, Anda bisa memilih jurusan sesuai dengan hobi, cita-cita maupun hal-hal yang disukai dan dianggap keren.

Jangan sampai jurusan yang dipilih karena keterpaksaan. Pasalnya, jika jurusan yang diambil berdasarkan keterpaksaan seperti dipaksa oleh orang tua, maka dalam menjalankannya Anda tidak akan semangat lagi.

Atau mungkin jika Anda memilih jurusan karena keren dan dianggap jurusan tersebut populer namun tidak sesuai dengan passion yang dimiliki, hal ini biasanya akan mengakibatkan penyesalan yang mendalam. Jadi, pastikan bahwa Anda memilih jurusan yang disukai dan sesuai dengan bidangnya ya.

2. Akreditasi Jurusan yang Dipilih

Jika Anda sudah mendapatkan jurusan yang diingat, pastikan tidak main daftar di sembarang universitas begitu saja. namun, carilah universitas dengan jurusan tersebut yang akreditasi jurusannya sudah bagus.

Mengapa demikian? Sebab, akreditasi jurusan ini biasanya akan menjadi hal yang dipertimbangkan ketika Anda harus memasuki dunia kerja. Nah, sebelum Anda menyesal di kemudian hari karena masalah akreditasi jurusan, lebih baik tentukan jurusan mulai saat ini berdasarkan akreditasinya.

Misalnya di Universitas A jurusan Bahasa berakreditasi C, sedangkan di Universitas B jurusan Bahasa berakreditasi A. Namun, di sini Anda ingin masuk Universitas A karena banyak teman atau alasan lain.

sebaiknya buang keinginan tersebut, lebih baik memilih Universitas B dengan jurusan yang sudah terakreditasi A meskipun Anda tidak bareng dengan teman. Toh, nantinya teman juga akan didapatkan selama proses kuliah.

3. Pilihlah Jurusan yang Memiliki Banyak Peluang Kerja

Dalam memilih jurusan, Anda juga harus memperhatikan seberapa besar peluang kerja yang ada saat Anda memilih jurusan tersebut. Pasalnya, mau tidak mau hasil ending dari kuliah adalah bekerja yang sesuai dengan jurusan yang diambil.

Jika Anda memilih jurusan berdasarkan hobi saja namun peluang kerjanya kecil, hal ini tentunya hanya akan mempersulit Anda sendiri. Ingat, tetangga itu sangat julid, mereka akan menghujat siapa saja yang sudah lulus kuliah namun tidak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Untuk menutup mulut para tetangga dan demi memperoleh masa depan yang cerah setelah lulus kuliah, maka dari itu pilihlah jurusan yang memiliki banyak peluang kerja khususnya di Indonesia dan di daerah Anda.

4. Lihat Latar Belakang Kampusnya

Tidak ada salahnya sebelum Anda mendaftar kuliah untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Nah, riset ini juga bisa digunakan untuk mencari tahu jurusan yang diminati.

Di sini, Anda bisa menggunakan saudara, kakak, ataupun teman yang sudah berkuliah di suatu kampus dengan jurusan yang Anda minati. Di sini Anda bisa tanya-tanya seputar jurusan. Dijamin deh mereka bakal ngasih informasi yang sangat bermanfaat untuk Anda dan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

5. Carilah Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Anda memiliki lebih dari satu pilihan jurusan, di sini untuk lebih memantapkan hati Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan setiap opsi jurusan tersebut. Nah, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa melakukan riset melalui internet.

Langkah lain juga bisa Anda lakukan dengan bertanya kepada orang lain mengenai kelebihan dan kekurangan dari jurusan yang Anda pilih. Dari sinilah Anda akan mendapatkan kemantapan dalam memilih jurusan.

Mudah bukan? Jadi, jangan Cuma asal pilih jurusan saja ya saat memasuki universitas. Sebab, jurusan ini sangat penting terutama dijadikan sebagai modal utama untuk melamar pekerjaan kelak. Nah, tips memilih jurusan di atas juga bisa dijadikan sebagai cara memilih jurusan SBMPTN yang benar lho. So, semangat kuliah dan dapatkan pengalaman baru di dalamnya.

Jurusan di Beberapa Universitas di Indonesia

Di Indonesia ada beberapa universitas beken dengan akreditasi yang mumpuni serta nama yang besar lho. Nah, biasanya universitas ini adalah universitas-universitas besar di Indonesia yang sudah negeri.

Karena akreditasnya inilah yang membuat banyak warga negara Indonesia berbondong-bondong untuk bisa masuk ke universitas ini dengan berbagai jurusan kuliah yang diinginkan. Misalnya saja seperti di UGM, UI, ITB, IPB, UNPAD dan masih banyak lainnya.

Universitas-universitas ini sudah memiliki nama yang besar dengan prestasi yang besar juga. mereka juga dapat mencetak tokoh-tokoh penting di Indonesia salah satunya adalah presiden kita saat in yakni Presiden Joko Widodo yang berasal dari kampus UGM.

Nah, bagi Anda yang tertarik dan ingin masuk ke universitas tersebut, berikut ini akan disajikan beberapa jurusan kuliah yang bisa Anda pilih. Sudah tidak sabar ingin mengetahuinya? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Siapa sih yang tidak tahu UGM, sebuah kampus yang besar dengan alumni yang sukses ini membuat universitas ini begitu terkenal di Indonesia. Bahkan, Universitas ini juga berhasil mencetak seorang Presiden RI Bapak Joko Widodo lho.

Tidak hanya itu saja, beberapa tokoh penting di jajaran pemerintahan juga berasal dari Universitas ini seperti Gubernur Jakarta Anies Rasyid Baswedan,mantan Wakil Presiden Beodiono, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan juga masih banyak tokoh lainnya.

Tidak hanya itu, Universitas yang berada di Jogja ini juga memiliki banyak mahasiswa mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Nah, untuk Anda yang sedang mencari jurusan di UGM, universitas ini memiliki banyak sekali jurusan menarik yang bisa Anda datangi. Adapun jurusan-jurusan di UGM tersebut adalah sebagai berikut:

1. Fakultas Biologi

Untuk Anda yang berasal dari Jurusan IPA di SMA maka jurusan ini sangat cocok dan bisa dijadikan pilihan. Fakultas Biologi yang ada di UGM ini sudah sangat lengkap dengan berbagai macam fasilitas lho. Hal inilah yang membuat mahasiswanya merasa terpuaskan terutama saat ingin melakukan praktik di laboratorium maupun di lapangan.

2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Untuk Anda yang bercita-cita sebagai seorang pengusaha, maka jurusan ini juga sangat cocok untuk Anda. Beberapa pengusaha besar berhasil dicetak oleh UGM melalui fakultas ini. adapun beberapa jurusan yang bisa Anda pilih seperti Manajemen, Akuntansi, maupun Ilmu Ekonomi.

3. Fakultas Filsafat

Di UGM sendiri fakultas filsafat sudah didirikan sejak tanggal 18 Agustus 1967 dimana diharapkan mahasiswanya dapat berpikir secara kritis logis dan juga dapat mengaplikasikan ilmunya dalam masyarakat.

4. Fakultas Farmasi

Untuk Anda yang memiliki minat dengan obat-obatan, maka fakultas farmasi ini sangat disarankan. Di sini Anda akan mendapatkan banyak pelajaran penting seputar obat-obatan. Selain itu, di UGM sendiri fakultas ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni.

5. Fakultas Geografi

Fakultas geografi juga bisa dijadikan pilihan lho saat Anda memasuki UGM di fakultas ini ada beberapa jurusan yang bisa dipilih lagi seperti geografi dan Ilmu Lingkungan, Pembangunan Wilayah dan juga Kartografi dan Penginderaan jauh.

6. Fakultas Hukum

Fakultas hukum merupakan fakultas pertama yang didirikan di UGM. Selama fakultas ini berdiri, ternyata sudah memberikan kontribusi yang baik untuk bangsa dan negara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya hakim yang berasal dari fakultas ini. diharapkan para alumni menjadi manusia yang dapat menegakkan hukum seadil-adilnya.

7. Fakultas Ilmu Budaya

Di fakultas Ilmu Budaya ini ada 11 jurusan yang bisa Anda pilih. Jurusan-jurusan ini adalah pariwisata, arkeologi, antropologi, sastra asia barat, ilmu sejarah, sastra Indonesia, sastra Jepang, sastra Inggris, Bahasa Korea, Sastra Perancis, sastra Nusantara.

8. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Untuk Anda yang memiliki minat dan bakat dalam dunia politik juga bisa masuk ke fakultas ini. Di fakultas ini ada beberapa jurusan yang bisa Anda pilih seperti politik dan pemerintahan, manajemen dan kebijakan publik, hubungan internasional, komunikasi, pembangunan sosial dan kesejahteraan, dan komunikasi.

9. Fakultas Kedokteran

Untuk Anda yang ingin menjadi dokter juga bisa mengambil fakultas ini di UGM. Di fakultas ini ada beberapa jurusan yang bisa dipilih seperti pendidikan dokter, gizi kesehatan dan ilmu keperawatan.

10. Fakultas kedokteran Gigi

Selain Fakultas Kedokteran, universitas ini juga memiliki Fakultas Kedokteran Gigi dimana di dalamnya ada beberapa jurusan seperti jurusan Pendidikan Dokter Gigi dan ilmu Keperawatan Gigi.

11. Fakultas Dokter Hewan

12. Fakultas kehutanan

Di fakultas kehutanan ini Anda bisa memilih beberapa jurusan yang diminati seperti manajemen hutan, teknologi hasil hutan, budidaya hutan dan juga konservasi sumberdaya hutan.

13. Fakultas MIPA

Untuk Anda yang memiliki minat bidang matematika dan IPA di sini ada beberapa jurusan yang bisa dipilih seperti fisika, matematika, kimia dan Ilmu komputer dan elektronika.

14. Fakultas Pertanian

Fakultas pertanian ini menawarkan beberapa jurusan yang bisa dipilih seperti budidaya pertanian, tanah, perlindungan tanaman, sosial ekonomi pertanian, perikanan dan juga mikrobiologi pertanian.

15. Fakultas Peternakan

Di fakultas ini Anda bisa memilih beberapa jurusan seperti nutrisi dan makanan ternak, sosial ekonomi peternakan, produksi ternak, dan teknologi hasil ternak.

16. Fakultas Psikologi

17. Fakultas Teknik

Fakultas ini memiliki beberapa jurusan yang bisa dipilih seperti arsitektur, perencanaan wilayah dan tata kota, teknik fisika, teknik elektro dan teknologi informasi, teknik geodesi geomatika, teknik geologi, teknik mesin, teknik industri, teknik nuklir teknik kimia, teknik dan teknik sipil.

18. Fakultas Teknologi Pertanian

Ada beberapa jurusan yang bisa Anda pilih seperti teknologi pangan dan hasil pertanian, teknologi industri pertanian, dan teknik pertanian.

19. Sekolah Vokasi

Adapun jurusan yang ada pada sekolah vokasi nii terdiri atas beberapa jurusan seperti komputer dan sistem informasi, rekam medis, teknologi jaringan, bidan pendidik, agroindustri, kesehatan hewan, pengelolaan hutan, elektronika dan instrumentasi, teknik elektro, metrologi dan intrumentasi, teknik mesin, teknik geomatika, ekonomika terapan, sistem informasi geografi dan pengindraan jauh, manajemen, akuntansi, bahasa mandarin, kearsipan, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Perancis dan bahasa Inggris serta kepariwisataan.

2. Jurusan di ITB

Selain UGM, Indonesia juga memiliki universitas besar lain dengan nama IPB. Kampus ini juga menjadi kampus favorit yang memiliki beberapa jurusan sebagai berikut:

1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas ini memiliki beberapa jurusan seperti fisika, matematika, astronomi dan juga kimia.

2. Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati

Di fakultas ini ada beberapa jurusan yang bisa Anda pilih seperti Biologi, dan juga Mikrobiologi.

3. Fakultas Sekolah Ilmu dan Teknologi hayati

Fakultas ini juga memiliki beberapa jurusan seperti rekayasa hayati, rekayasa kehutanan, rekayasa pertanian, dan juga teknologi dasar panen.

4. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

Ada beberapa jurusan yang bisa Anda pilih seperti teknik geologi, meteorologi, teknik geodesi dan geomatika, dan juga Oseanografi.

5. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Pada fakultas ini terdapat beberapa jurusan yang bisa Anda pilih seperti teknik perminyakan, teknik pertambangan, teknik geofisika, teknik metalurgi.

6. Fakultas Teknik Industri

Di fakultas ini terdapat beberapa jurusan yang dipilih seperti teknik kimia, teknik industri, teknik fisika dan manajemen rekayasa industri.

7. Fakultas Teknik Elektro dan Informatika

Pada fakultas ini terdapat beberapa jurusan seperti teknik elektro, teknik telekomunikasi, teknik tenaga listrik, teknik Informatika, teknik biomedis, dan juga sistem teknologi informasi.

8. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan

Ada fakultas ini terdapat beberapa jurusan yang bisa dipilih seperti teknik sipil, teknik lingkungan, teknik kelautan, teknik dan pengolahan sumber daya air, rekayasa infrastruktur lingkungan.

9. Sekolah arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan

Pada fakultas ini terdapat beberapa jurusan seperti arsitektur dan perencanaan wilayah dan kota

10. Fakultas Seni Rupa dan Desain

Pada fakultas ini terdapat beberapa jurusan seperti seni kriya, seni rupa, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk.

11. Sekolah Bisnis dan Manajemen

Di fakultas ini terdapat jurusan kewirausahaan, dan manajemen saja.

12. Jurusan di UI (Universitas Indonesia)

Universitas Indonesia juga menjadi salah satu universitas favorit yang ada di Indonesia dengan segudang jurusan yang menarik. Mau tahu apa saja jurusan tersebut? Yuk langsung saja simak selengkapnya di sini.

13. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Jurusan yang ada pada fakultas ini seperti fisika, matematika, statistika, kimia, biologi, geografi, geologi dan geofisika.

14. Fakultas Teknik

Di fakultas ini ada beberapa jurusan yang bisa Anda pilih seperti teknik elektro, arsitektur interior, arsitektur, teknik industri, teknik komputer, teknik kimia, teknik lingkungan, teknik perkapalan, teknik sipil, teknik bioproses, teknik matalurgi dan material.

15. Fakultas Kedokteran

Di fakultas ini hanya ada satu saja jurusan yang bisa dipilih yakni pendidikan dokter saja.

16. Fakultas Kedokteran Gigi

Sama halnya dengan fakultas kedokteran, di fakultas ini juga hanya ada pendidikan dokter gigi saja.

17. Fakultas Farmasi

Pada fakultas ini hanya ada jurusan farmasi saja.

18. Fakultas Kesehatan Masyarakat

Pada fakultas ini terdapat beberapa jurusan seperti gizi, kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, kesehatan dan keselamatan kerja.

19. Fakultas Ilmu Komputer

Pada fakultas ini terdapat jurusan sistem informasi.

20. Fakultas Ilmu Keperawatan

21. Fakultas Psikologi

22. Fakultas Hukum

23. Fakultas Ekonomi

Pada fakultas ini terdapat beberapa jurusan yang bisa dipilih seperti akuntansi, manajemen, ilmu ekonomi, bisnis islam dan ilmu ekonomi silam.

24. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

Di fakultas ini beberapa jurusan kuliah yang bisa Anda pilih seperti ilmu sejarah, arkeologi, ilmu filsafat, ilmu keperpustakaan, sastra arab, bahasa dan kebudayaan Korea, sastra Indonesia, sastra Cina, sastra Jawa, Sastra Inggris, sastra jepang, Sastra Jerman, Sastra Perancis dan sastra Rusia.

25. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Jurusan yang ada seperti antropologi sosial, sosiologi, kriminologi, hubungan internasional, ilmu komunikasi, ilmu kesejahteraan sosial dan ilmu politik.

26. Fakultas Administrasi

Di fakultas ini ada banyak sekali jurusan kuliah yang bisa dipilih seperti ilmu administrasi negara, ilmu administrasi fiskal, ilmu administrasi niaga, vokasi, fisioterapi, perumah sakitan, okupasi terapi, akuntansi sektor publik, akuntansi teknologi Informasi, akuntansi keuangan, manajemen informasi dan dokumentasi, komunikasi hubungan masyarakat, komunikasi penyiaran, komunikasi periklanan, administrasi asuransi dan aktuari, administrasi keuangan perbankan, pariwisata, administrasi perpajakan, administrasi perkantoran dan sekretaris.

Jurusan-kuliah di atas sebenarnya hampir sama dengan jurusan di UNPAD dan jurusan di IPB. So, tentukan sekarang juga jurusan mana yang Anda inginkan dan daftarkan diri Anda sekarang juga.

1 thought on “Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Cobain Cara Memilih Jurusan Kuliah Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *