prospek kerja bioteknologi

5 Prospek Kerja Menjanjikan untuk Lulusan Bioteknologi

Prospek Kerja Bioteknologi – Ingat pelajaran biologi mengenai domba Dolly? Atau vaksin yang dikembangkan untuk pandemi COVID-19 lalu? Itu semua adalah beberapa contoh penerapan bioteknologi di kehidupan sehari-hari dan masih banyak lagi penerapannya yang tidak kalah penting.

Jurusan Bioteknologi umumnya mempelajari pemanfaatan dari makhluk hidup untuk mendapatkan suatu produk atau nilai guna yang dapat bermanfaat bagi manusia dan lingkungan. Pemanfaatan ini juga semakin berkembang luas seiring berjalannya waktu didukung dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Namun, perkembangan bioteknologi yang sangat pesat ini belum didukung dengan sumber daya yang mencukupi di Indonesia. Kampus yang menawarkan jurusan Bioteknologi juga masih terbatas. Padahal, prospek kerja lulusan Bioteknologi sangat luas dengan ilmu yang kompleks tersebut.

Kamu sedang berkuliah di jurusan Bioteknologi? Atau tertarik masuk jurusan ini? Yuk, simak terlebih dahulu beberapa prospek kerja untuk lulusan Bioteknologi di bawah ini!

Peneliti (Researcher)

Keilmuan dan praktik-praktik yang banyak didapatkan selama kuliah sangat mendukung untuk mengembangkan keilmuan melalui berbagai penelitian. Kamu bisa menjadi peneliti di lembaga penelitian swasta hingga milik pemerintah di pusat maupun pemerintah daerah seperti Badan Penelitian dan Riset Indonesia (BRIN), Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, dan lainnya.

Research and Development (RnD)

Penelitian dan pengembangan umumnya dibutuhkan di berbagai industri melalui divisi Research and Development (R&D). Penelitian dilakukan untuk mengembangkan produk baru, meningkatkan kualitas produk, menguji produk hingga efisiensi kebutuhan produksi. Lulusan Bioteknologi banyak dibutuhkan di industri yang bergerak di bidang pangan, kesehatan, kecantikan, hingga pertanian.

Baca juga Yuk, Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Program Studi Bioteknologi

Analis atau Teknisi Laboratorium

Profesi ini cocok untuk kamu yang senang bekerja di laboratorium. Banyak laboratorium yang membutuhkan tenaga dengan skill bioteknologi untuk menganalisa berbagai macam sampel contohnya seperti pada pengujian COVID-19. Laboratorium di bidang lingkungan, pertanian, dan lainnya juga banyak terbuka untuk lulusan Bioteknologi.

Tenaga Pendidik

Menjadi tenaga pendidik seperti dosen juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bertugas sebagai tenaga pendidik, menjadi dosen juga akan memberikan kamu kesempatan untuk melakukan penelitian sekaligus. Namun, tentunya dibutuhkan sekolah ke jenjang yang lebih lanjut dan menjadi magister atau doktor agar bisa memenuhi syarat sebagai dosen. Kamu yang suka berbagi ilmu tapi ingin tetap meneliti cocok berkarir menjadi tenaga pendidik.

Pengusaha (Entrepreneur)

Ranah keilmuan yang sangat luas membuka kesempatan dan peluang yang luas juga bagi lulusan Bioteknologi yang ingin berwirausaha. Kamu bisa menjadi pengusaha (entrepreneur) dengan mengembangkan inovasi produk maupun layanan dan jasa berbasis bioteknologi. Contohnya, pengembangan di bidang pertanian yang merintis di bidang bioteknologi seperti Nusantics dan Nalagenetics.

Itulah 5 Prospek Kerja Menjanjikan untuk Lulusan Bioteknologi. Kira-kira bisa berkarir di bidang apa lagi, ya?


Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahun, UTBK Kedokteran, KKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *